Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Bagaimanakah Teknik Dasar Menggambar Benda Tiga Dimensi?

Hobi

Bagaimanakah Teknik Dasar Menggambar Benda Tiga Dimensi?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 14 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Menggambar benda tiga dimensi dapat dilakukan bila anda memiliki teknik dasar yang tepat untuk menghasilkan gambar yang mirip dengan aslinya. Semakin mirip dengan gambar aslinya, gambar tiga dimensi tersebut dapat dikatakan berhasil. Bagaimanakah teknik dasarnya? Simak yuk penjelasanya di bawah ini!

Pinhome – Menggambar sebuah bentuk menjadi salah satu bagian dari peniruan suatu objek pada sebuah bidang datar yang dibuat dengan kemiripan yang sesuai. Semakin sempurna bentuk yang dibuat, dapat dilihat dari tingkat kemiripannya dengan gambar aslinya. Seperti halnya menggambar benda tiga dimensi.

(unsplash.com)

Teknik menggambar tiga dimensi adalah salah satu teknik karya seni yang tidak dibatasi hanya dari penggambaran panjang dan lebar suatu bentuk. Kedalaman atau karya seni yang dapat terlihat sebuah ruang dalam gambar menjadi salah satu ciri khas dari gambar tiga dimensi.

Baca Juga: Inspirasi Dalam Membuat Model Rumah Sederhana Tapi Indah

Pada kesempatan kali ini, Pinhome akan mengajak anda untuk mempelajari bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi agar menghasilkan gambar nyata yang menarik. Terlampir penjelasannya ya Pins!

Jenis Gambar Bentuk Tiga Dimensi Beserta Teknik Dasarnya

Jenis gambar tiga dimensi itu sendiri terbagi atas tiga bentuk ruang yang disesuaikan, yaitu benda bebas, benda silindris dan benda kubistis. Benda bebas diartikan sebagai bentuk gambar dengan bentuk yang tidak dapat dipresentasikan. Contohnya adalah gambar batu-batuan ataupun benda alam lainnya. 

Benda silindris merupakan benda-benda yang menyerupai bentuk silinder ataupun elips seperti mangkok, teko, botol dan lain-lain. Sedangkan untuk benda kubistis adalah benda yang bentuknya menyerupai sebuah bangunan berbentuk kotak layaknya sebuah kursi, meja, lemari, maupun barang lainnya seperti kubus. Setelah Pins mengetahui jenisnya, sekarang bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi?

Teknik Dasar Menggambar Benda Tiga Dimensi

bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi
(bussinesinsider.com)

Ketika menggambar benda tiga dimensi, Pins harus mengetahui bahwa gambar tersebut menghasilkan bentuk ruang yang dalamnya dapat terisi atau memiliki volume. Terlihat nyata layaknya melihat gambar hidup. 

Baca Juga: Gambar Rumah: Ide Dasar Bangun Rumah

Bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi ini? Dalam kelas seni rupa, teknik dasar menggambar benda tiga dimensi terdiri dari 5 teknik, yaitu:

  • Teknik Arsir

Teknik arsir itu sendiri dapat diartikan sebagai teknik menggambar dengan menggunakan metode arsir untuk menemukan gelap terang suatu objek gambar dengan garis sejajar atau menyilang.

  • Teknik Gosok (dussel)

Penentuan gelap dan terang suatu benda juga dapat dilakukan dengan teknik gosok atau dussel. Teknik ini menggunakan media pensil dalam menggambar dengan cara dimiringkan atau rebah untuk digores pada bidang datar. Teknik gosok juga bisa untuk menggambar benda tiga dimensi.

  • Teknik Sapuan Basah (aquarell)

Dalam menggambar benda tiga dimensi, teknik sapuan basah atau menggunakan media cat air dalam menggambarnya dapat menjadi salah satu teknik yang dapat membuat bentuk terlihat lebih nyata. Hasil akhir akan terlihat tembus pandang dan transparan.

  • Teknik Pointilis 

Selanjutnya ada teknik pointilis. Teknik ini menggunakan pensil atau pena dalam menggambar dengan menggunakan titik-titik. Dari kejauhan gambar akan terlihat nyata dengan gradasi warna indah tetapi bila dari dekat gambar tersebut hanya terdiri dari ribuan titik. Menarik bukan?

  • Teknik Blok (siluet)

Teknik dasar menggambar benda tiga dimensi dapat juga menggunakan teknik blok/siluet. Teknik satu ini menutup satu gambar bentuk dengan satu warna agar terlihat bentuk siluetnya.

Langkah-Langkah Sederhana Menggambar Benda Tiga Dimensi Bagi Pemula

Nah, sekarang saatnya untuk mencoba dalam kertas, teknik-teknik menggambar benda tiga dimensi yang telah disebutkan di atas. Langkah-langkah sederhana di bawah ini, semoga dapat membantu Pins yang ingin mencoba sebagai pemula membuat karya tiga dimensi. Kali ini Pinhome akan mengajak Pins menggambar tangga 3D.

(youtube.com/simpledrawingtutorial)

Pertama Pins dapat membuat garis tepi dengan ukuran persegi panjang menggunakan spidol atau pena hitam.

(youtube.com/simpledrawingtutorial)

Selanjutnya, buat garis dengan pensil dalam dengan ukuran persegi sama sisi dengan sentimeter yang sama besar di dalam garis tepi yang sebelumnya telah dibuat.

(youtube.com/simpledrawingtutorial)

Buat garis kembali menggunakan spidol di bagian dalam untuk membuat tepi garis bentuk tangga.

(youtube.com/simpledrawingtutorial)

Bila garis sudah terhubung satu dengan yang lainnya, dan sudah ditebalkan menggunakan spidol. Pins akan melihat bentuk tangga sederhana.

(youtube.com/simpledrawingtutorial)

Selanjutnya anda hanya tinggal menghapus goresan pensil yang telah anda buat di awal.

bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi
(youtube.com/simpledrawingtutorial)

Teknik menggambar siluet yang telah Pins ketahui, bisa Pins aplikasikan untuk menggambar benda tiga dimensi di atas seperti mengisi ruang pada tangga dengan cara mewarnai dengan satu warna.

bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi
(youtube.com/simpledrawingtutorial)

Bagaimanakah teknik dasar pengarsiran benda? Pins bisa lihat seperti gambar di atas. Menggunakan metode arsir pada gambar akan menambah ketajaman pada sisi tangga.

bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi
(youtube.com/simpledrawingtutorial)

Setelah diarsir, teknik dasar menggambar benda tiga dimensi dussel/gosok dapat Pins aplikasikan pada bagian yang telah Pins arsir. Hasil pinggiran pijakan tangga akan semakin terlihat perbedaannya. 

bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi
(youtube.com/simpledrawingtutorial)

Nah, cukup mudah bukan Pins? Kini karya tangga 3D buatan Pins sudah dapat dipajang di kamar. Gambar tersebut bisa Pins bingkai dan dijadikan salah satu dekorasi menarik di dalam kamar. 

Itulah rangkaian informasi mengenai bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi. Semoga dapat mempermudah Pins dalam menggambar ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel