BlogLifestyleGadget8 Cara Membersihkan Keyboard Laptop Dengan Mudah
0
0

8 Cara Membersihkan Keyboard Laptop Dengan Mudah

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 29, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Laptop dengan mudah mendukung berbagai pekerjaan. Pasalnya, laptop sebagai benda yang tipis sudah cukup untuk dijadikan sebagai alat kerja yang handal. Selain itu, perawatan laptop biasanya mudah sehingga perangkat ini menjadi incaran banyak orang. Terutama cara membersihkan keyboard laptop untuk menjaga performa pengetikan Pins. 

Bicara soal perawatan, laptop juga pasti butuh perhatian, terutama kebersihan area keyboard. Cara bersihkan keyboard laptop secara rutin tentu bukan tanpa alasan. Penting untuk lebih memperhatikan sektor pengetikan agar pengguna merasa nyaman ketika jarinya beradu dengan puluhan tombol di sisi palm rest laptop. 

Ingatlah bahwa membersihkan keyboard laptop harus dilakukan sesuai petunjuk. Pembersihan keyboard yang ceroboh dapat menyebabkan kerusakan yang mengancam device laptop. Namun jangan khawatir, Pins bisa membersihkan sendiri keyboard laptop Anda jika mengikuti cara yang tepat. Sebagai catatan, berikut cara membersihkan keyboard laptop dengan mudah.

Baca juga:

Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membersihkan keyboard laptop. Pastikan tangan Pins kering saat membersihkan keyboard laptop. Jika perlu, gunakan sarung tangan khusus yang mencegah keringat untuk mencapai keyboard

Namun tak kalah penting, pastikan perangkat dicabut saat membersihkan keyboard laptop. Jika semua syarat tersebut terpenuhi, Pins bisa menyimak cara membersihkan keyboard laptop berikut ini.

Matikan Laptop

Source : tekno.kompas.com

Opsi pertama untuk cara bersihkan keyboard laptop adalah matikan perangkat sebelum dibersihkan. Karena untuk membersihkan laptop, Pins perlu memastikan laptop dalam posisi terbalik agar kotoran lebih mudah terlepas. Selain itu, saat kamu mematikan laptop, Pins tidak perlu khawatir terjadi sesuatu saat menekan tombol di keyboard, sehingga kotoran dan debu lebih mudah keluar.

Letakkan Laptop Dalam Keadaan Terbalik

Source : technodand.net

Karena cukup sulit untuk membersihkan bagian keyboard laptop dari kotoran yang tersembunyi, lebih mudah untuk menghilangkan kotoran tersebut dengan meletakkan laptop secara terbalik. Dengan cara ini, kotoran mudah jatuh dari keyboard laptop.

Baca juga: 16 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Connect ke WiFi

Bersihkan dengan Kuas Berbulu Halus

Source : arakatenews.com

Pins dapat menggunakan kuas berbulu halus untuk membersihkan keyboard laptop. Atau jika sulit mendapatkannya, kamu bisa menggunakan kuas make up yang biasa digunakan wanita. Tujuan penggunaan soft brush tentunya untuk mencegah goresan atau kerusakan saat ada yang bergesekan dengan permukaan dan bagian dalam keyboard

Selain itu, Pins dapat dengan mudah menjangkau sudut atau celah kecil keyboard laptop dengan sikat lembut. Dengan demikian, keyboard laptop bisa lebih mudah dibersihkan.

Lap dengan Kain Microfiber Lembab

Source : nesabamedia.com

Cara bersihkan keyboard laptop selanjutnya itu lap dengan kain microfiber yang lembab. Pins kemudian dapat menyeka dan membersihkan area di sekitar tombol dan sisi keyboard dengan kain microfiber. Basahi sedikit kain microfiber dan seka secara merata di seluruh area tombol serta permukaan keyboard. 

Pastikan Pins tidak membasahi kain terlalu banyak dikarenakan kain yang terlalu basah berpotensi membuat ada tetesan air yang masuk ke dalam keyboard dan merusak komponen yang ada di dalamnya. Hal tersebut bisa membuat fatal sehingga keyboard menjadi tidak berfungsi.

Gosok dengan Alkohol

Source : How to Clean Things

Pins bisa menggunakan alkohol sebagai pembersih keyboard laptop. Jika noda membandel tetap ada, gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam sedikit alkohol gosok (alkohol isopropil). Selain fakta bahwa alkohol gosok menguap lebih cepat daripada air, alkohol gosok membantu mengatasi noda membandel pada keyboard. Namun, ingatlah untuk selalu mengeringkannya setelah dibersihkan untuk mencegah kelembaban menumpuk di laptop.

Baca juga:

Keringkan dengan Hair Dryer atau Kipas

Source : hipwee.com

Cara membersihkan keyboard laptop selanjutnya yaitu Pins bisa mengeringkan dengan hair dryer atau kipas. Sebelum membersihkan keyboard laptop dengan hair dryer, pastikan kamu sudah cukup membersihkan keyboard laptop agar daya dorong hair dryer benar-benar tidak membuat kotoran semakin dalam. 

Gunakan Vacuum Cleaner Khusus Keyboard

Source : hipwee.com

Sudah banyak tersedia vacuum cleaner berukuran mini yang memang didesain khusus untuk membersihkan benda-benda kecil, salah satunya adalah keyboard laptop. Dengan bantuan kain debu khusus, kamu dapat dengan mudah menghilangkan debu dan kotoran dari keyboard laptop. Kamu hanya perlu menyedot bagian yang terlihat kotor, lalu ulangi beberapa kali untuk membersihkan keyboard hingga bersih dengan maksimal. Cek keyboard kamu kembali untuk meminimalisir debu yang masih tertinggal.

Baca juga: 13 Cara Mempercepat Windows 10, Anti Lemot!

Cabut Keyboard Laptop

Source : Hackdays

Cara bersihkan keyboard laptop yang terakhir tidak direkomendasikan untuk Pins yang tidak berpengalaman. Cara ini memang sudah paling efektif, namun juga memiliki resiko yang tinggi, karena bisa membuat keyboard tidak bisa dioperasikan atau bahkan membuat error

Jadi sebelum Pins mencabut keyboard laptop, pastikan kamu menelusuri metode ini dengan mencari video di YouTube atau bahkan meminta bantuan teman ahli service laptop kamu. Jadi kalau ada kesalahan bisa langsung diperbaiki. Jika Pins mahir melakukannya, kamu bisa mempraktikkan nya sendiri dirumah. 

Cara Membersihkan Keyboard Laptop Secara Menyeluruh

Source : Rider’s Digest

Pada dasarnya cara di atas hanya bisa membersihkan permukaan dan sela-sela keyboard saja. Jika Pins ingin membersihkan keyboard secara menyeluruh, kamu harus melepas perangkat pengetikan dari  laptop. Triknya, kamu bisa menyiapkan obeng dan alat pembuka seperti kartu ATM dan semacamnya untuk memisahkan casing masing-masing laptop. 

Apabila seluruh laptop terlepas, lepaskan konektor keyboard yang terpasang pada motherboard. Setelah benar-benar dilepas, Pins dapat membersihkan laptop secara menyeluruh menggunakan metode yang dijelaskan di atas. Jika perlu, kamu juga dapat membersihkan konektor keyboard dengan motherboard dengan alkohol isopropil dan menunggu hingga kering. 

Setelah keyboard laptop dibersihkan secara menyeluruh, sambungkan kembali keyboard ke badan laptop dan jangan lupa untuk menyambungkan konektor yang sebelumnya dilepas dan dibersihkan. Jika semua komponen terpasang dengan benar, Pins dapat menyalakan laptop secara normal.

Itulah cara membersihkan keyboard laptop dengan mudah seperti semula Pins. Jika kamu mengalami kendala pada keyboard laptop kamu, kamu bisa ikuti cara-cara di atas, Ya! Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan Pins. Semoga bermanfaat, ya, Pins!

Featured image: faktualid.com

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Mekar Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download