Kain Polyester Mulai dari Jenisnya Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 20 August 2021 ∙ 6 menit membaca

Tahapan kimia yang dilalui bahan kain satu ini cukup panjang. Tidak heran materialnya tergolong kuat dan tahan lama. Masuk dalam jenis kain sintetis, kain polyester banyak digunakan dalam bahan pembuatan pakaian, seperti kemeja, kaos, celana hingga jenis pakaian lainnya. 

Pinhome – Bila kamu memperhatikan lebih dalam lagi pada pakaian yang sedang kamu gunakan. Kamu akan menemukan tag yang di dalamnya tertera mengenai informai komposisi bahan yang terkandung. Kandungan polyester pada pakaian bisa kamu lihat dari label tersebut. Namun, apa Pins mengetahui bahwa pada penerapannya kain polyester tidak hanya digunakan untuk pakaian saja? Bahan polyester juga banyak digunakan pada perabot rumah tangga, otomotif, hingga dekorasi. Seperti apa detail informasi mengenai bahan satu ini? Semua tersaji pada artikel terlampir.

Baca Juga: Ini Dia Lemari Bawah Tangga yang Cocok untuk Menyimpan Berbagai Barang

Apa Itu Bahan Polyester?

(medicalnewstoday)

Polyester adalah kain yang pembuatannya dilakukan oleh campur tangan manusia. Tidak berasal dari bahan alami, Polyester fabric terdiri dari beberapa senyawa kimia yaitu asam tereftalat, ethylene glycol yang dikombinasikan dengan polyethylene terephathalate (PET). PET sendiri berasal dari minyak bumi atau biasa disebut petroleum.

Di dalam proses yang cukup panjang untuk menjadikan satu kesatuan benang, terkadang serat polyester sering dicampurkan dengan serat lainnya dalam pembuatannya. Itulah mengapa ada beberapa label pakaian yang menyebutkan kandung polyester 75%, 80% hingga tidak ada percampuran material lainnya yang menunjukan informasi polyester 100%. Hal tersebut disesuaikan kebutuhan penggunaan juga kenyamanan pakaian itu sendiri. Namun Pins, walau terkenal dengan ragam kehebatannya dalam dunia pakaian, bahan polyester juga dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan. 

Salah satunya adalah digunakan sebagai penghalus dari beberapa perabot bermaterial kayu. Istilah finishing yang menjadi tahapan terakhir untuk mempercantik tampilan juga menggunakan polyester dalam penerapannya. Namun, terbatas hanya pada barang yang membutuhkan kayu berkualitas tinggi seperti, gitar maupun piano.

Baca Juga: Desain Rumah Kayu: Rumah Ramah Lingkungan

Jenis Kain Polyester

(pexel)

Seperti yang sudah diinfokan sebelumnya, bahwa pada beberapa pakaian, kain tersebut mengalami pencampuran bahan. Hal tersebut yang membuat jenisnya menjadi beragam, sebagai berikut:

  • Bahan lacoste CVC Pique, untuk kain satu ini memiliki karakteristik dengan pencampuran bahan katun dan polyester. Kamu akan menemukan pakaian yang adem dengan daya serap terbaik layaknya bahan katun. Tidak hanya sampai disitu, pakaian satu ini tentu akan lebih awet dari jenis pakaian lainnya karena terdapat material polyester di dalamnya. Menarik bukan?
  • Bahan lacoste PE Pique, lain hal dengan lacoste jenis CVC yang sebagian berbahan katun, lacoste PE pique memiliki kandungan polyester tertinggi sebanyak 100%. Kamu bisa melihat karakteristiknya dari lubang-lubang kecil atau pori-pori dengan ukuran yang sama yang biasanya ada pada baju berkerah. Tidak sebaik jenis lacoste lain, lacoste satu ini memiliki keunggulan tidak mudah kusut.
  • Bahan PE, bila Pins membutuhkan pakaian dengan modal terbatas namun butuh dalam jumlah banyak, bahan PE solusinya. Contohnya seperti kaos promosi, pemilu, atau partai. Bahannya tidak menyerap keringat, namun cukup menjadi standar yang baik dalam membalut tubuh. Pins akan menemukan permukaan yang cukup kasar pada pakaian satu ini.
  • Baca Juga: 12+ Contoh Kerajinan Berbahan Tekstil dan Cara Membuatnya
(harga.web)
  • Bahan Woven, terakhir adalah bahan woven. Serat polyester adalah serat kimia yang memang mayoritas berpermukaan kasar. Tidak terkecuali pada jenis bahan woven polyester. Bahan satu ini memiliki material bahan polyester rajutan dan sering digunakan pada bagian label baju.

Kelebihan Polyester Fabric

Cepat Kering dan Tahan Air

Bila Pins mempunyai baju polyester fabric, tentu baju tersebut akan sangat mudah dicuci dan dikeringkan. Tidak seperti bahan-bahan pakaian lainnya yang memerlukan tambahan cahaya matahari dalam pengeringan, baju polyester bisa dikeringkan hanya dengan angin. Inilah salah satu kelebihan polyester yang sering digunakan sebagai bahan pakaian untuk aktivitas luar ruangan.

Minim Kerutan

Polyester adalah bahan yang dalam pengapliasianya jarang mengalami kerutan. Maka dari itu, dengan menggunakan pakaian jenis satu ini, kamu tidak perlu khawatir kusut maupun terlihat lusuh. Selain itu kamu pun akan menjadi hemat dalam pemakaian setrika di rumah.

Awet dan Tahan Lama

Jika kamu merupakan seseorang yang tidak terlalu suka dengan pembelian pakaian secara berlebih. Material polyester sangat cocok menjadi baju harian. Bahan satu ini sangat awet dan tahan lama. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir terjadi kerusakan pada pakaian dan menggantinya dengan yang baru. Hal terpenting selalu rawat pakaianmu dengan baik ya!

Anti Jamur dan Bakteri

Terbukti cocok digunakan dalam kegiatan outdoor, material polyester adalah material yang menjadi andalan dalam hal bakteri dan anti jamur. Maka dari itu tidak hanya digunakan dalam hal pakaian, kamu bisa menemukan material ini dalam tirai yang biasanya berada di dalam kamar mandi.

Kekurangan Polyester Fabric

Sirkulasi Udara di Dalamnya Kurang Baik

Walaupun polyester diklaim merupakan bahan anti jamur, namun sirkulasi udara dalam bahan ini kurang baik. Maka dari itu, bahan satu ini tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Maka dari itu material ini tidak disarankan untuk digunakan pada saat cuaca panas. Kamu dapat menggunakan bahan katun yang lebih menyerap keringat dan badan lebih adem.

Mudah Terbakar

Nah, salah satu hal yang harus diperhatikan nih Pins! Walaupun kain polyester tidak memerlukan setrika untuk meluruskan pakaian, namun beberapa diantara Pins pasti tetap ingin menggunakan pakaian yang telah disetrika bukan? Dikarenakan bahannya yang mudah terbakar, ada baiknya saat menyetrika gunakan suhu yang tidak terlalu panas atau Pins dapat memilih suhu paling rendah pada saat setrika. Selain itu, hindari penyimpanan pada tempat-tempat yang panas dan rentan akan alat elektronik.

Dapat Menimbulkan Iritasi Pada Kulit

Polyester adalah bahan yang pada prosesnya melalui tahapan dan material kimia. Maka dari itu, tidak sedikit dari mereka yang dalam penggunaannya terkena iritasi kulit. Untuk beberapa orang yang alergi dengan bahan satu ini, akan menimbulkan gatal berlebih yang mengakibatkan kulit kemerahan hingga iritasi.

Bagaimana Pins, cukup menarik bukan? Dengan begitu, kamu jadi lebih mengetahui komposisi maupun kelebihan dan kekurangan dari material polyester. Sesuaikan dengan kebutuhan pakaianmu agar tidak menimbulkan hal yang tidak baik bagi tubuh. Semoga bermanfaat ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia