BlogLifestyleGadget5 Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo, Aman!
0
0

5 Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo, Aman!

Dipublikasikan oleh Shinta Dewi Kurniawati dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Menjaga privasi menjadi hal yang sangat penting akhir-akhir ini. Apalagi privasi di smartphone ya, Pins. Banyak data maupun aplikasi yang ingin kita sembunyikan dari orang-orang. Tidak usah khawatir, karena HP Oppo yang berbasis Android dilengkapi dengan fitur kunci aplikasi. Cara mengunci aplikasi di HP Oppo juga tergolong mudah untuk dilakukan.

Ponsel pintar atau smartphone semakin canggih seiring berjalannya waktu. Semakin banyak orang yang concern akan pentingnya menjaga privasi dan keamanan data dalam ponsel pintar. Apalagi, saat ini HP tidak hanya digunakan untuk alat kirim pesan dan telepon saja. Lebih dari itu terdapat berbagai aplikasi yang penting mungkin juga terdapat aplikasi kantor tempat Pins bekerja yang bersifat rahasia. 

Nah, kali ini Pinhome akan menjabarkan bagaimana cara kunci aplikasi di HP Oppo langkah demi langkah. Tidak hanya menggunakan cara internal HP Oppo itu sendiri tetapi juga menggunakan aplikasi pihak ke tuga. Yuk, Pins simak cara berikut ini:

Baca juga:

Menggunakan Fitur App Lock (Internal HP)

Source : Tribun Batam

Fitur App Lock merupakan fitur bawaan HP Oppo yang terdapat di menu pengaturan HP. Cara mengunci aplikasi di HP Oppo melalui fitur ini tergolong mudah untuk diikuti. Berikut langkah mengunci aplikasi menggunakan fitur App Lock:

  1. Pertama, Pins masuk ke menu “Pengaturan”/”Settings”.
  2. Langkah berikutnya, klik menu “Privasi”/”Privacy”.
  3. Selanjutnya, klik “Kunci Aplikasi”/”App Lock”.
  4. Apabila Pins belum membuat kata sandi, maka langkah selanjutnya adalah buat kata sandi terlebih dahulu yang terdiri dari 6 angka.
  5. Kemudian, Pins akan diarahkan ke berbagai pilihan aplikasi mana yang ingin dikunci. Tidak ada minimal dan maksimal harus berapa banyak aplikasi yang dikunci ya, Pins.
  6. Pins juga bisa memilih opsi untuk membuka aplikasi nantinya menggunakan sidik jari.
  7. Aplikasi Pins berhasil terkunci.

Untuk membukanya kembali, Pins hanya perlu memasukkan kata sandi yang telah dibuat. Atau bisa menggunakan sidik jari kamu Pins. Dengan demikian, aplikasi kamu lebih aman dan privasi kamu lebih terjaga.

Memanfaatkan Fitur Private Safe

Source : Liputan 6

Sama halnya dengan Fitur App Lock, Fitur Private Safe bertujuan untuk mengunci aplikasi dan mengamankannya dari akses teman maupun kerabat kita. Menggunakan Private Safe, Pins bisa memisahkan aplikasi mana yang harus diamankan. Caranya juga tergolong mudah nih, Pins. Yuk, simak cara kunci aplikasi di HP Oppo berikut ini:

  1. Pins perlu membuka menu “Pengaturan”/”Settings” terlebih dahulu.
  2. Kemudian, klik opsi “Keamanan”/”Security” Pins.
  3. Setelah berhasil, Pins bisa menggulir ke bawah hingga ketemu dengan menu Private Safe.
  4. Selanjutnya, Pins atur kata sandi dan pertanyaan keamanan.
  5. Terakhir, Pins mulai pindahkan data/berkas penting menggunakan format apapun ke menu Private Safe. Dengan demikian, data kamu akan aman dan hanya bisa dibuka menggunakan kata sandi yang telah dibuat.

Untuk menonaktifkan kembali, Pins dapat masuk ke menu yang sama kemudian geser slider ke nonaktif. Jadi, seperti Pins, cukup mudah ya.

Melalui Fitur Enkripsi

Source : Okezone

Cara mengunci aplikasi di HP Oppo berikutnya yaitu menggunakan fitur Enkripsi. Fitur ini masih terdapat di menu pengaturan smartphone kamu, nih Pins. Langsung aja Pinhome jabarkan cara yang bisa diikuti dengan gampang:

  1. Buka menu “Pengaturan” terlebih dahulu.
  2. Kemudian, gulir ke bawah hingga Pins menemukan menu “Pusat Keamanan”.
  3. Setelah itu, gulir lagi ke bawah dan klik “Pengaturan Enkripsi Aplikasi” lalu aktifkan enkripsi terlebih dahulu.
  4. Selanjutnya, akan terdapat berbagai aplikasi yang bisa Pins pilih untuk dikunci aplikasinya. Pins bisa memilih beberapa aplikasi yang ingin dikunci sekaligus.
  5. Setelah klik aktifkan, maka Pins diharuskan membuat kata sandi baik itu berbentuk pola maupun sandi angka. Pinhome sarankan buat kata sandi yang mudah diingat Pins, atau bisa catat di buku khusus untuk mengantisipasi lupa sandi.
  6. Aplikasi kamu berhasil terkunci, nih Pins.

Jika Pins ingin menambah aplikasi yang ingin dikunci, Pins bisa langsung masuk ke aplikasi “Pusat Keamanan”. Seperti dengan cara sebelumnya, kamu cukup menambah enkripsi aplikasi yang ingin dikunci.

Baca juga:

Menjalankan Aplikasi Smart AppLock (App Protector)

Source : Tokopedia

Sebelumnya, Pinhome menjabarkan cara kunci aplikasi menggunakan menu internal/bawaan HP Oppo itu sendiri. Saat ini, Pinhome akan memberikan langkah cara kunci aplikasi di HP Oppo menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ini berarti Pins perlu mengunduh terlebih dahulu. Sebelum mengunduhnya, pastikan memori kamu memiliki kapasitas yang cukup besar supaya tidak menyebabkan lemot pada HP ya, Pins.

  1. Unduh aplikasi bernama AppLock (App Protector) terlebih dahulu.
  2. Setelah berhasil mengunduh, masuk ke aplikasi tersebut dan buat kata sandi. Bisa juga menambahkan keamanan dengan sidik jari kamu Pins.
  3. Kemudian, masuk ke fitur AppLock dan klik tanda + (plus). Maka, akan muncul beberapa aplikasi yang bisa kamu pilih untuk dikunci.
  4. Geser slider untuk mengaktifkan kunci aplikasi yang bersangkutan.

Cara ini memang membutuhkan usaha yang lebih dibandingkan cara sebelumnya, karena Pins perlu mengunduh aplikasi AppLock. Namun, keunggulan menggunakan aplikasi ini, Pins lebih mudah mengatur aplikasi yang dikunci karena ada di satu pintu.

Mendatangi Toko Resmi Oppo/Counter HP

Source : Kompas Tekno

Cara yang satu ini bisa kamu lakukan apabila Pins masih belum berhasil juga mengunci aplikasi menggunakan cara yang telah Pinhome jabarkan di atas. Atau mungkin Pins tidak ingin repot mengotak-atik HP. Pastikan untuk memilih toko/counter HP yang terpercaya Pin, agar data kamu tetap aman.

Jadi, begitulah 5 cara mengunci aplikasi di HP Oppo. Mengunci aplikasi memang menjadi hal yang wajar dan lumrah dikarenakan setiap orang memiliki privasinya masing-masing. Selain itu, tentunya mengunci aplikasi membantu kamu untuk menjaga keamanan data dari orang lain. Menurut Pins cara mana nih yang mudah untuk diikuti? Semoga bermanfaat, ya Pins!

Baca juga:

Source feature image: Tribun Batam


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Sekar Sari Mansion dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download