Pinhome

Tips Properti

Apa Saja yang Mesti Diperhatikan dalam Desain Rumah?

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Tak seperti yang ada di benak kepala, kebutuhan akan desain rumah terpampang dalam pikiran dan mesti dipersiapkan untuk membuat rumah yang sesuai dengan yang diimpikan. Pengetahuan terhadap beberapa aspek penting dalam desain rumah akan membantu para calon pemilik rumah untuk menjalankan proyek tersebut dengan mudah.

Lalu, apa sajakah yang mesti diketahui dan dipersiapkan demi kelancaran proyek pembangunan rumah impian? Benarkah hal tersebut sangat rumit untuk dilakukan? Jawabannya ada pada diri anda sendiri.  Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk sementara dan singkap apa saja yang bisa anda peroleh dari artikel ini.

download desain rumah gratis

1. Planning/perencanaan desain rumah

Harus ada planning atau perencanaan yang tepat sebelum kita melakukan langkah lebih lanjut. Mulai dari persiapan lahan, bahan bangunan hingga denah rumah yang anda impikan mesti dipersiapkan dengan jelas.  Jika ada yang masih abu-abu, anda akan merasa kerepotan sendiri di kala proyek pembangunan sedang berlangsung. Oleh sebab itu, pastikan anda sudah mengambil langkah yang bijak dengan membuat perencanaan-perencanaan yang detail.

Atau, anda juga bisa menggunakan perusahaan jasa desain rumah dimana secara otomatis tak perlu kesulitan lagi untuk membuat denah rumah. Anda pun bisa segera memilih berbagai macam desain rumah yang diinginkan. Cukup menghemat waktu bukan? Selain itu, tinggal memberikan keterangan tambahan sedikit pada tukang bangunan, semua akan berjalan dengan lancar.

2. Terjun ke lapangan

Tak perlu banyak teori, terjun ke lapangan secara langsung bisa membuka mata anda akan kondisi lahan yang akan dibangun, pekerja bangunan sudah siap untuk membuat pondasi rumah.

3. Persiapan Kayu untuk Frame

Siapa yang kita ketahui, kayu tidak hanya digunakan sebagai bahan korek api atau bahan baku pembuatan keras. Kayu juga adalah bahan baku rumah. Hampir segala aspek yang dibutuhkan untuk membangun rumah berasal dari kayu seperti jendela, pintu, dan kerangka desain rumah.

4. Pemasangan HVAC, pipa, listrik dan beberapa peralatan lain

HVAC, pipa dan listrik adalah kebutuhan vital dalam rumah. Tak heran jika hal ini tidak bisa diremehkan eksistensinya. Pilih kualitas yang terbaik dan tentunya sesuai dengan budget anda. Semua elemen tersebut mesti dipasang agar proyek pembangunan ini bisa segera diselesaikan.

5. Pemasangan Atap

Meskipun bangunan secara kasar sudah jadi, tidak berarti berhenti di tengah jalan. Yang mesti dilakukan adalah pemasangan atap sesuai desain rumah yang diinginkan.

6. Pemasangan Insulasi

Setelah atap rumah jadi, hal penting yang mesti dilakukan adalah pemasangan insulasi. Setelah itu beranjak pada penyelesaian struktur tembok rumah agar siap untuk dicat dan dipercantik

7. Finishing Touch

Istilah ini dikenal untuk memberi polesan cantik pada rumah sehingga terkesan jauh lebih indah dan menarik dari sebelumnya. Aspek ini meliputi upaya mempercantik lantai, HVAC, pengecatan dan lain-lain.

Aspek-aspek tersebut memang perkara vital yang mesti diperhatikan dalam pembuatan desain rumah. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk meninjau ulang hal-hal yang mesti dipersiapkan.

Tags :

Bagikan Artikel