BlogLifestyleGadget7 Cara Mengaktifkan Kamera Laptop dan Menggunakannya
0
0

7 Cara Mengaktifkan Kamera Laptop dan Menggunakannya

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Mei 17, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengaktifkan kamera laptoptop-right-banner

Kegunaan kamera pada laptop tentu sangat penting Pins apalagi untuk menunjang kegiatan belajar dan bekerja sehari-hari. Terkadang, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan kamera laptop. Apalagi jika perangkat tersebut digunakan untuk pekerjaan penting yang membutuhkan akses kamera, misalnya ketika berkomunikasi saat beli rumah di Bukit Taman Ciantra atau The Agathis.

Sebenarnya, cara mengaktifkan kamera laptop bisa dilakukan dengan mudah Pins, karena Windows sebenarnya sudah memberikan driver tersendiri pada laptop untuk mengaktifkan kamera. Tidak perlu khawatir Pins, yuk simak bagaimana cara menghidupkan camera laptop berikut ini!

Baca juga:

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

Sebelum Pins mencari tahu cara mengaktifkan kamera laptop, pastikan terlebih dahulu jika driver untuk kamera di laptop sudah terpasang dan dalam keadaan normal. Jadi, kamu bisa melakukan tes terlebih dahulu pada konfigurasi kamera di laptop. Berikut beberapa langkah mudahnya!

Instal Driver Webcam

Source : Techs Magic

Langkah pertama yang bisa Pins lakukan adalah melakukan cek terlebih dahulu driver kamera di laptop tersebut apakah sudah ter-install atau belum. Jika belum ter-install kamu harus memasangnya terlebih dahulu, yaitu dengan mendownload driver kamera tersebut dari situs resmi. Jika sudah di download, sekarang Pins dapat meng-install driver kamera tersebut ke laptop yang akan digunakan. Berikut cara untuk instalasi webcam:

  • Pertama ketik Device Manager di Pencarian Windows.
  • Kemudian, cari driver kamera atau klik Imaging Devices. Lalu, pilih driver dan klik kanan, kemudian klik Update Driver Software.
  • Lalu, klik Search automatically for updated driver software.
  • Setelah itu, ikuti prosesnya.
  • Jika sudah, jangan lupa untuk restart laptop.

Menyalakan Kamera Lewat Tombol (Opsional)

cara mengaktifkan kamera laptop
Source : Help Desk Geek

Jika driver untuk kamera sudah terpasang, cara mengaktifkan kamera laptop bisa dilakukan dengan mengaktifkan kamera melalui settings. Namun, sebagian besar laptop bisa menyalakan fitur kameranya hanya dengan menggunakan tombol kombinasi saja. Biasanya dapat Pins lakukan dengan menekan tombol FN (Function) + tombol F1, F2, F3 sampai seterusnya yang memiliki ikon kamera. Untuk cara ini kamu perlu menggunakan keyboard internal atau bawaan. Karena biasanya keyboard eksternal tidak memiliki tombol Fn.

Menggunakan Driverpack Web Camera

Source : Softonline.net

Pins tidak ingin kesulitan untuk mencari cara mengaktifkan kamera laptop? Kamu bisa langsung menginstall aplikasi Driverpack Web Camera yang dapat digunakan pada semua driver dan OS windows dengan mudah. Di aplikasi ini, secara otomatis semua jenis driver yang dibutuhkan pada laptop akan terinstall dan Pins hanya perlu mengunduhnya melalui Google.

Baca juga:

Menggunakan Aplikasi Tambahan untuk Windows

cara mengaktifkan kamera laptop
Source : Manycam.com

Jika semua cara menghidupkan camera laptop di atas sudah Pins coba dan tidak membuahkan hasil, langkah selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi tambahan untuk Windows. Saat ini tersedia berbagai nama dan jenis aplikasi tambahan untuk membuka kamera di laptop. Pins hanya perlu memilih mana yang sesuai dan cocok untuk digunakan, seperti aplikasi Youcam, Manycam, Yawcam, dan lain sebagainya.

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop di Windows 10

Source : Top-password.com

Pada spesifikasi atau sistem OS Windows 10 tentu sudah memiliki fitur kamera bawaan yang siap digunakan. Namun, cara aktifkan kamera laptop bisa dilakukan dengan catatan Pins harus memakai Windows 10 versi terbaru. Berikut cara menyalakan kamera di laptop Windows 10:

  • Pertama, ketik Camera pada Search Windows.
  • Kemudian, buka aplikasi kamera tersebut jika sudah muncul.
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses loading-nya selesai. Biasanya lampu indikator kamera akan menyala pada saat loading.
  • Selesai, maka kamera di laptop sudah bisa digunakan.

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop di Windows 8

Source : Techspot

Pins ingin menemukan cara menggunakan kamera laptop di Windows 8? Berikut cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengaktifkan kamera pada perangkat:

  • Pertama-tama masuk ke menu Windows.
  • Kemudian, akan muncul beberapa menu pada Windows dan ada ikon Kamera.
  • Selesai, maka kamera sudah bisa digunakan.

Cara Mengaktifkan Kamera Laptop di Windows 7

Source : The Windows Club

Cara mengaktifkan kamera laptop di Windows 7 Pins disarankan untuk menggunakan OS versi SP1, agar fitur kamera dapat berjalan dengan lancar. Berikut cara membuka kamera di sistem Windows 7:

  • Pertama, masuk ke Start Menu. Lalu, pilih All Programs.
  • Kemudian, cari opsi Camera atau Camera App. Jika sudah, klik Buka.
  • Selesai, maka kamera di laptop sudah bisa dipergunakan.

Itulah beberapa cara mengaktifkan kamera laptop dengan mudah yang bisa Pins lakukan. Sebenarnya, jika laptop yang digunakan sudah memiliki driver kamera bawaan, kamu hanya perlu mengaktifkannya saja. Berbeda jika laptop tersebut belum memiliki driver untuk kamera, solusi termudahnya adalah mendownload driver kamera untuk versi Windows tersebut atau dengan menggunakan aplikasi tambahan. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured Image Source: FsCommunity


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download