BlogLifestyleGadget15 Cara Cek HP OPPO Asli Atau Palsu
0
0

15 Cara Cek HP OPPO Asli Atau Palsu

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Sep 27, 2023

11 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pemilik HP OPPO wajib tahu kode rahasia. Apalagi jika Pins membeli ponsel OPPO bekas, tentunya Pins harus mengeceknya terlebih dahulu. Kini kamu bisa menggunakan passcode yang dirancang khusus untuk ponsel OPPO. Untuk cara cek HP OPPO bekas sehingga kamu bisa mendapatkan smartphone bekas dengan kondisi terbaik. Mendapatkan passcode OPPO juga sangat mudah. 

Pins tidak memerlukan root karena kamu hanya perlu menggunakan menu dial atau panggilan. Kemudian yang harus kamu lakukan adalah menulis kode rahasia yang ingin Pins gunakan. Setiap kode sandi OPPO juga memiliki fungsi yang berbeda, jadi jangan sampai salah memasukkan kode. 

Menurut artikel, yang terpenting dari kode rahasia OPPO adalah bisa digunakan untuk mengecek kode IMEI. Karena IMEI menjadi penentu HP OPPO asli atau tidak. Pins juga bisa mengecek garansi OPPO dengan kode IMEI. Nah, untuk mengetahui cara cek garansi ponsel China, simak artikel dibawah ini bagaimana cara cek IMEI HP OPPO asli atau tidak.

Selain masalah garansi, kode rahasia OPPO akan memindai atau menghapus semua data dari smartphone untuk membuatnya kembali seperti baru. Kamu juga bisa melihat informasi mengenai perangkat seperti tipe, model, merk dan nomor seri handphone tersebut, sehingga Pins bisa mengecek apakah handphone OPPO yang dibeli asli atau tidak.

Baca juga:17 Aplikasi Download Lagu Android Gratis

Cara Cek HP OPPO

Source : oppo.com

Kali ini, artikel Pinhome akan memberikan cara cek HP OPPO Pins dengan beberapa tutorial yang akan dibahas bawah ini. Yuk kita cek bersama!

Cara Cek HP OPPO Bekas Pakai atau Baru Beli

Source : tokopedia.com

Selain memiliki hunian terbaik seperti di Anwa Residence Puri sebagai Perumahan di Jakarta Barat yang terbaik, memiliki ponsel yang canggih juga menjadi suatu hal penting. Tentunya pengguna harus mengecek HP sebelum membeli. Maka dari itu, cara mengecek HP OPPO menjadi pilihan yang perlu Pins ketahui jika akan membeli ponsel merek OPPO. Untuk mengetahui status handphone, apakah bekas atau baru. Sekaligus, terdapat kode rahasia untuk cek HP OPPO yang memungkinkan kamu mengetahui kondisi semua bagian HP. Adapun cara cek HP OPPO bekas atau baru bisa kamu simak ulasan berikut ini.

  • Pertama buka menu panggilan di HP OPPO kalian.
  • Lalu tekan kode rahasia *#800# untuk tahu kondisi ponsel.
  • Klik Call/Panggil.
  • Lalu akan masuk menu Engineer Mode.
  • Di menu Engineer Mode kalian bisa cek kondisi HP OPPO apakah dalam keadaan yang baik atau tidak. Sehingga bisa mengetahui komponen HP dalam keadaan bekas atau baru.

Beberapa di antaranya bisa kamu cek HP OPPO bekas atau baru melalui menu engineering mode yaitu Receiver Test, Camera Test, Bluetooth Test, Speaker Test, Vibration Test, LCD Test, GPS Test, Battery Test, Test WiFi, Test SIM. SIM Card Test dan sebagainya. 

Ini cara cek IMEI HP OPPO keasliannya bekas atau baru jika mengetahui keadaan semua komponen dan kondisi HP. Jadi Pins bisa dengan mudah mengetahui keaslian ponsel dengan cara cek HP OPPO.

Cara Cek HP OPPO Untuk Garansi Ponsel

Source : oppo.com

Cara mengecek apakah HP OPPO asli dengan mengecek kartu garansi. Bahkan, oknum produsen ponsel palsu OPPO bisa dengan mudah membuat kartu garansi yang mirip dengan aslinya. Namun yang namanya produk palsu pasti menunjukkan jika kartu tersebut tidak sebaik kartu garansi aslinya. 

Pastikan juga garansi HP OPPO berlaku untuk handphone yang diproduksi dan dijual dibawah bendera PT OPPO Indonesia Electronics. Jika di kartu garansi tertulis perusahaan lain, bisa jadi HP OPPO palsu. Kalaupun tidak, ponsel tersebut adalah ponsel OPPO asli yang dibeli dari luar negeri.

Cari Tahu Kerusakan HP OPPO dengan Kode Rahasia

Source : 99tekno.com

Cara cek HP OPPO asli berikutnya adalah dengan kode rahasia. cara ini dibahas untuk membedakan antara produk HP OPPO asli dan tiruan adalah dengan menggunakan kode rahasia untuk mengontrol OPPO. Jika kode khusus dimasukkan ke dalam sistem operasi OPPO, biasanya hanya bisa digunakan di ponsel original. 

Sedangkan untuk menggunakan kode rahasia untuk mengecek ponsel OPPO Pins, cukup menekan *#800#  di ponsel dan memasukkan kode UMB. Kemudian kamu akan dibawa ke menu Engineer mode dimana informasi mengenai hardware HP OPPO kamu sudah sangat jelas. 

Sebenarnya cara cek HP OPPO ini adalah cara yang paling akurat karena hanya bisa dilakukan dengan HP OPPO dan juga memberikan informasi detail mengenai kondisi HP OPPO itu sendiri.

Cek Kerusakan HP OPPO dengan Menu Setting

Source : dailysocial.com

Cara cek HP OPPO asli selanjutnya adalah mengecek tipe HP OPPO melalui setting (pengaturan). Setiap ponsel memiliki nomor seri dan IMEI yang dapat diakses melalui pengaturan. Buka Pengaturan di ponsel OPPO yaitu: 

  • Buka aplikasi Pengaturan di ponsel OPPO 
  • Scroll ke bawah hingga menemukan About phone (Tentang ponsel) 
  • Informasi tentang tipe ponsel, nomor IMEI dan tipe Android akan ditampilkan.

Baca juga: 6 Cara Menggabungkan File PDF di HP Android

Mengetahui Kerusakan HP dengan Cek Kode Rahasia OPPO

Source : oppo.com

Mungkin beberapa tipe smartphone OPPO memiliki kode rahasia berbeda. Namun ada beberapa kode penting yang bisa diakses di semua smartphone OPPO. Nah untuk mengetahui apa saja kodenya, silahkan simak informasi berikut ini.

  • Pertama buka menu panggilan di HP OPPO kalian.
  • Tekan *#*#4636#*#* klik call/panggil.
  • Selanjutnya akan muncul informasi tentang kondisi baterai ponsel kalian.

Itulah cara cek HP OPPO dan kerusakannya dengan mudah. Sehingga memudahkan kalian melakukan antisipasi kerusakan ponsel yang lebih lanjut. Selain itu dengan tahu cara cek HP OPPO dan kerusakannya dapat mempercepat perbaikan ponsel dan mencegah kerusakan yang lebih parah lagi.

Cek Kualitas HP OPPO Melalui Kualitas Kamera

Source : oppo.com

Kamera juga merupakan faktor lain dalam mengautentikasi perangkat OPPO. Sebagai brand dengan slogan “Camera Phone”, nilai jual OPPO selalu ada di kamera. Entah apakah itu kamera depan atau kamera belakang atau mungkin keduanya. 

Untuk melakukan ini, Pins dapat menguji HP OPPO untuk pemotretan atau perekaman. Lihat gambarnya, jika terlihat buram dan tidak memenuhi persyaratan kamera yang tertera, bisa dipastikan HP OPPO tersebut palsu. 

Pins juga dapat melihat informasi exif​​​​sebuah foto di galeri setelah pengambilan foto. Atau transfer ke komputer kamu dan periksa properti fotonya. Di bagian ini, Pins bisa melihat dengan jelas data exif foto hasil jepretan HP OPPO.

Cek Kondisi Baterai HP OPPO

Source : oppo.com

Cara cek HP OPPO asli selanjutnya adalah dengan cek status baterai. Baterai adalah indikator kuat apakah ponsel masih seperti baru atau sudah rusak dan bekas. Saat melakukan pemeriksaan ini, tekan ##4636## atau *#*#4636#*#* pada ponsel Pins untuk membuka jendela untuk memeriksa kondisi baterai.

Wajib Mengecek OS HP OPPO

Source : oppo.com

Produk HP OPPO menggunakan OS yang sama dengan spesifikasi yang diberikan pada paket penjualan dan pada website resminya. Misalnya OPPO Find X5 Pro yang memiliki Color OS 13 berbasis Android 12 dan bisa diupdate ke Android 13. 

Jika Pins menemukan HP OPPO Find X5 Pro dengan sistem operasi Android lebih rendah, bisa dipastikan jika itu produk Find X5 Pro palsu. Selain itu, OS Warna OPPO memiliki gerakan dan gerakan yang halus. Jika performa HP OPPO kamu seperti ini, maka produk tersebut adalah produk asli. Sementara itu, smartphone OPPO palsu biasanya memiliki perubahan OS yang tidak mulus.

Kondisi Layar HP OPPO Perlu Pengecekan

Source : kompas.com

Tujuan cek kode HP OPPO terbaru adalah untuk mengecek kondisi layar. Cara ini biasanya digunakan untuk mengecek HP OPPO yang kamu beli bekas atau baru. Pins dapat melihat kondisi ponsel jika mengetahui kualitas layarnya. 

Jika kamu ingin memeriksa tes layar, masukkan kode *#800# dan buka menu “Touch Screen” ​​dan “Tes LCD”. Pins dapat melakukan tes sesuai dengan petunjuk yang diberikan dan memastikan tidak ada cacat pada layar ponsel.

Kode Rahasia HP OPPO

Source : oppo.com

Sebagai informasi tambahan, berikut ini ada beberapa kode rahasia untuk ponsel OPPO yang sangat berguna untuk melakukan pengecekan. Beberapa diantaranya adalah:

  • *#804#: Kode rahasia untuk masuk menu test mode disconnect otomatis.
  • *#805#: Kode rahasia ke menu Bluetooth Test Mode
  • *#1234#: Kode rahasia untuk cek firmware HP OPPO
  • *#802#: Kode rahasia untuk Rekayasa test mode GPS TTFF.
  • *#803#: Kode rahasia untuk uji jaringan rekayasa.
  • *#07#: Kode rahasia untuk test history.
  • *#99#: Kode rahasia untuk mengunci tingkat terang layar
  • *#6776#: Kode rahasia untuk tahu informasi mesin perangkat ponsel.

Pins bisa mencoba untuk mencari tahu kerusakan melalui kode tersebut. Selamat mencoba ya Pins!

Baca juga:11 Cara Mengatasi HP Mati Sendiri, Dijamin Berhasil!

Cek IMEI HP OPPO

Source : juraganhp.com

Cara membedakan HP OPPO asli dan palsu yang paling mudah adalah dengan mengecek nomor IMEI HP tersebut. Sekedar informasi, nomor IMEI adalah sejenis “nomor pengenal” untuk ponsel. Layaknya seseorang memiliki NIK (Nomor Induk Penduduk), setiap ponsel memiliki nomor IMEI yang tentunya berbeda satu dengan lainnya. 

Tentunya setiap perangkat HP OPPO yang dijual secara resmi memiliki nomor IMEI tersendiri. Nomor IMEI ini tersimpan dan bisa di cek secara online. Jadi jika Pins mendapatkan atau baru saja membeli perangkat HP OPPO, cek nomor IMEI  di website OPPO device authenticator. Masukkan nomor IMEI ponsel OPPO Anda. 

Jika nomor IMEI terdaftar, kemungkinan ponsel OPPO adalah ponsel asli. Jika tidak, HP  adalah KW. Tentunya cara ini lebih mudah membedakan OPPO asli dan palsu, karena nomor IMEI biasanya ada di box penjualan atau mudah didapatkan dengan kode *#06#. 

Selain itu, nomor IMEI perangkat yang resmi masuk ke Indonesia biasanya terdaftar di situs Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Pastikan ponsel OPPO Pins terdaftar IMEI untuk menikmati  internet. kamu bisa mengeceknya dengan masuk ke website Cek IMEI (kemenperin.go.id).

Cara Cek Tipe HP OPPO

Source : oppo.com

Cara cek HP OPPO juga bisa dilakukan untuk mengetahui tipe HP yang digunakan. Berikut tutorial cek tipe HP OPPO selengkapnya:

  • Buka menu Telepon.
  • Masukkan kode *#6776#
  • Lalu klik Panggil/Call
  • Setelah itu akan muncul tampilan dari versi HP yang digunakan
  • Selesai

Mengecek Spesifikasi HP OPPO

Source : tribunnews.com

OPPO asli bisa dibedakan dengan yang palsu lainnya  dengan melihat spesifikasi HP OPPO yang Pins beli sesuai dengan spesifikasi yang ada di  box penjualan. Atau, agar lebih mumpuni, cek spesifikasinya di situs resmi OPPO. Kamu mungkin membeli ponsel OPPO yang tidak mendukung jaringan 4G. Meskipun ponsel awalnya mendukung 4G. 

