BlogLifestyleTeknologi12 Kelebihan dan Kekurangan Macbook yang Wajib Dipertimbangkan
0
0

12 Kelebihan dan Kekurangan Macbook yang Wajib Dipertimbangkan

Dipublikasikan oleh Disfira Ika Amelia dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
kelebihan dan kekurangan macbooktop-right-banner

Sebelum memutuskan untuk menjadi Apple Users, Pins harus memahami banyak hal tentang setiap produknya. Termasuk Macbook sebagai perangkat yang ada di lini laptop. Meskipun dari segi performa ada nilai plus yang bisa didapatkan, kelebihan dan kekurangan Macbook juga perlu untuk dipertimbangkan.

Spesifikasi dan performa bisa disebut sebagai keunggulan Macbook mulai dari seri base, Air, hingga Pro. di sisi lain, ada juga beberapa kekurangan yang mungkin bisa jadi kekurangan bagi pengguna setia Windows yang ada niatan untuk beralih ke perangkat dengan sistem operasi iOS tersebut. Simak dan pertimbangkan apakah sudah sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca juga:

Kelebihan Macbook Dibanding Laptop Lain

kelebihan macbook dibanding laptop lain
Unsplash

Hadir dengan sistem operasi yang cukup berbeda dengan laptop Windows, ada beberapa aspek yang hanya dimiliki di Macbook. Mulai dari segi ketahanan mesin, keamanan, desain, hardware, hingga resolusi layar yang dihadirkan. Berikut ini adalah detailnya.

Daya Tahan Mesin

Bagian dalam Macbook sudah dibekali dengan mesin yang tahan banting. Hal ini sudah dibuktikan dengan rentang waktu pemakaian yang bisa lebih dari 5 tahun sejak pembelian. Tidak sedikit pemakai Macbook yang dibuat pada 2017 masih awet dan bisa dipakai hingga 2022. 

Selain untuk pemakaian pribadi, perangkat ini juga memiliki nilai jual yang relatif stabil. Jadi masih sangat worth it untuk menjual seri laptop lawas untuk pemakaian di tahun ini.

Aman dari Virus

Salah satu privilege yang bisa didapatkan oleh pengguna Macbook adalah keamanan perangkat yang bebas dari virus. Secara otomatis virus yang tersimpan di flashdisk maupun hard disk external bisa langsung dihapus dengan sistem operasinya. Pins tidak perlu repot menginstal antivirus tambahan.

Design

keunggulan macbook
Unsplash

Salah satu nilai plus yang membuat Macbook memiliki banyak penggemar setia adalah desain laptopnya yang elegan. Berkat warna silver-nya yang anti gores yang menjadi penarik perhatiannya. Selain itu, bentuknya yang ramping serta bobotnya yang tak terlalu besar membuat users-nya jadi terasa lebih nyaman untuk membawanya bepergian.

Baca juga: 18 Merk Laptop Terbaik untuk Kerja, Multimedia & Gaming

Kualitas Hardware

Aspek laptop yang bisa dirasakan perbedaannya dengan laptop Windows adalah hardware. Misalnya saja laptop dan trackpad-nya. Keyboard-nya memiliki bentuk yang tidak terlalu tebal dan nyaman untuk dibuat mengetik. Selain itu, trackpad-nya juga lebih responsif dan bisa diatur untuk gestur jari yang mudah diingat dan dioperasikan. Kelebihan Macbook Pro, Air, dan base model ini bisa menjadi bukti jika hardware yang dipasang memang memiliki kualitas bagus.

User Friendly

Bagi yang baru beralih dari Windows ke Macbook, akan ada perubahan signifikan yang dirasakan dalam penggunaannya. Jika di Windows kamu banyak memakai tombol Ctrl atau Control, di macbook Pins dituntut untuk mengandalkan tombol Command di mana dari segi posisi juga akan berbeda. Pengaturan gesture di trackpad-nya juga akan berbeda.

Tapi jika kamu sudah bisa beradaptasi dan menguasai kontrol ini, pemakaian Macbook akan lebih mudah. Jika dirasakan, sistem operasinya juga tidak kalah user friendly. Silakan coba sendiri bedanya.

Resolusi Layar

Perbedaan yang membuat Macbook lebih unggul terletak pada resolusi layar yang lebih tajam dan jernih. Akan terasa perbedaannya setelah menatap layar laptop Windows dan beralih ke layar Macbook. Meskipun sama-sama memiliki ukuran 11 inci maupun 14 inci, mata akan lebih dimanjakan dengan Macbook.

Bisa Mengoperasikan OS Windows

Bila ingin mengoperasikan sistem operasi Windows di Macbook, kamu bisa memanfaatkan sistem bawaan  yang diberi nama bootcamp. Bagi yang pekerjaan sehari-harinya membutuhkan kemudahan untuk memakai dua sistem ini dalam waktu bersamaan, Pins dapat memanfaatkan fitur canggih ini tanpa perlu khawatir performanya lemot.

Baca juga: 20 Aplikasi Kamera Laptop untuk Foto & Video Webcam yang Bagus

Kekurangan Macbook Dibanding Laptop Lain

kekurangan macbook dibanding laptop lain
Unsplash

Terlepas dari berbagai kelebihan di atas, ada juga beberapa kelemahan Macbook yang membuat calon penggunanya jadi mundur teratur. Secara garis besar adalah terkesan eksklusif serta harga yang dibanderol lebih mahal.

Biaya Maintenance Mahal

Paralel dengan kelebihan dan kekurangan Macbook di atas, ada hal yang harus disiapkan yakni biaya. Selain harga belinya yang terbilang lebih mahal dibanding laptop Windows lainnya, Pins juga harus menyediakan budget lebih untuk untuk biaya perbaikan atau maintenance. Spare part-nya juga tidak bisa disamakan dan di-hybrid dengan merek lain seperti Windows.

Service Center Langka

kelemahan macbook
Unsplash

Jika dibandingkan dengan laptop Windows biasa, untuk service Macbook juga tidak bisa di sembarang tempat. Kamu harus membawanya ke service center yang terpercaya dan sayangnya tidak bisa ditemukan dengan mudah di sudut kota tertentu. Maka dari itu, Pins juga perlu melakukan survei untuk mencari tempat servis yang berkualitas dan terbukti aman.

Baca Juga: 12 Cara Screenshot di Laptop Windows & Mac OS

Aksesoris Mahal

Selain harga beli, biaya, dan tempat service yang mahal, kekurangan dari Macbook juga ada pada harga aksesorisnya yang mahal dan cukup langka untuk series tertentu. Tidak menutup kemungkinan kamu harus menunggu dan inden barang terlebih dahulu.

Cepat Panas

Untuk aktivitas mengoperasikan program yang berat seperti editing visual dan video, Macbook juga bisa panas suhunya. Supaya performa tetap stabil, disarankan untuk meng-upgrade software maupun menambah hardware seperti fan di mana itu sama saja dengan menambah biaya.

Minim Pilihan Software

Dibandingkan dengan Windows, pilihan software di Macbook sangat terbatas dan dituntut untuk memakai yang asli. Manfaatkan untuk berkonsultasi dengan tempatmu membeli Macbook untuk yang berkaitan dengan install software hingga upgrade iOS terbaru supaya tidak salah langkah.

Dari berbagai kelebihan dan kekurangan Macbook di atas, kamu bisa menentukan untuk beralih ke laptop Apple ini atau tetap bertahan dengan Windows. Hal yang perlu disiapkan sebelum mantap memakai Macbook adalah persiapan budget yang lebih besar dari sebelumnya ya, Pins.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download