BlogPemilik PropertiFinansial5 Tips Hemat Biaya Sewa kos
0
0

5 Tips Hemat Biaya Sewa kos

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Feb 26, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
sewa kostop-right-banner

Mencari tempat tinggal yang nyaman dan terjangkau merupakan hal penting bagi para perantau, khususnya mahasiswa. Salah satu pilihan yang populer adalah dengan menyewa kos. Namun, biaya sewa kos bisa menjadi beban pengeluaran yang cukup besar.

Nah, bagaimana caranya membuat biaya sewa kos jadi jauh lebih murah? Yuk ikuti beberapa tips berikut ini.

Baca juga:

Tips Hemat Biaya Sewa Kos

Berikut ini beberapa tips untuk hemat biaya sewa kos yang bisa kamu coba.

1. Tentukan Budget

budget untuk kos
Source : Pexels

Langkah pertama adalah menentukan anggaran dengan tepat. Pikirkan dengan matang berapa banyak uang yang bisa kamu alokasikan untuk sewa kos dengan pertimbangan kebutuhan finansial lainnya.

Buat anggaran yang realistis tanpa membebani keuangan pribadi. Setelah anggaran ditetapkan, baru Pins bisa mencari kos yang sesuai anggaran.

Jadi, ketika mencari kos, Pins bukan mencari yang paling murah ataupun paling mahal. Tetapi Pins akan mencari kos yang sesuai dengan anggaran yang bisa dikeluarkan.

2. Pilih Lokasi yang Strategis

lokasi kos yang strategis
Source : Pexels

Memilih lokasi kos yang strategis dapat memberikan banyak keuntungan, terutama dalam hal menghemat biaya transportasi dan memudahkan akses ke berbagai tempat penting. Misalnya, jika Pins memilih kos yang dekat dengan kampus atau tempat kerja, Pins bisa menghemat biaya transportasi yang sebelumnya dikeluarkan setiap harinya.

Meskipun terkadang kos di area strategis ini lebih mahal, tapi jika dihitung-hitung, penghematan dari biaya transportasi bisa menjadikannya pilihan yang lebih ekonomis secara keseluruhan.

Manfaatkan Aplikasi Pinhome untuk mencari kost terdekat. Tidak hanya mencari kost, aplikasi Pinhome juga bisa membantu kamu mencari rumah eksklusif sesuai kriteria. Misalnya kamu mencari perumahan di Jagakarsa, maka aplikasi akan memunculkan perumahan yang sesuai seperti Vasa Jagakarsa.

Mempertimbangkan kos yang dekat dengan akses transportasi umum sangat penting terutama yang memiliki akses mudah ke bus, kereta, atau transportasi umum lainnya. Pins tidak hanya dapat menghemat uang dari biaya transportasi, tetapi juga bisa mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi. Ini berarti pengeluaran untuk bahan bakar, perawatan, dan parkir kendaraan juga bisa diminimalkan.

3. Berbagi Kos dengan Teman

teman untuk sewa kos
Source : Pexels

Salah satu cara paling efektif untuk menghemat biaya sewa adalah dengan berbagi kos dengan teman atau rekan. Dengan berbagi kos, Pins dapat membagi biaya sewa, listrik, air, dan fasilitas lainnya, sehingga membantu mengurangi beban biaya hidup.

Selain itu, berbagi kos juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan membangun hubungan yang lebih erat dengan teman. Namun, sebelum memutuskan untuk berbagi kos, pastikan untuk memilih teman sekos yang memiliki kebiasaan hidup yang serupa dengan kamu. 

Misalnya, jika kamu adalah orang yang rapi dan teratur, lebih baik mencari teman sekos yang juga memiliki kebiasaan yang sama agar tidak terjadi konflik di kemudian hari. Jika satu frekuensi, Pins bisa membuat desain kamar kos sederhana bersama agar kos jadi lebih bagus.

4. Pertimbangkan Fasilitas yang Ditawarkan

sewa kos
Source : Pexels

Beberapa kos menawarkan fasilitas tambahan seperti wifi, laundry, atau dapur yang bisa digunakan bersama. Memilih kos dengan fasilitas ini termasuk dalam biaya sewa dapat menghemat pengeluaran bulanan Pins. Dengan begitu barang yang ada di kosan juga terlalu banyak Pins beli sendiri.

Pastikan untuk menghitung kembali dan membandingkan apakah biaya tambahan untuk fasilitas tersebut benar-benar menghemat biaya Kamu atau justru sebaliknya.

5. Negosiasi dengan Pemilik Kos

sewa kos
Source : Pexels

Beberapa pemilik kos mungkin lebih terbuka untuk negosiasi harga, terutama jika Pins berencana untuk tinggal dalam jangka waktu yang lama. Jadi, jangan ragu untuk menawar harga atau meminta diskon yang bisa menguntungkan.

Momen terbaik untuk melakukan negosiasi adalah saat musim sepi, ketika pemilik kos mungkin lebih membutuhkan penghuni dan lebih terbuka untuk menawarkan harga yang lebih baik. Jadi, manfaatkan kesempatan ini untuk mencoba bernegosiasi harga sewa kos.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Pins bisa hemat biaya sewa kos tanpa harus mengorbankan kenyamanan dan kebutuhan hidup Pins. Ingat, kunci utama adalah perencanaan dan pengelolaan keuangan yang bijak.

Baca juga

Source Feature Image: Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download