Contoh: Pins membeli OPPO F5 Youth. Dari segi kemasan, spesifikasinya menyebut OPPO F5 Youth mendukung 4G, memiliki RAM 4GB (juga varian RAM 3GB) dan mendukung layar 6 inci dengan rasio aspek 18:9. Saat membuka HP OPPO F5 Youth yang dibeli, kamu bisa mengecek spesifikasinya dengan CPU-Z atau aplikasi lain yang memberikan informasi teknis. 

Ternyata ponsel kamu hanya memiliki RAM 2GB, tidak mendukung 4G, dan layarnya masih menggunakan aspek rasio 16:9. Kamu benar-benar dapat melihat masalah tampilan ini di layar. Jika lebih tinggi, jelas OPPO F5 Youth karena rasio aspek 18:9 lebih tinggi dari 16:9.

Baca juga: 8 Cara Menyambungkan HP Ke TV Dengan Atau Tanpa Kabel

Mengetahui Desain dan Bobot HP OPPO

Cara membedakan OPPO asli dan palsu selanjutnya ada di desainnya. Desain ponsel asli OPPO resmi seperti yang diumumkan. Berbeda dengan smartphone OPPO palsu, desainnya jelas berbeda. 

Contoh seperti di atas. Gambar yang bertuliskan “asli” merupakan gambar dari HP OPPO Reno generasi pertama. Ponsel ini mempopulerkan kamera depan full-screen pop-up. Namun, bagian belakangnya memiliki desain kamera dan posisi kamera yang jelas bagian layar aslinya menawarkan konsep layar penuh. Bandingkan dengan “kw” palsu atau berlekuk. Meskipun kotaknya sedikit tidak jelas, terdapat kata Reno yang menandakan bahwa produk tersebut adalah OPPO Reno. Padahal HP KW. Ini sering disebut “HDC Reno” di toko online. 

Contoh lain adalah ponsel OPPO lama seperti OPPO N3. Saat ponsel ini diluncurkan di Malaysia pada tahun 2014 lalu, banyak sekali HP tiruan OPPO N3 dengan model yang berbeda-beda.

Mengecek Perbedaan Harga HP OPPO

Source : oppo.com

OPPO merupakan brand smartphone yang menjual perangkat HP miliknya dengan harga yang cukup tinggi. Namun harga OPPO yang cukup tinggi tidak mengurangi minat masyarakat untuk membeli ponsel ini. Pins hanya perlu mengingat jika ada HP OPPO yang dijual jauh di bawah harga pasaran, maka bisa dipastikan HP OPPO tersebut palsu. 

Jika harganya menguntungkan, tanyakan apakah ponselnya digunakan atau tidak. Jika itu  baru, itu mungkin produk palsu atau seseorang mencoba menipu Pins. Perlu diingat bahwa harga HP OPPO yang dijual biasanya sama dari penjual ke penjual. Kecuali penjual pribadi.

Mengidentifikasi HP OPPO Melalui NFC

Source : oppo.com

Cara membedakan OPPO asli dan palsu berikutnya adalah dengan mendeteksi fungsi NFC. Namun, cara ini hanya berlaku untuk tipe ponsel OPPO yang sudah mendukung NFC. Cara mengetahui palsu atau tidaknya HP OPPO asli terdapat garis kabel berwarna kuning yang menandakan bahwa garis tersebut adalah konektor NFC. 

Konektor NFC biasanya terletak di bagian belakang ponsel OPPO, tempat baterai dapat dilepas. Meski NFC ponsel palsu tampak menonjol, menandakan ponsel tersebut menunjukkan fungsi NFC. Meskipun produk aslinya menunjukkan sedikit NFC.

itulah cara cek HP OPPO untuk mengetahui smartphone kamu asli atau palsu. Semoga informasi artikel kali ini bermanfaat bagi pengguna OPPO yang ingin mengetahui cara mengecek HP OPPO. Selamat membaca ya Pins!

Featured image: oppo.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download