BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Ide Desain Rumah 1 Kamar Unik
0
0

7 Ide Desain Rumah 1 Kamar Unik

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Mei 11, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagi pasangan baru menikah yang ingin memiliki rumah pertama mereka, desain rumah 1 kamar unik adalah rekomendasi terbaik. Model rumah ini bahkan dapat menjadi pilihan terbaik untuk tempat tinggal bagi mereka yang lajang. Rumah dengan satu kamar tidur cukup nyaman untuk satu atau dua orang, meskipun tidak terlalu besar. Rumah minimalis satu kamar juga biasanya dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Jika tertarik untuk memiliki rumah satu, berikut beberapa inspirasi desainnya pada artikel ini.

Kamu yang ingin tinggal di rumah eksklusif Pinhome seperti Pesona Ciputih atau rumah second di Bogor lainnya bisa mencari informasi sebagai referensi untuk membeli rumah.  Sementara kamu yang sedang jual rumah juga bisa lewat Pinhome. Yuk cari tahu lebih lanjut.

Baca juga: 

Inspirasi Desain Rumah dengan 1 Kamar Unik

Berikut adalah desain rumah yang memiliki satu kamar saja:

1. Desain Rumah 1 Kamar Tidur dengan Mezzanine

Source : Home Shabby

Mezzanine telah berkembang menjadi konsep yang menarik untuk diterapkan pada rumah minimalis kontemporer. Mezanine, juga disebut mezzanine, adalah lantai tambahan di rumah. Lantai mezanin dianggap sebagai solusi untuk menambah ruang, khususnya dalam rumah minimalis satu kamar.

Mezanin idealnya dibangun 4 hingga 5 meter dari permukaan lantai. Dengan jarak minimal 440 cm dari plafon rumah. Catalia Residensi 3 adalah pilihan lain untuk rumah dengan lantai tambahan.

2. Desain Rumah 1 Kamar Sederhana

Source : Behance

Saat memilih hunian mungil yang elegan dan fungsional, desain rumah satu kamar sederhana seperti di atas dapat menjadi inspirasi. Ide ini menggabungkan ruang tengah atau ruang tamu dengan dapur dan ruang makan. Namun, ruangan yang tersisa dapat digunakan sebagai walk-in closet atau ruang kerja di rumah. Kamar tidur dapat ditempatkan di area yang lebih besar. 

3. Desain Rumah 1 Kamar Sederhana Open Space

Source : Pin IMG

Seperti yang diketahui, denah rumah open space sangat populer di kalangan rumah minimalis kontemporer. Konsep ini mungkin membuat rumah tampak lebih lapang. Ide ini sangat cocok untuk desain rumah yang berbentuk memanjang ke samping. Dapat dilihat contoh sederhananya di desain rumah 1 kamar unik, yang memberikan lebih banyak ruang terbuka di bagian tengah rumah.

4. Denah Rumah 1 Kamar Konsep Rumah Tumbuh

Source : Room Sketcher

Bagi pasangan muda yang baru membangun biduk rumah tangga, desain rumah satu kamar dengan konsep rumah tumbuh dianggap pilihan terbaik. Tempat tidur tambahan diperlukan, terutama ketika ada anak sebagai anggota keluarga. Karena itu, memilih rumah satu kamar dengan konsep rumah tumbuh adalah pilihan yang baik. Karena rumah tumbuh dirancang untuk dibangun secara bertahap, tidak perlu membayar banyak untuk renovasi.

5. Denah Rumah 1 Kamar Tanpa Sekat Permanen

Source : Prospect Portal

Selama proses tata ruang rumah minimalis, sangat penting untuk mengurangi penggunaan sekat permanen. Karena itu, menggunakan sekat permanen akan membuat rumah terlihat lebih kecil. Solusinya adalah menggunakan lemari sebagai sekat sementara. Ini mirip dengan desain kamar kecil dengan sekat ruang tamu kecil di atasnya.

6. Desain Rumah 1 Kamar Ala Jepang

Source : Carla Architect

Di Indonesia, desain rumah Jepang semakin populer. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk melihat interior rumah salah satu kamar ini. Salah satu cara untuk menerapkan ide ini adalah dengan menggunakan kayu sebagai bahan utama pada furniture atau lantai vinyl. 

7. Denah Rumah 1 Kamar Modern Minimalis

Source : Behance

Mengubah konsep rumah 1 kamar unik modern minimalis juga bisa dilakukan. Desainnya membuat tampilan hunian tampak fungsional dan elegan, apalagi dalam ruangan berbentuk oktagon. Sebagai sumber inspirasi, berikut adalah beberapa contoh desain rumah satu kamar. Ada juga walk in closet yang bisa kamu pakai untuk sebagai lemari dan juga merias diri.

Tips Memilih Desain Kamar Tidur Minimalis yang Oke

  1. Pemilihan Palet Warna Netral: Pilih palet warna netral seperti putih, abu-abu, atau beige untuk memberikan kesan tenang dan bersih pada kamar tidur minimalis.
  2. Furniture Fungsional: Pilih furniture yang fungsional dan simpel. Hindari kelebihan dekorasi dan pastikan setiap furnitur memiliki tujuan tertentu.
  3. Pencahayaan yang Cukup: Pertimbangkan pencahayaan alami dan buatan. Jendela besar atau lampu dengan desain minimalis dapat meningkatkan suasana kamar.

Tips Perawatan Rutin Kamar Tidur Minimalis

Terakhir, ingatlah bahwa kamar tidur minimalis tetap memerlukan perawatan rutin. Pastikan untuk menjaga kamar tetap rapi dan terorganisir, karena satu-satunya desain kamar dapat berfungsi dengan baik jika ruangan tetap dalam kondisi terawat.

  1. Jaga Kebersihan Rutin: Lakukan pembersihan rutin untuk menghindari debu dan menjaga kamar tetap bersih. Fokus pada elemen minimalis untuk tampilan yang rapi.
  2. Organisasi Teratur: Susun dan atur barang-barang dengan rapi. Gunakan penyimpanan tersembunyi atau furnitur multifungsi untuk mengoptimalkan ruang.
  3. Minimalis dalam Dekorasi: Pertahankan jumlah dekorasi minimal. Pilih elemen dekoratif yang benar-benar memberikan nilai tambah pada desain kamar tidur.

Itulah dia desain hunian dengan satu kamar yang bisa Kamu contek ya Pins! Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Paradise Serpong City 2 dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download