BlogPemilik PropertiDesain HunianIni dia, Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Desain Rumah!
0
0

Ini dia, Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Desain Rumah!

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mar 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
desain rumahtop-right-banner

Desain rumah – Tak seperti yang ada di benak kepala, kebutuhan akan desain rumah terpampang dalam pikiran dan mesti dipersiapkan untuk membuat rumah yang sesuai dengan yang diimpikan.

Pengetahuan terhadap beberapa aspek penting dalam mendesain rumah akan membantu para calon pemilik rumah untuk menjalankan proyek tersebut dengan mudah.

Lalu, apa sajakah yang mesti diketahui dan dipersiapkan demi kelancaran proyek pembangunan rumah impian? Benarkah hal tersebut sangat rumit untuk dilakukan?

Jawabannya ada pada diri Pins sendiri. Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk sementara dan singkap apa saja yang bisa Pins peroleh dari artikel ini.

Baca juga: Lagi Cari Rumah Impian? Pelajari Cara Memilih Properti ini!

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Desain Rumah

desain rumah

1. Perencanaan Desain Rumah

Harus ada planning atau perencanaan yang tepat sebelum kita melakukan langkah lebih lanjut. Mulai dari persiapan lahan, bahan bangunan hingga denah rumah yang kamu impikan harus dipersiapkan dengan jelas.  

Jika ada yang masih abu-abu, kamu akan merasa kerepotan sendiri di kala proyek pembangunan sedang berlangsung. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah mengambil langkah yang bijak dengan membuat perencanaan-perencanaan yang detail.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan perusahaan jasa desain rumah dimana secara otomatis tak perlu kesulitan lagi untuk membuat denah rumah.

Kamu pun bisa segera memilih berbagai macam desain rumah yang diinginkan. Cukup menghemat waktu bukan? Selain itu, tinggal memberikan keterangan tambahan sedikit pada tukang bangunan, semua akan berjalan dengan lancar.

Baca juga: 5 Alasan Menggunakan Jasa Desain Rumah Profesional

2. Terjun ke Lapangan

Tak perlu banyak teori, terjun ke lapangan secara langsung bisa membuka matamu akan kondisi lahan yang akan dibangun, pekerja bangunan sudah siap untuk membuat pondasi rumah.

3. Persiapan Kayu Untuk Frame

Seperti yang kita ketahui, kayu tidak hanya digunakan sebagai bahan korek api atau bahan baku pembuatan keras. Kayu juga adalah bahan baku rumah. Hampir segala aspek yang dibutuhkan untuk membangun rumah berasal dari kayu seperti jendela, pintu, dan kerangka desain rumah.

Baca juga: 10 Inspirasi Desain Rumah Kayu Modern Minimalis

4. Pemasangan HVAC

HVAC, pipa dan listrik adalah kebutuhan vital dalam rumah. Tak heran jika hal ini tidak bisa diremehkan eksistensinya. Pilih kualitas yang terbaik dan tentunya sesuai dengan budgetmu. Semua elemen tersebut mesti dipasang agar proyek pembangunan ini bisa segera diselesaikan.

5. Pemasangan Atap

Meskipun bangunan secara kasar sudah jadi, tidak berarti berhenti di tengah jalan. Yang mesti dilakukan adalah pemasangan atap sesuai desain yang diinginkan.

Baca juga: Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan

6. Pemasangan Insulasi

Setelah atap rumah jadi, hal penting yang mesti dilakukan adalah pemasangan insulasi. Setelah itu beranjak pada penyelesaian struktur tembok rumah agar siap untuk dicat dan dipercantik

7. Finishing Touch

Istilah ini dikenal untuk memberi polesan cantik pada rumah sehingga terkesan jauh lebih indah dan menarik dari sebelumnya. Aspek ini meliputi upaya mempercantik lantai, HVAC, pengecatan dan lain-lain.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam desain rumah. Aspek-aspek tersebut memang perkara vital yang harus diperhatikan dalam pembuatan mendesain rumah. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk meninjau ulang hal-hal yang mesti dipersiapkan.

Demikianlah ulasan tentang tips mendesain rumah kali ini, semoga dapat mempermudah dah melancarkan pembangunan rumah impianmu!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download