BlogLifestyleEdukasiKerajinan dari Resin Adalah Salah Satu yang Mudah Dibuat. Ini Dia Caranya!
0
0

Kerajinan dari Resin Adalah Salah Satu yang Mudah Dibuat. Ini Dia Caranya!

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
resin adalahtop-right-banner

Kali ini, Pinhome akan membocorkan salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa membuat waktu kamu di rumah menjadi lebih asik, yaitu membuat kerajinan dari resin. Resin adalah suatu bahan yang bisa membantu kamu membuat berbagai macam kerajinan menarik. Mungkin banyak dari kamu yang telah mengenal apa itu resin dan bagaimana rupa kerajinan yang dihasilkan dari bahan yang satu ini. 

Pinhome – Di masa pandemi COVID-19 seperti saat ini memaksa kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Tentu tidak sedikit dari Pins yang mudah merasa bosan dengan kegiatan rutin yang dijalani setiap hari semenjak pandemi. Ya, hal ini tentu dirasakan oleh banyak orang karena semakin sedikitnya waktu untuk berinteraksi dengan orang lain dan bepergian ke luar rumah. Umumnya efek yang paling sering dirasakan adalah mudah menjadi stres. Bagi Pins yang penasaran, yuk simak apa itu resin dan cara membuat kerajinan resin lewat ulasan di bawah ini!

Mengenal Apa Itu Resin?

(Pinterest)

Resin adalah eksudat (getah) yang dikeluarkan oleh beberapa jenis tumbuhan, terutama pada jenis-jenis pohon konifer. Resin yang berasal dari pohon-pohonan ini disebut juga dengan resin alami. Selain resin alami, terdapat resin yang terbuat dari bahan-bahan kimia. Biasanya resin ini diproduksi oleh pabrik dalam skala besar untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan konsumen.

Resin biasanya digunakan sebagai campuran bahan dalam pembuatan fiberglass. Resin memiliki warna bening ataupun keruh. Bahan resin ini berbentuk cair, namun jika sudah diolah bisa mengeras dan menghasilkan berbagai kerajinan yang unik dan menarik lho

Baca juga: 10 Kerajinan Tangan yang Mudah Dibuat

Cara Membuat Kerajinan dari Resin

(Pinterest)

Kerajinan resin memang telah lama ditemukan. Bahkan kerajinan resin ini telah lama diperjual-belikan dan bisa menghasilkan untung. Bagaimana tidak? Resin adalah salah satu bahan yang bisa membuat suatu kerajinan yang cantik dan menarik. 

Tanpa membuang waktu lebih lama, berikut cara membuat kerajinan dari resin yang bisa kamu contoh untuk mengisi kegiatan di rumah.

Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam pembuatan kerajinan dari bahan resin adalah menyiapkan alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang akan kamu butuhkan, yaitu:

  • Epoxy resin
  • Katalis (Epoxy hardener)
  • Cetakan yang terbuat dari silikon sesuai kerajinan yang akan dibuat
  • Mangkok
  • Gelas ukur
  • Sarung tangan

Campurkan Bahan Resin

Jika alat dan bahan sudah siap, sebelum mencampurkan seluruh bahan, sebaiknya Pins menggunakan sarung tangan guna menghindari cipratan resin. Berikut langkah-langkah pembuatan kerajinan resin, antara lain:

  • Tuangkan resin dan katalis ke dalam mangkok dengan perbandingan 10:1. 
  • Kemudian aduk bahan menjadi satu hingga larutan resin dan katalis agak mengeras dan tunggu hingga gelembung pada resin berkurang. 
  • Setelah itu tuangkan bahan campuran resin dengan katalis ke dalam cetakan silikon yang telah kamu siapkan.
  • Jika kamu menginginkan tambahan campuran lain guna memberikan motif pada kerajinan, maka masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam cetakan resin.
  • Diamkan resin hingga mengering sempurna, kurang lebih selama 24 jam.

Pada bahan campuran tambahan, kamu bisa menggunakan berbagai macam benda lho! Pins bisa menggunakan bunga kering, manik-manik, glitter, cat warna dan masih banyak lagi. Benda-benda tersebut ditambahkan guna menambahkan estetika pada kerajinan yang kamu buat, sehingga kerajinan dibuat dengan tampilan yang lebih menarik.

Kerajinan dari resin memang dapat dibuat sebanyak mungkin sesuai kreativitas kamu. Tidak heran kerajinan resin adalah salah satu kerajinan yang sangat berkembang akhir-akhir ini. Terdapat berbagai contoh kerajinan dari resin yang bisa kamu tiru untuk dibuat sendiri di rumah, ini dia daftarnya.

Liontin

(Pinterest)

Liontin bunga merupakan salah satu kerajinan resin yang cukup populer akhir-akhir ini. Pins bisa  menggunakan berbagai macam bunga untuk dicampurkan dengan resin. Namun perlu diingat bahwa sebaiknya kamu menggunakan bunga kering atau bunga yang telah di press untuk agar tidak merusak warna bunga saat dicampurkan dengan resin. Jika akan digunakan, maka pastikan bahwa kalung yang akan kamu gunakan tidak akan menimbulkan alergi ya!

Cincin

(Pinterest)

Perhiasan yang satu ini juga masuk ke dalam kerajinan resin yang sangat populer. Saat ini telah banyak berbagai macam cincin resin yang dibuat seunik dan secantik mungkin. Mulai dari cincin resin dengan dried flowers, glitter, hingga penggunaan cat warna-warni untuk membuat cincin menjadi semakin artsy.

Case Handphone

(Pinterest)

Pembuatan case handphone menggunakan resin memang tidak terlalu mudah untuk dibuat. Namun kamu dapat mencobanya untuk memiliki tempat ponsel yang super keren. Pins bisa menggunakan dried flower, glitter ataupun manik-manik untuk membuat tampilan case kamu menjadi super keren. Hal ini hanya disesuaikan dengan selera Pins saja. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan lain yang ada di rumah jika tersedia.

Itulah informasi mengenai apa itu resin, cara pembuatan kerajinan dari resin dan macam-macam kerajinan resin yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Kerajinan resin adalah salah satu kerajinan yang mudah dibuat, jadi pastikan kamu membuatnya semenarik mungkin. Semoga ulasan di atas dapat membantu kamu mengisi waktu di rumah dengan lebih menyenangkan ya!

Baca juga: Contoh Kerajinan Bahan Keras Buatan dan Alami


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Ruma Prana di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download