Pinhome

Cara Mengatasi Automatic Preparing Repair Windows 10

Dipublikasikan oleh Andre Gunawan ∙ 23 May 2022 ∙ 9 menit membaca

Automatic preparing repair Windows 10 menjadi salah satu masalah yang sering muncul dan tentunya sangat mengganggu. Biasanya masalah ini muncul pada saat boot dan sistem hanya berhenti pada tampilan automatic repair sehingga kamu gagal masuk ke sistem Windows seperti biasanya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa automatic repair ini merupakan sebuah mekanisme Windows 10 untuk memperbaiki otomatis bila ada masalah pada sistem saat Windows dihidupkan. Namun, beberapa kasus justru mekanisme ini tidak bekerja dengan semestinya dan malah muncul error “Automatic Repair couldn’t repair your PC”.

Error automatic preparing repair biasanya muncul berulang-ulang saat kita restart komputer, dan karena itulah hal ini menjadi masalah yang sangat mengganggu. Nah, oleh karena itu tentu kamu perlu mengatasi masalah tersebut agar bisa menggunakan laptop atau komputer kamu seperti biasanya.

Cara Mengatasi Automatic Preparing Repair Windows

Automatic preparing repair, biasanya disebabkan oleh kerusakan file sistem yang membuat laptop atau komputer tidak bisa boot. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasi masalah ini akan saya ulas secara lengkap dan rinci di bawah ini, agar kamu mudah memperbaikinya.

Jadi, pastikan kalau kamu membaca artikel ini sampai selesai, ya.

Coba Hard Restart

Salah satu hal yang menjadi penyebab laptop atau komputer Windows 10 kamu tidak bisa melakukan proses boot dan muncul pesan Preparing Automatic Repair adalah adanya permasalahan pada daya, entah karena perangkat tidak dimatikan dengan semestinya atau yang lainnya.

Solusi atas hal ini adalah dengan mencoba melakukan melakukan hard restart. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Hidupkan laptop atau komputer kamu terlebih dahulu, lalu setelah perangkat nyala dan masuk ke blue screen, silakan kamu tekan dan tahan tombol power sampai perangkat tersebut mati lagi.
  2. Setelah itu, cabut kabel power pada komputer dan lepaskan baterai bila kamu menggunakan laptop.
  3. Diamkan beberapa saat, paling tidak 5 menit.
  4. Selanjutnya, silakan hubungkan kembali kabel power tersebut dan pasang kembali baterai jika memakai laptop.
  5. Terakhir, silakan coba hidupkan kembali Windows 10 seperti biasanya.
  6. Semoga berhasil.

Boot ke Safe Mode

Hal kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah automatic preparing repair adalah dengan mencoba boot ke safe mode Windows. Berdasarkan pengalaman teman saya yang pernah mengalami masalah ini, melakukan boot ke safe mode mamang terbukti efektif dan berhasil.

Untuk langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan aktifkan laptop atau komputer seperti biasa.
  2. Selanjutnya setelah blue screen muncul, silakan kamu tekan F8 secara berulang hingga muncul sebuah menu.
  3. Setelah itu silakan kamu pilih Safe Mode pada menu di halaman yang muncul.
  4. Terakhir, silakan restart kembali perangkat kamu.

[adinserter block=”4″]

Pada dasarnya permasalahan automatic preparing repair memang ada yang ringan, dan ada juga yang berat. Nah, untuk yang terbilang ringan, biasanya dapat diatasi hanya dengan melakukan restart seperti hard restart atau dengan cara yang kedua ini.

Lepas USB Saat Booting

Cara kali ini sepertinya agak jarang yang memaparkannya, tetapi dibalik itu terjadinya automatic preparing repair Windows terkadang diakibatkan oleh banyaknya perangkat USB entah itu flashdisk, CD/DVD, hardisk eksternal, mouse, keyboard atau perangkat sejenis USB lainnya yang terhubung ke komputer.

Oleh karena itu kamu harus melepaskan perangkat USB tersebut saat booting, hal ini sendiri bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pemilihan lokasi yang berisi sistem operasi Windows. Terdeteksinya perangkat penyimpanan lain dapat menyebabkan perubahan booting yang menyebabkan masalah tersebut muncul.

Sebenarnya selain USB, kamu juga bisa melepas RAM, HDD, SSD, Beterai CMOS (PC), dan komponen lainnya. Mengapa demikian? Ya, karena dengan mencabut komponen- komponen tersebut, laptop atau PC akan mengalami reset dan membuatnya menjadi fresh kembali.

Gunakan CMD untuk Fix Boot

Data boot pada windows terkadang mengalami kerusakan atau corrupt. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab masalah automatic preparing repair pada laptop atau komputer Windows. Nah, untuk memperbaiki data boot tersebut kita bisa menggunakan Command Prompt (CMD).

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silakan kamu nyalakan laptop atau PC seperti biasa, dan silakan tekan F8 secara berulang untuk mengakses menu khusus.
  2. Setelah muncul halaman yang Advance, silakan kamu pilih Repair Your Computer pada menu yang tertera di halaman tesebut.
  3. Jika sudah, silakan kamu pilih opsi Troubleshoot.
  4. Selanjutnya, silakan buka Advanced Options, lalu pilih Command Prompt.
  5. Setelah kamu masuk ke halaman CMD, silakan input perintah bootrec.exe /rebuildbcd > tekan Enter.
  6. Input perintah lagi bootrec.exe /fixmbrEnter, bootrec.exe /fixbootEnter lagi.
  7. Setelah selesai memasukkan semua perintah tersebut, silakan restart komputer atau laptopnya. Biasanya dengan ini booting akan kembali normal.

Jalankan Perintah DISM di CMD

Masih seputar Command Prompt yang mana selain perintah khusus seperti yang sebelumnya sudah saya jelaskan, terdapat perintah perbaikan sistem lainnya yakni Deployment Image Servicing and Management (DISM). Perintah ini bisa menjadi alternatif bila kamu telah mencoba fix boot di CMD namun tidak berhasil mengatasi automatic repair.

Berikut langkah-langkah menjalankan DISM:

  1. Silakan kamu akses Coomand Prompt dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  2. Nah jika sudah terbuka, silakan masukkan perintah DISM.exe /online /cleanup-image /scanhealth lalu tekan Enter.
  3. Setelah itu, input perintah DISM.exe /online /cleanup-image /restorehealth dan tekan Enter lagi.
  4. Terakhir, restart laptop atau komputer kamu untuk mendapatkan efeknya.
  5. Selesai, error automatic preparing repair telah berhasil diatasi.

Perbaiki Registry

Registry Windows merupakan kumpulan file yang dibuat otomatis setelah Windows berjalan. File registry sendiri memang banyak sekali jumlahnya, dan salah satunya ada yang mengatur konfigurasi booting, sehingga bila file tersebut rusak maka akan muncul masalah automatic preparing repair pada laptop atau komputer Windows.

Biasnya kan kalau mengakses registry kamu harus bisa mengkases Windows terlebih dahulu, namun karena terdapat masalah booting maka kamu bisa gunakan CMD untuk memperbaiki registry dengan perintah tertentu. Cara ini cukup work untuk bisa membuat sistem yang rusak jadi normal lagi.

Berikut caranya:

  1. Pertama, silakan kamu masuk ke menu Command Prompt terlebih dahulu. Caranya cama dengan yang sudah kami jelaskan sebelumnya.
  2. Setelah bisa mengakses CMD, silakan masukkan perintah copy c:windowssystem32configRegBack* c:windowssystem32config pada halaman Command Prompt.
  3. Jika sudah tinggal tekan saja Enter.
  4. Terakhir, restart laptop atau komputer seperti biasa.

Nah, untuk petintah c: merupakan tempat dimana file sistem disimpan. Jika kamu menggunakan nama partisi sistem yang berbeda, silakan sesuaikan saja.

[adinserter block=”5″]

Matikan Automatic Repair

Solusi jitu untuk mengatasi masalah automatic preparing repair Windows yang selanjutnya adalah masih seputar CMD. Nah, apabila halaman automatic preparing repair muncul tanpa sebab yang jelas dan kamu pun tidak memerlukan halaman automatic repair tersebut, maka silakan matikan saja fitur tersebut agar tidak muncul lagi.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:

  1. Silakan akses Command Prompt seperti sebelumnya.
  2. Setelah program CMD terbuka, silakan masukkan perintah bcdedit /set {default} recoveryenabled No > Enter.
  3. Ketikan perintah lagi Exit > Enter.
  4. Setelah itu, silakan restart laptop atau komputer kamu, dan halaman automatic repair tidak akan muncul lagi dan kamu akan bisa mengakses Windows dengan normal.
  5. Selesai.

Bila suatu saat kamu membutuhkan lagi fitur automatic repair, silakan aktifkan lagi fiturnya dengan melalui CMD. Untuk perintah aktifasinya sendiri adalah bcdedit /set {default} recoveryenabled Yes > tekan Enter.

Jalankan SFC

SFC scannow merupakan perintah khusus pada CMD yang memiliki fungsi untuk mengecek file–file yang mengalami kerusakan pada Windows, lalu SFC akan menggantinya secara otomatis dengan dile baru yang normal, dengan catatan bila ditemukan file error.

Silakan jalankan fitur SFC scannow ini, karena fungsi scan yang dijalankan disini tidak hanya sebagian saja, melainkan sistem akan melakukan scanning secara keseluruhan.

Cara-cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman Command Prompt pada Advance options melalui langkah yang sudah saya jelaskan di atas.
  2. Jika sudah terbuka, silakan masukkan perintah sfc /scannow pada halaman Command Prompt.
  3. Silakan tekan Enter setelah memasukkan perintah tersebut.
  4. Pastikan kamu menambahkan spasi setelah kata sfc, karena bila tidak maka perintah tidak akan diakses dan justru mengalami error.
  5. Jika sudah, silakan restart laptop atau komputer kamu.
  6. Selesai.

Nonaktifkan Proteksi Malware

Fitur proteksi malware yang terdapat pada Windows memang nyatanya cukup bermanfaat dan bisa menjaga komputer atau laptop dari ancaman malware. Disamping lain, fitur ini juga bisa menjadi penyebab Windows stuck di preparing automatic repair dan tidak bisa masuk ke Desktop.

Berdasarkan hal itulah, kamu mungkin perlu matikan sementara fitur anti malware dengan cara berikut:

  1. Buka Repair Computer dengan menekan tombol F8 secara berulang ketika proses booting.
  2. Setelah itu, silakan pilih Troubleshoot kemudian masuk ke Advanced Options.
  3. Selanjutnya, silakan kamu pilih Startup Settings.
  4. Kemudian, klik opsi Restart pada bagian tersebut.
  5. Jika sudah, maka proses proses restart akan dimulai. Nah, setelah selesai, silakan kamu pilih Disable early launch anti-malware protection untuk mematikan proteksi anti malware.
  6. Terakhir, restart perangkat seperti biasanya.

Bila perlu nonaktifkan Windows Defender sebagai berikut:

  1. Masuk ke Safe Mode sama seperti cara ke dua.
  2. Kemudian akan muncul halaman baru, silakan kamu masuk ke kolom search Windows lalu ketikkan Windows Defender.
  3. Jika sudah, silakan buka Windows Defender.
  4. Silakan nonaktifkan fitur tersebut.

Rebuild Boot Configuration Data

Semua metode di atas sebenarnya sangat efektif untuk mengatasi preparing automatic repair Windows 10. Namun, bebrapa kasus automatic repair kelas berat memang sulit diatasi bila hanya dilakukan perbaikan sistem dengan metode-metode diatas.

Satu satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah rebuild BCD dengan membuat hiren boot untuk mengganti sistem dan memperbaiki masalah sistem operasi Windows. Hiren boot sendiri merupakan sebuah boot yang berisi berbagai macam program diagnostik dan recovery.

Program tersebut digunakan untuk tolok ukur kinerja sistem, partisi agen, alat pencitraan, kloning disk, alat pemulihan data, alat pemulihan sistem, alat reinstal sistem, alat BIOS, alat MBR, dan lain sebagainya yang masih terkait perbaikan masalah OS Windows.

Untuk membuat dan menjalankan Hiren boot sebenarnya sudah pernah kami bahas pada website ini. Jadi untuk melakukannya silakan kamu baca artikel Cara Membuat Hiren Boot USB dan Cara Memakainya di Windows.

Akhir Kata

Nah, begitulah tadi pembahasan kami mengenai cara mengatasi automatic preparing repair di Windows 10 yang bisa menjadi acuan kamu untuk memperbaiki atau mengatasi errorr tersebut. Semua cara yang kami ketahui sudah diulas tuntas pada pembahasan di atas.

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat kami bagikan, semoga membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi 6 Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit, Semua Posisi!

Pinhome - Sebagai lulusan tenaga ahli medis, kamu juga perlu membuat surat lamaran kerja ke rumah s

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank, Lengkap! 

Pinhome - Ingin bekerja sebagai pegawai bank yang ada di Indonesia? Bank di Indonesia biasanya memb

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan dan Contohnya

Walau zaman sudah modern, tapi masih ada perusahan tertentu yang memilih untuk menggunakan surat la

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Undangan Tidak Resmi untuk Berbagai Keperluan

Membuat undangan tidak resmi tak serumit undangan resmi. Sebab, tidak ada aturan baku atau format y

Edukasi
Edukasi 4 Contoh Surat Tugas yang Baik, Begini Strukturnya

Buatmu yang sudah bekerja, mungkin familier dengan surat tugas kerja. Surat ini dikeluarkan oleh at

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia