Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • PDB Adalah Produk Domestik Bruto, Apa Maksudnya?

PDB Adalah Produk Domestik Bruto, Apa Maksudnya?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 22 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Produk Domestik Bruto atau PDB juga sering dikenal sebagai Gross Domestic Product atau GDP. PDB adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengetahui perkembangan ekonomi suatu negara. Data yang didapat dari pengukuran tersebut kemudian bisa dijadikan sebagai salah satu dasar ketika pemerintah membuat kebijakan.

Pinhome – Berdasarkan pengertian tersebut, bisa diketahui bahwa PDB penting untuk diketahui. Ada perhitungan tertentu yang digunakan untuk menentukan PDB. Biasanya, perhitungan tersebut dilakukan secara tahunan untuk mengetahui laju ekonomi yang terjadi di sebuah negara.

Baca Juga: Mengenal PBB Rumah Lebih Dekat Dengan Segala Aspeknya

Simak penjelasan lebih lanjut mengenai PDB, perhitungan, dan fungsinya di bawah ini!

Pengertian Produk Domestik Bruto

(Time Magazine)

Berdasarkan laman Badan Pusat Statistik (BPS), PDB adalah sebuah data yang digunakan untuk mengetahui kondisi ekonomi suatu negara dalam periode tertentu. PDB juga bisa diartikan sebagai jumlah nilai tambah yang dihasilkan unit-unit usaha dalam sebuah negara. Total nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit yang terlibat dalam ekonomi negara juga bisa menjadi pengertian dari PDB.

Secara singkat, PDB merupakan hasil perhitungan dari seluruh komponen atau unit ekonomi di sebuah negara. Hasil perhitungan tersebut kemudian sebagai dasar untuk mengetahui kondisi perekonomian dari wilayah tersebut.

Perhitungan PDB bisa dilakukan berdasarkan harga berlaku maupun harga konstan. Keduanya memiliki hasil atau tujuan yang berbeda. PDB atas harga berlaku digunakan untuk melihat perubahan dan struktur ekonomi. Sedangkan PDB atas harga konstan memiliki tujuan yang berbeda yaitu untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi tahunan dari sebuah negara.

Perhitungan PDB

(Tech In Asia Indonesia)

Baca Juga: Cara Membuat NPWP Online Untuk Kamu Kaum Rebahan

Produk DOmestik Bruto dihitung menggunakan rumus tertentu yaitu PDB = C + I + G + NX. Ada beberapa komponen yang masuk ke rumus tersebut yaitu:

  • C = Konsumsi Rumah Tangga Nasional

Konsumsi yang dimaksud di sini merupakan konsumsi barang dan jasa yang terjadi di sebuah negara. Apabila nilai ini naik, maka bisa diartikan bahwa masyarakat melakukan pembelanjaan yang lebih banyak. Sedangkan jika nilainya rendah hal ini berarti negara tersebut berada dalam kondisi yang membuat masyarakatnya enggan berbelanja.

  • I = Investasi

Investasi yang dihitung di rumus tersebut merupakan investasi domestik atau bisa juga diartikan sebagai pengeluaran dana untuk modal usaha. Hal ini berkaitan dengan banyaknya dana yang dikeluarkan guna mengembangkan bisnis dan juga memiliki implikasi terhadap tenaga kerja.

  • G = Konsumsi Negara

Konsumsi negara berbeda dengan komponen C karena yang digunakan merupakan pembelanjaan yang dilakukan pemerintah. Hal ini bisa berupa pembangunan infrastruktur, pengadaan alat operasional, atau pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara (ASN).

  • NX = Ekspor – Impor

Komponen yang terakhir yaitu ekspor dan impor yang berhubungan dengan perdagangan internasional. Nilai komponen NX diperoleh dari nilai Ekspor dikurangi nilai Impor. Perhitungan tersebut akan memperlihatkan kapabilitas sebuah negara dalam menjual produknya ke luar negeri.

Mengapa PDB Penting?

(Wikipedia)

PDB adalah perhitungan yang penting untuk sebuah negara. Ada beberapa manfaat dari perhitungan ini yaitu:

  • Mengetahui Laju Perkembangan Ekonomi

Kegunaan pertama dari PDB tentunya yaitu untuk mengetahui laju ekonomi secara nasional. Laju ekonomi biasanya diukur setiap tahun untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara.

  • Membandingkan Kemajuan Ekonomi

Setiap negara memiliki kondisi yang berbeda seperti kelebihan dan kekurangannya. Alat ukur untuk mengetahui hal tersebut yang bisa digunakan yaitu PDB. Hasil dari perhitungan tersebut bisa menunjukkan kekuatan dan kekurangan sebuah negara. Hal tersebut tentunya bisa menjadi perbandingan untuk melihat negara mana saja yang lebih unggul.

  • Menganalisis Struktur Perekonomian

Ada berbagai komponen yang digunakan ketika menghitung PDB. Melalui perhitungan yang dilakukan, bisa ditemukan berbagai sektor yang perlu diperbaiki. Hal ini akan memperlihatkan struktur perekonomian negara tersebut.

  • Landasan Kebijakan

Di dalam menentukan sebuah kebijakan negara, pemerintah membutuhkan sebuah dasar yang solid. PDB merupakan salah satu data yang diperlukan dalam proses tersebut. Berdasarkan perhitungan PDB, pemerintah bisa mendapatkan data untuk berbagai keputusan penting.

Jenis-jenis Produk Domestik Bruto

(Simulasi Kredit)

Secara umum, ada dua jenis Produk Domestik Bruto yaitu PDB Riil dan PDB Nominal. Ke dua jenis PDB ini memiliki pengertian dan kegunaan yang berbeda.

  • PDB Riil

PDB Riil dihitung dengan menggunakan harga konstan. Perhitungan ini digambarkan sebagai nilai moneter dari total penghasilan yang disesuaikan dengan perubahan harga yang terjadi. 

Jenis PDB ini akan bisa menggambarkan perkembangan ekonomi suatu negara. Hal ini terjadi karena perubahan dari satu waktu ke waktu lainnya bisa menyebabkan perubahan hasil perhitungan. Perubahaan tersebut akan menunjukkan ekonomi negara yang juga ikut naik atau turun.

  • PDB Nominal

PDB Nominal adalah alat yang digunakan untuk menggambarkan nilai ekonomi saat ini. Biasanya, PDB jenis ini digunakan ketika membandingkan ekonomi antar negara. Hal ini dikarenakan PDB Nominal memuat berbagai hal seperti kontribusi sektor dalam perhitungannya.

Saat melakukan perhitungan PDB Nominal, ada penyesuaian yang perlu dilakukan terhadap harga. Hal ini dikarenakan harga yang digunakan merupakan harga saat ini. Penyesuaian tersebut diperlukan karena harga selalu berubah mengikuti inflasi atau deflasi. Karena perubahan-perubahan tersebut, PDB ini tidak bisa digunakan untuk mengukur ekonomi negara.

PDB adalah hal yang penting untuk dihitung oleh sebuah negara. Ada berbagai hal penting yang berkaitan dengan hal ini seperti laju ekonomi negara dan kebijakan pemerintah. Kalau kamu tertarik dalam ilmu ekonomi, PDB merupakan hal yang akan sering ditemui.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel