20 Rekomendasi Aplikasi Pengolah Angka PC dan Android Gratis!

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ November 30, 2022 ∙ 7 menit membaca

Aplikasi pengolah angka memang sangat dibutuhkan untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas baik di PC atau laptop dan smartphone Android. Pins bisa mengerjakan tugas dan pekerjaan yang diberikan dalam bentuk hitungaan dengan mudah menggunakan aplikasi pengolah data. Pada dasarnya, aplikasi pengolah angka adalah software di laptop dan HP yang digunakan untuk menghitung data dengan rumus tertentu di dalamnya.

Pins mungkin sudah tidak asing lagi dengan software pengolah angka bernama Microsoft Excel, ternyata masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan selain Excel. Bahkan, saat ini Pins tidak hanya bisa menggunakannya di laptop atau PC saja, kamu bisa memakai software tersebut di berbagai merk HP Android. Yuk, simak beberapa contoh aplikasi pengolah angka berikut ini!

Baca juga:

Aplikasi Pengolah Angka untuk PC atau Laptop

Pins lebih sering beraktivitas menggunakan laptop atau PC? Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk laptop dan PC berikut ini!

Open Office Calc

(Open Office Calc)

Rekomendasi aplikasi yang pertama yaitu Open Office Calc. Aplikasi ini bersifat open source dan multiplatform, jadi dapat digunakan dengan gratis. Interface yang sederhana juga dapat membantu kamu dalam menggunakan aplikasi ini dengan lebih mudah. Fitur terbaiknya seperti tombol toolbar yang mudah digunakan serta modifikasi spreadsheet sesuai dengan keinginan.

Kspread

(Kspread)

Biasanya, aplikasi pengolah angka disebut dengan Microsoft Excel yang sudah familiar bagi banyak orang, padahal banyak aplikasi lain yang bisa digunakan Pins! Rekomendasi selanjutnya yaitu Kspread, seperti halnya aplikasi Open Office Calc aplikasi ini bersifat open source dan multiplatform. Sifatnya yang multiplatform, aplikasi ini dapat dijalankan untuk sistem operasi Windows maupun Linux.

Microsoft Excel

(Microsoft)

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan program pengolah data yang satu ini, yaitu Microsoft Excel. Salah satu program bawaan dari Microsoft Office ini menjadi program pengolah data serta angka yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Adapun fitur unggulannya yaitu menghitung keuntungan dan kerugian penjualan, mengolah data statistik, penyimpanan file yang bisa disesuaikan dalam berbagai format.

Lotus 123

(Lotus123)

Rekomendasi pengolahan angka selanjutnya yaitu Lotus 123. Dikembangkan oleh IBM menjadi salah satu aplikasi dari paket Office Lotus SmartSuite. Adapun fitur terbaiknya yaitu menambahkan grafik terpadu ke dalam pekerjaan. Selain itu, Pins juga akan dimanjakan dengan kemampuan database dari aplikasi yang satu ini.

GNOME – Gnumeric

(GNOME Numeric)

Gnumeric adalah salah satu program dari GNOME Office yang bersifat open source dan multiplatform. Karena bersifat open source, artinya Gnumeric ini dapat didownload gratis di internet. Seperti halnya dengan software pengolah angka lainnya, Gnumeric memiliki berbagai fitur menarik yang tentunya dapat membantu kamu dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan yang berkaitan dengan angka.

Xess

(Xees)

Selanjutnya Pins juga bisa menggunakan Xess untuk mengolah angka dan data di laptop atau komputer. Tentunya, Aplikasi Xess ini sendiri masuk ke dalam rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengelola angka karena memiliki berbagai macam fitur menarik. User interface yang dimilikinya sangat intuitif dan mudah untuk dipergunakan. Aplikasi ini juga sangat kompatibel dengan Microsoft Excel dan Lotus.

Abacus

(Abacus)

Program pengolahan angka selanjutnya yaitu Abacus yang termasuk sebagai rekomendasi terbaik dengan ukuran file yang kecil yaitu 2MB saja. Dengan keunggulannya tersebut, tentunya Abacus sangat cocok digunakan untuk kamu yang menyukai software minimalis. Walaupun memiliki interface yang sederhana, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk perangkat dengan sistem operasi Linux saja.

Wingz

(Harapan Rakyat)

Pins menyukai aplikasi yang freeware? Kamu bisa menggunakan Wingz untuk mengolah angka. Aplikasi ini juga bersifat multiplatform yang bisa digunakan pada hampir semua jenis sistem operasi di laptop. Kamu bisa dengan mudah menggunakannya dengan user interface yang sederhana.

SPREAD32

(The Portable Freeware Collection)

Menjadi alternatif terbaik selain Excel, aplikasi SPREAD32 ini gratis untuk digunakan. Mencakup semua fungsi dalam matematika dan pengolahan data terbaik untuk penggunanya. Pins bisa menggunakan hampir semua fitur dalam pengolahan data termasuk filterisasi, menyisipkan bagan dan menyiapkan pengaturan format.

Google Sheets

(Business-Envato)

Sebenarnya, Google Sheet bukanlah suatu aplikasi untuk mengolah angka dan data melainkan platform online dari Google. Pins bisa menggunakan Google Sheets ini dengan tampilan yang mirip seperti Microsoft Excel. Penggunaannya juga sama, dengan format file ketika didownload dapat dibuat menjadi Excel, PDF, ataupun yang lainnya.

Baca juga: 4 Cara Download PhotoShop di Laptop

Aplikasi Pengolah Angka Android

Selain menggunakan PC atau laptop, Pins juga bisa mengoperasikan software pengolah angka di smartphone Android. Berikut beberapa rekomendasi aplikasinya:

Google Sheets (Android)

(Alphr)

Jika Pins ingin mencari program pengelolaan data yang dapat digunakan di perangkat Android, Google Sheets menjadi salah satu aplikasi yang bisa diandalkan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini pun telah diunduh lebih dari 500 juta kali di Google Play Store dan menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak didownload.

Polaris Office

(Gawanesia)

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan di perangkat Android untuk mengelola angka yaitu Polaris Office. Kelebihan dari aplikasi pengolah angka Polaris Office ini adalah memiliki berbagai macam fungsi dan dapat menampilkan lebih dari 20 macam diagram. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan fitur komunikasi yang dapat digunakan untuk berdiskusi dengan rekan-rekan kamu sebelum dokumen dicetak.

WPS Office

(APK Monk)

Aplikasi yang dikembangkan oleh developer WPS Software PTE. LTD ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan mendapatkan rating 4.6/5 di Google Play Store. Di Google Play Store pun WPS Office banyak mendapatkan tanggapan positif dari para penggunannya, jadi kamu tidak perlu ragu untuk dapat mencobanya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat terintegrasi dengan Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan Evernote.

Zoho Sheet

(Zoho Sheets)

Dengan menggunakan Zoho Sheet, kamu dapat mengolah angka yang sebelumnya cukup kompleks menjadi lebih mudah untuk dianalisa. Salah satu fitur unggulan dari aplikasi Zoho Sheet ini yaitu memiliki kemampuan untuk memindai kertas yang terdapat tabel di dalamnya untuk kemudian diedit di dalam aplikasi. Aplikasi pengolah angka ini dijamin mudah digunakan dan memiliki fitur terbaik.

Office Suite

(Amazense)

Aplikasi yang menjadi rekomendasi untuk digunakan mengolah angka di perangkat Android yaitu Office Suite. Office Suite tidak hanya dapat mengelola angka, namun juga terdapat program seperti DOC dan PDF yang tidak perlu diunduh secara terpisah. Dari sisi tampilan aplikasinya, Office Suite memiliki user interface yang friendly.

Microsoft Excel 365

(Microsoft)

Perusahaan Microsoft memang gentar mengeluarkan produk yang compatible untuk digunakan pada perangkat apapun. Microsoft Excel 365 misalnya, menjadi aplikasi di laptop atau hp yang nyaman untuk digunakan pada berbagai tipe smartphone. Memiliki tampilan yang nyaman ketika digunakan untuk mengerjakan pekerjaan di HP, membuat banyak orang menggunakannya saat ini.

Kingsoft Office

(ShopDD)

Pins pasti sangat familiar dengan nama Kingsoft Office yang sudah banyak digunakan oleh pengguna Android untuk pengolahan data di HP. Pengguna juga dapat menggunakan semua fitur di dalamnya dengan nyaman, termasuk sistem operasinya yang mirip seperti Microsoft. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan dengan gratis.

Olive Office Premium

(Campusnesia)

Baru mendengar aplikasi pengolah data yang satu ini? Memang aplikasi Olive Office ini masih jarang digunakan saat ini, namun memiliki fitur yang sangat optimal saat digunakan. Mampu membaca berbagai format file mulai dari PDF, MHT, MIME, dan HTML. Selain itu, mendukung 6 bahasa yaitu Inggris, Korea, Perancis, China, Jerman, dan Jepang.

Smart Office 2

(ReXdl)

Pins ingin menggunakan aplikasi pengolah angka gratis dengan fitur terbaik? Kamu bisa memilih untuk menggunakan Smart Office 2 yang satu ini. Memiliki fitur layaknya Microsoft Office juga mudah untuk digunakan dengan user interface yang friendly. Saat ini juga sudah banyak orang yang menggunakan software ini di Android.

DBASE

Merupakan salah satu program pengolahan data dalam jumlah besar, aplikasi ini juga sering disebut sebagai Database Program. Dibuat oleh Wayne Ratiff, aplikasi ini terus berkembang seiring kebutuhan zaman. Mendukung berbagai bentuk pengolahan data, namun Pins perlu memiliki keahlian untuk menggunakannya karena sistem operasinya berbeda dengan Microsoft Office.

My SQL

(IT Box)

Cara kerja aplikasi yang satu ini sangat simpel Pins, Kamu bisa melakukan manipulasi data, menentukan keterkaitan antara tabel dan melakukan beberapa pengolahana data lainnya. Pins juga bisa melakukan aktivitas layaknya menggunakan Microsoft Excel dengan aplikasi yang satu ini. Menarik bukan, Pins?

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pengolah angka yang bisa Pins andalkan selain menggunakan Microsoft Excel di berbagai jenis laptop ataupun HP Android yang digunakan. Tenang saja Pins, kebutuhan kapasitas RAM HP untuk menggunakan aplikasi ini juga sangat kecil. Selamat mencoba!

Baca juga: 10 Cara Download Aplikasi di Laptop

Featured image source:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Green Village Juanda dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 8 Cara Cek Garansi HP Realme, Begini Langkahnya!

Realme merupakan salah satu merek hp asal Tiongkok yang saat ini ramai di pasar Indonesia. Bagaiman

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Rising Wedge Pattern dan Tips dalam Tradingnya

Terdapat banyak bentuk pola yang dapat investor pelajari dalam grafik suatu aset investasi finansia

Finansial
Finansial Apa itu Spread pada Forex? Begini Detailnya!

Sebagai investor pemula dalam dunia jual beli forex, ternyata ada banyak sekali istilah yang perlu

Finansial
Finansial Bagaimana Cara Membuat NFT Art Sendiri? Ini Dia Jawabannya!

Mengetahui bagaimana cara membuat NFT sangat penting untuk kamu yang berniat menjual NFT art, gamba

Finansial
Finansial Apa itu Golden Cross dalam Saham? Berikut Pengertian dan Cara Menganalisanya

Terdapat banyak istilah yang berkaitan dengan dunia trading saham. Diantaranya, istilah yang cukup

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia