BlogLifestyleTeknologi20 Rekomendasi Aplikasi Pengolah Angka PC dan Android Gratis!
0
0

20 Rekomendasi Aplikasi Pengolah Angka PC dan Android Gratis!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 10, 2023

10 menit membaca

Copied to clipboard
aplikasi pengolah angkatop-right-banner

Aplikasi pengolah angka memang sangat dibutuhkan untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas baik di PC atau laptop dan smartphone Android. Pins bisa mengerjakan tugas dan pekerjaan yang diberikan dalam bentuk hitungaan dengan mudah menggunakan aplikasi pengolah data. Pada dasarnya, aplikasi pengolah angka adalah software di laptop dan HP yang digunakan untuk menghitung data dengan rumus tertentu di dalamnya.

Pins mungkin sudah tidak asing lagi dengan software pengolah angka bernama Microsoft Excel, ternyata masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan selain Excel. Bahkan, saat ini Pins tidak hanya bisa menggunakannya di laptop atau PC saja, kamu bisa memakai software tersebut di berbagai merk HP Android. Yuk, simak beberapa contoh aplikasi pengolah angka berikut ini!

Baca juga:

Aplikasi Pengolah Angka untuk PC atau Laptop

Pins lebih sering beraktivitas menggunakan laptop atau PC? Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk laptop dan PC berikut ini!

Open Office Calc

Source : Open Office Calc

Rekomendasi aplikasi yang pertama yaitu Open Office Calc. Aplikasi ini bersifat open source dan multiplatform, jadi dapat digunakan dengan gratis. Interface yang sederhana juga dapat membantu kamu dalam menggunakan aplikasi ini dengan lebih mudah. Fitur terbaiknya seperti tombol toolbar yang mudah digunakan serta modifikasi spreadsheet sesuai dengan keinginan.

Kspread

Source : Kspread

Biasanya, aplikasi pengolah angka disebut dengan Microsoft Excel yang sudah familiar bagi banyak orang, padahal banyak aplikasi lain yang bisa digunakan Pins! Rekomendasi selanjutnya yaitu Kspread, seperti halnya aplikasi Open Office Calc aplikasi ini bersifat open source dan multiplatform. Sifatnya yang multiplatform, aplikasi ini dapat dijalankan untuk sistem operasi Windows maupun Linux.

Microsoft Excel

Source : Microsoft

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan program pengolah data yang satu ini, yaitu Microsoft Excel. Salah satu program bawaan dari Microsoft Office ini menjadi program pengolah data serta angka yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Adapun fitur unggulannya yaitu menghitung keuntungan dan kerugian penjualan, mengolah data statistik, penyimpanan file yang bisa disesuaikan dalam berbagai format.

Lotus 123

Source : Lotus123

Rekomendasi pengolahan angka selanjutnya yaitu Lotus 123. Dikembangkan oleh IBM menjadi salah satu aplikasi dari paket Office Lotus SmartSuite. Adapun fitur terbaiknya yaitu menambahkan grafik terpadu ke dalam pekerjaan. Selain itu, Pins juga akan dimanjakan dengan kemampuan database dari aplikasi yang satu ini.

Baca juga:

GNOME – Gnumeric

Source : GNOME Numeric

Gnumeric adalah salah satu program dari GNOME Office yang bersifat open source dan multiplatform. Karena bersifat open source, artinya Gnumeric ini dapat didownload gratis di internet. Seperti halnya dengan software pengolah angka lainnya, Gnumeric memiliki berbagai fitur menarik yang tentunya dapat membantu kamu dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan yang berkaitan dengan angka.

Xess

Source : Xees

Selanjutnya Pins juga bisa menggunakan Xess untuk mengolah angka dan data di laptop atau komputer. Tentunya, Aplikasi Xess ini sendiri masuk ke dalam rekomendasi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengelola angka karena memiliki berbagai macam fitur menarik. User interface yang dimilikinya sangat intuitif dan mudah untuk dipergunakan. Aplikasi ini juga sangat kompatibel dengan Microsoft Excel dan Lotus.

Abacus

Source : Abacus

Program pengolahan angka selanjutnya yaitu Abacus yang termasuk sebagai rekomendasi terbaik dengan ukuran file yang kecil yaitu 2MB saja. Dengan keunggulannya tersebut, tentunya Abacus sangat cocok digunakan untuk kamu yang menyukai software minimalis. Walaupun memiliki interface yang sederhana, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk perangkat dengan sistem operasi Linux saja.

Wingz

Source : Harapan Rakyat

Pins menyukai aplikasi yang freeware? Kamu bisa menggunakan Wingz untuk mengolah angka. Aplikasi ini juga bersifat multiplatform yang bisa digunakan pada hampir semua jenis sistem operasi di laptop. Kamu bisa dengan mudah menggunakannya dengan user interface yang sederhana.

SPREAD32

Source : The Portable Freeware Collection

Menjadi alternatif terbaik selain Excel, aplikasi SPREAD32 ini gratis untuk digunakan. Mencakup semua fungsi dalam matematika dan pengolahan data terbaik untuk penggunanya. Pins bisa menggunakan hampir semua fitur dalam pengolahan data termasuk filterisasi, menyisipkan bagan dan menyiapkan pengaturan format.

Google Sheets

Source : Business-Envato

Sebenarnya, Google Sheet bukanlah suatu aplikasi untuk mengolah angka dan data melainkan platform online dari Google. Pins bisa menggunakan Google Sheets ini dengan tampilan yang mirip seperti Microsoft Excel. Penggunaannya juga sama, dengan format file ketika didownload dapat dibuat menjadi Excel, PDF, ataupun yang lainnya.

Baca juga: 4 Cara Download PhotoShop di Laptop

Aplikasi Pengolah Angka Android

Selain menggunakan PC atau laptop, Pins juga bisa mengoperasikan software pengolah angka di smartphone Android. Berikut beberapa rekomendasi aplikasinya:

Google Sheets (Android)

Source : Alphr

Jika Pins ingin mencari program pengelolaan data yang dapat digunakan di perangkat Android, Google Sheets menjadi salah satu aplikasi yang bisa diandalkan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini pun telah diunduh lebih dari 500 juta kali di Google Play Store dan menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak didownload.

Polaris Office

Source : Gawanesia

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan di perangkat Android untuk mengelola angka yaitu Polaris Office. Kelebihan dari aplikasi pengolah angka Polaris Office ini adalah memiliki berbagai macam fungsi dan dapat menampilkan lebih dari 20 macam diagram. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan fitur komunikasi yang dapat digunakan untuk berdiskusi dengan rekan-rekan kamu sebelum dokumen dicetak.

WPS Office

Source : APK Monk

Aplikasi yang dikembangkan oleh developer WPS Software PTE. LTD ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan mendapatkan rating 4.6/5 di Google Play Store. Di Google Play Store pun WPS Office banyak mendapatkan tanggapan positif dari para penggunannya, jadi kamu tidak perlu ragu untuk dapat mencobanya. Selain itu, aplikasi ini juga dapat terintegrasi dengan Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan Evernote.

Zoho Sheet

Source : Zoho Sheets

Dengan menggunakan Zoho Sheet, kamu dapat mengolah angka yang sebelumnya cukup kompleks menjadi lebih mudah untuk dianalisa. Salah satu fitur unggulan dari aplikasi Zoho Sheet ini yaitu memiliki kemampuan untuk memindai kertas yang terdapat tabel di dalamnya untuk kemudian diedit di dalam aplikasi. Aplikasi pengolah angka ini dijamin mudah digunakan dan memiliki fitur terbaik.

Office Suite

Source : Amazense

Aplikasi yang menjadi rekomendasi untuk digunakan mengolah angka di perangkat Android yaitu Office Suite. Office Suite tidak hanya dapat mengelola angka, namun juga terdapat program seperti DOC dan PDF yang tidak perlu diunduh secara terpisah. Dari sisi tampilan aplikasinya, Office Suite memiliki user interface yang friendly.

Microsoft Excel 365

Source : Microsoft

Perusahaan Microsoft memang gentar mengeluarkan produk yang compatible untuk digunakan pada perangkat apapun. Microsoft Excel 365 misalnya, menjadi aplikasi di laptop atau hp yang nyaman untuk digunakan pada berbagai tipe smartphone. Memiliki tampilan yang nyaman ketika digunakan untuk mengerjakan pekerjaan di HP, membuat banyak orang menggunakannya saat ini.

Kingsoft Office

Source : ShopDD

Pins pasti sangat familiar dengan nama Kingsoft Office yang sudah banyak digunakan oleh pengguna Android untuk pengolahan data di HP. Pengguna juga dapat menggunakan semua fitur di dalamnya dengan nyaman, termasuk sistem operasinya yang mirip seperti Microsoft. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan dengan gratis.

Olive Office Premium

Source : Campusnesia

Baru mendengar aplikasi pengolah data yang satu ini? Memang aplikasi Olive Office ini masih jarang digunakan saat ini, namun memiliki fitur yang sangat optimal saat digunakan. Mampu membaca berbagai format file mulai dari PDF, MHT, MIME, dan HTML. Selain itu, mendukung 6 bahasa yaitu Inggris, Korea, Perancis, China, Jerman, dan Jepang.

Smart Office 2

Source : ReXdl

Pins ingin menggunakan aplikasi pengolah angka gratis dengan fitur terbaik? Kamu bisa memilih untuk menggunakan Smart Office 2 yang satu ini. Memiliki fitur layaknya Microsoft Office juga mudah untuk digunakan dengan user interface yang friendly. Saat ini juga sudah banyak orang yang menggunakan software ini di Android.

DBASE

Merupakan salah satu program pengolahan data dalam jumlah besar, aplikasi ini juga sering disebut sebagai Database Program. Dibuat oleh Wayne Ratiff, aplikasi ini terus berkembang seiring kebutuhan zaman. Mendukung berbagai bentuk pengolahan data, namun Pins perlu memiliki keahlian untuk menggunakannya karena sistem operasinya berbeda dengan Microsoft Office.

My SQL

Source : IT Box

Cara kerja aplikasi yang satu ini sangat simpel Pins, Kamu bisa melakukan manipulasi data, menentukan keterkaitan antara tabel dan melakukan beberapa pengolahana data lainnya. Pins juga bisa melakukan aktivitas layaknya menggunakan Microsoft Excel dengan aplikasi yang satu ini. Menarik bukan, Pins?

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pengolah angka yang bisa Pins andalkan selain menggunakan Microsoft Excel di berbagai jenis laptop ataupun HP Android yang digunakan. Tenang saja Pins, kebutuhan kapasitas RAM HP untuk menggunakan aplikasi ini juga sangat kecil. Selamat mencoba!

Baca juga: 10 Cara Download Aplikasi di Laptop

Featured image source:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Green Village Juanda dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download