BlogLifestyleKesehatan7 Cara Memutihkan Mata Kuning dan Penyebabnya
0
0

7 Cara Memutihkan Mata Kuning dan Penyebabnya

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 16, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ikterus dapat disembuhkan.top-right-banner

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan mata kuning, mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga masalah kesehatan yang lebih serius. Dengan demikian muncul pertanyaan tentang bagaimana cara memutihkan mata kuning.

Hal itu bukan tanpa alasan karena pandangan mata yang jernih dan bersih merupakan salah satu aset berharga dalam menjaga penampilan dan kesehatan. Namun, tak jarang masalah mata kuning yang dapat mengganggu kepercayaan diri serta memberikan kesan tidak sehat pada penampilan secara keseluruhan. 

Sementara untuk lanjutkan pembahasan yang satu ini, Kamu perlu tahu bahwa PinValue menjadi platform yang sangat direkomendasikan untuk mencari informasi terkait iklan jual rumah.

Melalui Pinhome, Kamu juga dapat mendapatkan informasi untuk Britania Green Resort. Selain itu, Kamu juga dapat mencari informasi tentang rumah bekas di Kab Bogor Timur hingga berbagai harga rumah di Jakarta Timur.

Baca juga: Bagian-Bagian Mata

Penyebab Mata Kuning

Ada cara memutihkan mata kuning.
Source : Freepik

Mata kuning, yang dalam bahasa medis disebut sebagai ikterus, adalah kondisi di mana mata atau kulit seseorang terlihat menguning akibat peningkatan kadar bilirubin dalam darah. Bilirubin adalah produk sisa dari pemecahan hemoglobin dalam sel darah merah.

Kadar bilirubin yang tinggi dalam darah dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan yang berhubungan dengan organ-organ vital seperti hati, saluran empedu, dan pankreas. Berikut adalah beberapa penyebab mata kuning pada manusia:

1. Penyakit Hati

Salah satu penyebab umum mata kuning adalah penyakit hati, terutama kerusakan hati yang mengganggu kemampuannya untuk memproses bilirubin. Contoh penyakit hati yang dapat menyebabkan mata kuning adalah hepatitis, sirosis, atau infeksi virus seperti hepatitis A, B, atau C.

2. Sindrom Gilbert

Sindrom Gilbert adalah kondisi genetik di mana tubuh memiliki masalah dalam memproses bilirubin secara normal. Pada kondisi ini, kadar bilirubin meningkat secara periodik, yang dapat menyebabkan gejala mata kuning yang ringan dan fluktuatif.

3. Kelainan Darah

Beberapa jenis kelainan darah, seperti anemia hemolitik atau talasemia, dapat menyebabkan pemecahan lebih banyak sel darah merah dan akibatnya, kadar bilirubin yang tinggi dalam darah. Ini dapat berkontribusi pada perkembangan mata kuning.

4. Penyumbatan Saluran Empedu

Jika saluran empedu yang membawa bilirubin dari hati ke usus tersumbat, bilirubin dapat menumpuk dalam darah dan menyebabkan gejala mata kuning. Penyebab umum penyumbatan ini adalah batu empedu atau penyempitan saluran empedu.

5. Gangguan Pankreas

Gangguan pada pankreas, seperti pankreatitis, dapat mengganggu aliran empedu dan pengolahan bilirubin. Ini dapat menyebabkan peningkatan kadar bilirubin dalam darah dan gejala mata kuning.

Baca juga: 5 Rekomendasi Lensa Kacamata Terbaik dan Berkualitas

Cara Memutihkan Mata Kuning

Konsultasi dokter jadi cara memutihkan mata kuning.
Source : Freepik

Penting untuk diingat bahwa mengatasi mata kuning yang disebabkan oleh ikterus umumnya membutuhkan perawatan medis dan penanganan masalah dasar yang menyebabkannya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dipertimbangkan:

1. Konsultasikan dengan Dokter

Jika Kamu atau seseorang yang Kamu kenal mengalami mata kuning, langkah pertama yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin juga tes darah untuk mengukur kadar bilirubin dalam darah.

2. Pengobatan Penyebab Utama

Mata kuning umumnya disebabkan oleh ikterus, yang dapat muncul sebagai akibat dari berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit hati (hepatitis, sirosis), masalah pada kandung empedu, atau penyumbatan saluran empedu.

Pengobatan harus ditargetkan pada penyebab utamanya. Dalam beberapa kasus, pembedahan atau perawatan medis khusus mungkin diperlukan.

3. Pola Makan Sehat

Jika kondisi Kamu terkait dengan masalah hati atau kandung empedu, dokter Kamu mungkin akan merekomendasikan pola makan yang sehat dan sesuai dengan kondisimu. Diet rendah lemak, rendah garam, dan tinggi serat dapat membantu mendukung kesehatan hati dan pencernaan.

4. Cukup Cairan dan Istirahat

Memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan mendapatkan istirahat yang cukup dapat membantu tubuh dalam proses penyembuhan dan pemulihan.

5. Obat-obatan dan Pengobatan Lain

Terkadang, dokter dapat meresepkan obat-obatan atau pengobatan lain yang membantu mengurangi bilirubin dalam darah atau memperbaiki fungsi hati.

6. Ikuti Instruksi Dokter

Penting untuk mengikuti semua instruksi dokter secara ketat, termasuk mengambil obat-obatan sesuai dosis yang ditentukan dan menjalani tes atau pemeriksaan yang dianjurkan.

7. Pantau Kondisi

Setelah menjalani perawatan, penting untuk terus memantau kondisi Kamu dan menjaga komunikasi yang baik dengan dokter. Perubahan warna mata yang lebih jernih seharusnya terjadi seiring dengan pemulihan penyakit dasar.

Baca juga: Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat

Cara Merawat Mata Kuning di Rumah

Minum 8 gelas sehari jadi cara memutihkan mata kuning.
Source : Freepik

Berikut beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan di rumah untuk membersihkan mata yang menguning dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan:

  • Minum minimal 8 gelas air setiap hari.
  • Pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi, seperti buah-buahan utuh (bukan jus), sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Pilihlah sumber protein rendah lemak, seperti ikan, tahu, daging ayam bagian dada tanpa kulit, tempe, dan kacang-kacangan.
  • Hindarilah makanan yang kaya lemak jenuh dan lemak trans, karena dapat berdampak buruk pada kesehatan mata dan tubuh secara keseluruhan.
  • Hindari makanan kemasan karena cenderung mengandung bahan-bahan tidak sehat.
  • Hindari makanan mengandung karbohidrat sederhana, seperti kue, permen, dan kukis.
  • Mengurangi atau menghindari alkohol dapat membantu menjaga kesehatan mata dan tubuh secara keseluruhan.
  • Berhenti merokok
  • Rajin berolahraga

Itulah berbagai cara memutihkan mata kuning yang perlu Kamu ketahui. Namun perlu diingat bahwa langkah-langkah di atas hanya berlaku jika kondisi mata kuning disebabkan oleh ikterus atau masalah kesehatan lainnya.

Jika mata kuning tidak terkait dengan masalah medis tertentu, namun lebih berkaitan dengan warna sklera yang berbeda, Kamu sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan mata untuk mendapatkan penjelasan yang lebih akurat dan panduan yang sesuai.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download