Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Mengetahui Kode Bank BTPN dan Keuntungan Memakai Jenius

Mengetahui Kode Bank BTPN dan Keuntungan Memakai Jenius

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 10 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Ketika perlu untuk melakukan transfer antar bank, terdapat kode-kode yang harus dituliskan sebelum bisa memasukkan nomor rekening tujuan. Hal ini berlaku untuk semua bank baik yang konvensional maupun digital seperti Jenius yang dikembangkan oleh Bank BTPN. Jika kamu ingin transfer ke rekening Jenius dari bank lain, kamu harus memasukkan Kode Bank BTPN.

Pinhome – Jenius hadir dengan memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang saat ini. Berbeda dengan bank-bank konvensional, Jenius menyediakan berbagai layanan berbasis aplikasi. Bahkan, untuk bisa menjadi nasabah bank ini, pendaftarannya pun dipermudah tanpa perlu mendatangi kantor cabang Bank BTPN.

Berbagai kemudahan dan keuntungan transaksi melalui Jenius membuatnya semakin populer di kalangan anak muda. Kalau Pins juga termasuk pengguna Jenius dan perlu mengirimkan uang ke rekening tersebut dari bank lain, maka tetap memerlukan kode bank. Tak usah bingung, berikut ini penjelasan lengkap tentang kode tersebut dan juga Jenius milik Bank BTPN.

Mengapa Perlu Kode Bank?

kode bank btpn
(Rediffmail)

Kode bank diperlukan saat hendak melakukan transfer dari rekening bank ke rekening lain yang berasal dari bank berbeda. Sebagai contoh yaitu mengirim uang dari Bank BCA ke Bank BTPN.

Saat melakukan transfer, ada angka-angka tertentu yang perlu dimasukkan sebelum mengetikkan nomor rekening tujuan.

Di Indonesia, kode bank terdiri dari tiga kombinasi angka yang telah ditentukan. Rangkaian angka tersebut bertindak sebagai kode yang merupakan identitas dari sebuah bank.

Kode-kode tersebut memudahkan sistem untuk mengenali bank yang dituju. Barulah setelah itu bisa mengetahui dan mengenali nomor rekening yang telah diketikkan.

Penggunaan kode saat transfer antar bank sangatlah penting. Kalau Pins lupa tidak memasukkan atau salah ketik, sistem tidak bisa mengetahui bank yang akan dituju sehingga proses pengiriman uang akan gagal.

Baca Juga: Catat Kode Bank BNI Dan Pahami Alur Membuka Tabungan

Penggunaan Kode Bank BTPN Jenius Saat Transfer

kode bank btpn
(Tribun Jogja)

Nasabah bank tak perlu khawatir ketika akan transfer ke rekening Jenius karena kode yang perlu dimasukkan tidak pernah berubah dan sama dengan milik Bank BTPN. Kode Bank BTPN yang juga sama dengan Jenius yaitu 213. Nomor tersebut harus diketikkan sebelum nomor rekening tujuan.

Sebelum bisa melakukan transaksi, kamu harus mengetahui nomor rekening Jenius milikmu. Langkah pertama yaitu masuk ke aplikasi Jenius. Kemudian, klik tiga garis putih yang berada di pojok kiri. Setelah itu klik lihat profil. Nomor Akun yang muncul merupakan nomor rekening yang bisa kamu gunakan untuk transfer.

Setelah itu barulah kamu bisa mentransfer uang ke rekening Jenius. Pins bisa langsung datang ke ATM terdekat, lalu masukkan kartu dan PIN. Setelah itu, klik transfer antar bank. Masukkan kode bank BTPN 213 dan diikuti oleh nomor rekening Jenius yang telah didapat. Lalu selesaikan transaksi.

Pins tidak perlu selalu menghafalkan banyak kode bank yang ada. Ketika melakukan transfer, kamu bisa cek kode bank tujuan melalui menu yang disediakan di mesin ATM.

Baca Juga: Informasi Kode Bank BCA, Tabungan, Dan Cara Menjadi Nasabah

Inovasi Perbankan Digital Lewat Jenius dan Cara Mendaftar

kode bank btpn
(BTPN)

Mudahnya, Jenius bisa disebut sebagai digital banking milik Bank BTPN. Aplikasi ini memungkinkan nasabahnya untuk bisa mengatur keuangan secara virtual melalui satu pintu.

Pengguna Jenius akan mendapatkan dua jenis kartu yaitu e-Card dan m-Card. Kartu e-Card akan langsung aktif, sedangkan m-Card bisa dibuat di booth Jenius atau dipesan lewat aplikasi.

Tidak hanya itu, bagi siapa pun yang ingin menikmati layanan ini tidak perlu repot-repot datang ke kantor cabang Bank BTPN. Cukup mendaftar melalui aplikasi dan rekening kamu akan aktif.

Sebelum Pins melakukan pendaftaran, ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan yaitu:

  • KTP asli
  • NPWP milik pendaftar, jika tidak punya maka bisa memilih ‘Saya tidak memiliki NPWP’ ketika aktivasi rekening
  • Dokumen pendukung seperti SIM/Passport/KTM
  • Kertas bertanda tangan
  • Kamera handphone yang berfungsi untuk melakukan video call

Tahapan berikutnya untuk aktivasi rekening Jenius yaitu melakukan pendaftaran. Langkah-langkah yang perlu dilakukan yaitu:

  • Mengunduh aplikasi Jenius melalui Google Play Store atau App Store
  • Registrasi dengan menekan tombol ‘Aktifkan’ pada aplikasi
  • Mengisi data pribadi dengan memasukkan email dan nomor ponsel yang masih aktif
  • Mengambil foto KTP asli
  • Menentukan nama Cashtag dan nama di kartu debit
  • Membuat password dan PIN
  • Klik ‘Aktivasi Sekarang’
  • Ada dua pilihan aktivasi yaitu video call atau datang ke lokasi Jenis & cabang BTPN, pilih yang sesuai dengan keinginan
  • Rekening Jenius akan aktif

Baca Juga: Kode Bank Mandiri Dan Langkah-Langkah Transfer Uang Via ATM

Berbagai Keuntungan dan Fitur yang Diperoleh Nasabah

(Igem Digital)

Pengguna yang telah berhasil melakukan pendaftaran akan mendapatkan berbagai keuntungan dari Jenius. Nasabah juga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi. Berikut ini contoh benefit dari pengguna Jenius.

  • Bisa Menyimpan Uang dan Tabungan di Tempat Berbeda

Salah satu kelebihan dari Jenius yaitu pengguna bisa membagi uang pribadi dengan tabungan. Tersedia fitur ‘Save It’ yang terdiri dari 3 pilihan yaitu Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Pins bisa memisahkan tabungan dari uang pribadi dalam satu aplikasi.

  • Tersedia Tracker Pengeluaran

Jenius menyediakan fitur ‘Moneytory’ yang akan menampilkan pemasukan dan pengeluaran dari nasabahnya. Kamu bisa melihat laporan keuanganmu baik dalam bentuk mingguan, bulanan, atau 3 bulan terakhir.

  • Kirim Uang Lebih Mudah Pakai Cashtag

Bagi sesama pengguna Jenius, akan lebih mudah untuk saling mengirim uang dengan menggunakan Cashtag. Nasabah tak perlu memasukkan nomor rekening cukup ketikkan Cashtag milik orang yang dituju. Misalnya, jika ada orang yang perlu mengirim uang ke Pins, kamu bisa memberikan Cashtag-mu seperti $SobatCuan.

  • Transaksi Virtual 

Jenius juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi online seperti top up  e-wallet atau belanja online. Kartu e-Card yang telah didapatkan memiliki logo VISA sehingga nasabah Jenius bisa menggunakannya ke semua merchant yang menerima pembayaran VISA.
Itu tadi penjelasan lengkap mengenai penggunaan kode Bank BTPN. Jangan sampai salah ketik saat transfer, ya, Pins. Kalau ingin lebih mudah, bisa juga memanfaatkan digital banking milik BTPN yaitu Jenius ketika bertransaksi.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Annisa

Tags :

Bagikan Artikel