Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah

Pinhome

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 11 September 2021 ∙ 5 menit membaca

Mata panda salah satu permasalahan yang umumnya jadi biang kerok wajah Pins terlihat kurang segar dan lelah. Jika sudah mendapati tanda-tanda tersebut Pins pasti bergegas mencari tahu cara menghilangkan mata panda. Ya, tak sedikit yang menganggap bahwa mata panda sulit diatasi.

Pinhome – Namun, mata panda bisa disamarkan dengan bantuan riasan wajah. Tanpa disadari menutup lingkaran hitam di bawah mata sama sekali tak menyelesaikan permasalahan. Justru, penggunaan riasan wajah yang terlalu tebal sangat tidak dianjurkan karena bisa mengganggu kesehatan kulit.

Untuk diketahui bahwa kulit wajah sangatlah sensitif, Pins. Jadi, saat Pins memiliki lingkar mata hitam sebaiknya memilih cara hilangkan mata panda dengan tepat dan jangan asal-asalan. Ketahui terlebih dahulu apa itu mata panda dan penyebabnya, Pins!

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Mudah

Apa itu mata panda?

Mata panda adalah lingkaran hitam di bawah mata yang bisa berisiko terjadi pada perempuan dan laki-laki. Sering terjadi, lingkaran hitam ini muncul disertai dengan kantung mata halus dan kulit yang mengkerut sehingga menyebabkan wajah tampak lebih tua.

Banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya mata panda, Pins. Berikut Pinhome rangkum pemicu munculnya lingkaran hitam di bawah mata yang sangat mengganggu penampilan.

Baca Juga: Cara Membuat Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh

Penyebab mata panda

Melansir dari beberapa sumber, penyebab mata panda umumnya ada tiga hal yaitu masalah gangguan tidur atau insomnia, faktor usia, hingga masalah genetik. Selain itu, kondisi lain juga dapat berpotensi menjadi penyebab lingkaran hitam disertai kantung mata.

  • Kelelahan ekstrem

Tak hanya kurang tidur yang jadi penyebab munculnya mata panda, kelebihan jam tidur juga tidak baik, Pins. Namun, yang sering terjadi yaitu kelelahan ekstrem gegara begadang atau masalah insomnia. Selain memunculkan kantung mata dan menghitam, kurang tidur sudah pasti membuat wajah Pins terlihat kusam. Kurang tidur pun bisa membuat cairan menumpuk di bawah mata sehingga terasa bengkak. Kantung mata inilah yang membuat bayangan dari kelopak mata, Pins.

  • Mata tegang

Tak dipungkiri pekerjaan kantor membuat Pins harus berlama-lama menatap layar gawai atau komputer. Bukan hanya itu, terlalu sering menonton televisi pun akan berakibat hal serupa. Menatap layar yang mengeluarkan blue light sangat berpotensi menyebabkan pembuluh darah sekitar mata tegang dan membesar sehingga kehitaman dan berkantung. Kondisi mata tegang juga berpotensi menyebabkan alergi, lantas memicu Pins untuk menggaruk kulit sehingga pembuluh darah pecah dan menyebabkan area kulit bawah mata menghitam.

  • Usia

Faktor usia juga berpeluang besar jadi penyebab munculnya kantung mata yang disertai dengan garis halus kehitaman di bawah kelopak mata. Ketika memasuki usia lanjut, kolagen dan lemak pada wajah akan berkurang sehingga memengaruhi elastisitas kulit, pembuluh darah pun ikut menggelap sehingga membuat area mata tampak cekung dan hitam.

  • Genetik

Masalah genetik jadi salah satu penyebab mata panda yang sulit dihindari. Mungkin saja ada riwayat keluarga yang memiliki lingkaran hitam di bawah mata sehingga diturunkan ke generasi selanjutnya. Namun, ada potensi semakin memburuk atau bahkan menghilang, Pins seiring beranjak dewasa.

Dengan mengetahui penyebabnya, Pins tentu bisa selangkah lebih maju dengan menerapkan cara mata panda dengan cepat.

Cara menghilangkan mata panda

Cara hilangkan mata panda yang pertama adalah dengan mengompres mata menggunakan air dingin atau ampas bekas teh. Cara menghilangkan mata panda dengan cepat yaitu mengandalkan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah Pins dapatkan pun dapat dicoba. Harganya juga lebih ramah di kantong jika dibandingkan dengan cara lain.

  • Air mawar
(Pixabay)

Tidak hanya harum, air mawar bisa memberikan efek menenangkan dan meremajakan kulit yang lelah. Pins bisa mengompres mata dengan air mawar, caranya cukup tuangkan air mawar secukupnya pada kapas, lalu letakkan di permukaan mata, tunggu hingga beberapa saat sampai terasa rileks.

  • Tomat
(Freepik)

Tomat mengandung zat bernama likopen yang baik untuk menjaga kesehatan kulit sehingga lebih lembut dan kenyal serta mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Pins bisa mengonsumsi jus tomat secara rutin atau menjadikan tomat sebagai masker mata. Cara membuat masker mata dari tomat sangat mudah, cukup hancurkan tomat kemudian tambah dengan sedikit perasan lemon, celupkan kapas dan tempel pada bagian mata selama 10 menit kemudian bilas. Ingat, jangan sampai cairan lemon masuk ke mata!

  • Mentimun
cara menghilangkan mata panda
(Freepik)

Mentimun mengandung astringent yang bisa mencerahkan kulit secara alami. Pins dapat menempelkan irisan mentimun segar yang sudah didinginkan terlebih dahulu, tempel ke area mata sampai kurang lebih 10 menit, kemudian bilas mata dengan air hangat.

  • Kentang
cara menghilangkan mata panda
(Freepik)

Siapa bilang hanya bisa digunakan untuk keperluan memasak. Kentang bisa jadi modal cara menghilangkan mata panda. Kandungan vitamin C pada kentang akan merangsang produksi kolagen pada wajah. Pins bisa membuat ekstrak kentang dan kompreskan pada mata menggunakan kapas kurang lebih 10 menit.

  • Kunyit
cara menghilangkan mata panda
(Freepik)

Kunyit dikenal sebagai rempah yang tinggi akan kandungan antioksidan dan senyawa antiinflamasi. Gunakan bubuk kunyit yang dicampurkan dengan ekstrak buah nanas sehingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut di area bawah mata, tunggu hingga 10 menit, hapus pasta yang mengering memakai kain lembab yang hangat.

Mencegah mata panda

cara menghilangkan mata panda
(Freepik)

Apabila Pins ingin menghindari adanya lingkaran hitam di sekitar mata, ada baiknya mulai sekarang mencegahnya. Berikut beberapa tips supaya terhindari dari lingkaran hitam di bawah mata yang bisa dimulai dari sekarang:

  • Mengubah pola tidur lebih sehat, setidaknya tujuh hingga delapan jam sehari
  • Hindari tidur terlalu larut malam
  • Pastikan mulai mencoba mengurangi konsumsi alkohol
  • Perlahan tapi pasti hilangkan kebiasaan merokok
  • Mengubah bantal tidur, usahakan letakkan kepala lebih tinggi dibandingkan dengan badan
  • Perbanyak konsumsi makanan bergizi
  • Pastikan sudah minum air putih dengan cukup

Cara menghilangkan mata panda sangat mudah ya, Pins? Siapa sangka dengan bahan-bahan alami bisa membantu mengatasi masalah lingkar hitam di bawah mata. Jadi, mulai sekarang Pins lebih paham memilih cara terbaik untuk hilangkan mata panda. Apabila mata panda tak kunjung mereda dan mengganggu kenyamanan, sebaiknya Pins segera melakukan konsultasi pada ahli, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel