Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Apa itu Resin? Ini Dia Penjelasan Lengkap dengan 5 Jenisnya

Hobi

Apa itu Resin? Ini Dia Penjelasan Lengkap dengan 5 Jenisnya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 7 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Saat ini, berbagai kerajinan dari bahan resin sedang digandrungi oleh masyarakat. Bermacam-macam aksesoris dan hiasan di rumah pun bisa dibuat dengan bahan resin, mulai dari gelang, cincin, gelang, hingga jam dinding. Meski begitu, belum banyak dari mereka yang mengetahui apa itu resin. 

Pinhome – Resin adalah bahan cair yang cenderung transparan, agak kental, tidak larut dalam air, serta akan mengeras. Umumnya, terdapat dua jenis resin yaitu resin alami yang berasal dari getah pohon, dan resin kimiawi yang terbuat dari campuran berbagai bahan kimia. Keduanya dapat dibentuk dan diwarnai sesuai dengan kebutuhan dan juga fungsi resin itu sendiri.

Resin telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai perekat dan salah satu bahan pembuatan patung. Di era modern, selain untuk bahan kerajinan, resin adalah cairan yang juga banyak digunakan untuk campuran dupa dan parfum, bahan utama fiberglass, dan lainnya. Nah, itu adalah sedikit penjelasan mengenai apa itu resin. Untuk mengetahui lebih lanjut jenis resin dan fungsinya, yuk kita simak penjelasan di bawah!

Baca Juga: Kerajinan dari Resin Adalah Salah Satu yang Mudah Dibuat. Ini Dia Caranya!

Resin Epoxy

apa itu resin
(Harga Web)

Resin epoxy adalah salah satu jenis resin dan fungsinya yang memberi perlindungan yang sangat tangguh. Jenis resin ini memiliki stabilitas dimensi, sifat listrik yang baik, memiliki daya tahan tinggi serta mampu melekat dengan baik pada logam dan gelas. Berkat daya tahan dan elastisitasnya yang lebih tinggi dibanding resin lain, fungsi resin epoxy kerap digunakan di bidang pertahanan sebagai salah satu bahan baku pembuatan kevlar dan kaca anti peluru. Di bidang industri, resin epoxy digunakan sebagai pelapis lantai untuk memberi kesan mengilap, serta lebih tahan benturan dan tempaan berat.

Resin epoxy juga tidak memiliki bau yang tajam, sehingga lebih aman digunakan di dalam ruangan. Epoxy adalah resin yang juga sering digunakan untuk pelapis barang-barang di rumah, seperti pelapis untuk meja makan dan meja kayu. Fungsi resin epoxy lainnya adalah sebagai bahan baku pembuatan kerajinan dan aksesoris, antara lain batu cincin tiruan, gantungan kunci, dan mata kalung. 

Resin Vinyl Ester

apa itu resin
(Eternal Group)

Reaksi antara resin epoxy dan asam monokarboksilat tak jenuh menghasilkan resin vinyl ester. Jenis resin satu ini adalah khusus dikembangkan untuk pengaplikasian tingkat tinggi yang tahan terhadap bahan kimia. Resin vinyl ester memiliki tingkat toleransi terhadap peregangan yang cukup baik, sehingga membuatnya lebih tahan menyerap benturan tanpa kerusakan.

Umumnya, resin vinyl ester digunakan sebagai bahan suku cadang kendaraan, serta penguat jembatan. Bahkan, karena daya tahan dan kekuatannya yang superior, resin ini sering diaplikasikan di industri militer dan kedirgantaraan.

Resin Polyester

apa itu resin
(Thomas Net)

Resin polyester dibentuk dari reaksi antara poliol dengan asam dibasa. Di zaman dahulu, resin ini sangat populer di bidang perkapalan, namun seiring dengan kemunculan resin epoxy, resin polyester perlahan-lahan ditinggalkan. Jenis ini banyak dipasarkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia, dengan berbagai warna yang akan terlihat sedikit transparan bila diaplikasikan pada lapisan yang cukup tipis. 

Resin polyester diperkirakan penggunaannya mencapai 70 persen dari seluruh jenis resin yang ada di dunia. Sifatnya akan mudah retak atau terkelupas bila digunakan untuk lapisan tipis, oleh karena itu diperlukan campuran dengan mineral lain dan serat kaca agar lebih kuat. Resin polyester biasanya digunakan untuk pembuatan fiberglass seperti fairing motor, kontainer penampung air, hingga pembuatan kapal. Jenis resin ini memiliki ketahanan dengan jangka waktu lebih dari 15 tahun.

Resin Upcast

(Youtube)

Resin upcast adalah satu jenis resin dan fungsinya untuk melapisi permukaan yang tipis seperti perahu atau bangku taman. Resin upcast termasuk jenis resin yang paling sering ditemui di pasaran. Jenis resin ini memiliki warna yang transparan, namun bila digunakan untuk membuat benda yang cukup tebal maka warnanya akan berubah menjadi agak buram. Resin upcast memiliki kelemahan yaitu tidak tahan sinar matahari, karena warnanya akan menguning. Sebelum diaplikasikan, pada perahu atau bangku taman, resin ini terlebih dahulu harus dicampur dengan zat warna.

Resin Akrilik

(Indonesian Resin)

Resin akrilik juga sering dikenal sebagai termoplastis. Resin ini dibuat dari bahan non-metalik sehingga harganya relatif lebih murah. Sekitar tahun 1940, jenis resin ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan gigi palsu. Sifat-sifat resin akrilik telah terbukti sesuai dengan aplikasi untuk kedokteran gigi, dan juga pembuatan basis gigi palsu tergolong lebih mudah bila menggunakan resin akrilik sehingga menjadi salah satu keuntungan.

Saat ini, resin akrilik digunakan untuk membuat wadah, lapisan pelindung, dan sebagainya. Namun, proses pencampuran jenis resin ini cukup sulit, karena menggunakan metode tekanan hidrolik dengan alat khusus yang membutuhkan tenaga profesional.

Nah, Pins kini sudah tahu kan apa itu resin, berbagai jenis resin dan fungsinya? Jenis-jenis resin ini sangat mudah didapatkan, baik di toko kimia terdekat maupun di toko-toko online. Semua resin dapat digunakan untuk menjadi bahan pelapis, namun, Pins juga bisa menggunakannya untuk hal lain seperti membuat kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi. Semoga penjelasan di atas memudahkan kamu untuk memahami fungsi resin, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Pernis dan Cara Menggunakannya


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel