Ruang Edukasi Agen

Wawasan Properti

Yuk Kenali dan Pahami Apa itu KPR!

Ditulis oleh Rizko Fatra ∙ 29 June 2021 ∙ 4 menit membaca

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah merupakan cara membeli properti dengan meminjam uang ke bank. Di dalam KPR sendiri akan terdiri dari uang muka yang wajib dibayarkan sebelum bank memberikan pendanaan. Selain itu ada juga dokumen-dokumen penting yang melengkapi proses peminjaman dan juga biaya administrasi lain. Di benak Anda mungkin muncul pertanyaan apa itu KPR dan apa keuntungan KPR? Kita akan membahas hal tersebut bersama di sini.

Pinhome – Pada dasarnya KPR dibagi menjadi dua jenis yaitu KPR konvensional dan syariah. Perbedaan paling mendasar adalah sistem pembelian rumah yang dilakukan oleh bank. Pada KPR konvensional sistemnya adalah bank memberikan pinjaman beserta bunga kepada nasabah. Sementara itu, pada sistem KPR syariah, bank akan membeli rumah terlebih dahulu dari developer, lalu dijual ke nasabah dengan penambahan margin.

Baca Juga: Bagaimana Cara Ajukan KPR Dan KTA Online Di Pinhome?

Anda sebagai agen properti penting sekali untuk mengetahui penjelasan mengenai KPR dan kedua jenis KPR. Hal ini berguna untuk membantu Anda menjual rumah ke klien, dengan begitu Anda akan lebih lancar menjabarkan cara mengajukan pendanaan ini. Informasi selengkapnya mengenai apa itu KPR konvensional dan syariah, mari kita cari tahu selengkapnya di sini.

Macam-macam KPR yang perlu Klien Anda ketahui

(ThinkTax)

Baca Juga: Mau Viral Dan Dapat Banyak Klien Di Bisnis Properti? Simak Cara Jualan Di TikTok Berikut!

Seperti yang sudah kita ulas di atas, ada dua jenis KPR yang perlu klien Anda ketahui. Yaitu KPR konvensional dan Syariah. Kedua KPR ini ternyata memiliki ciri yang berbeda, lho. Yuk cek pembahasannya berikut,

KPR Konvensional

  • Memiliki bunga floating artinya bunga akan naik setelah waktu yang ditentukan (pada umumnya bunga akan naik setelah tahun ke-3).
  • Klien Anda dapat melunasi KPR setelah tahun ke-5 dan ini tergantung dari kebijakan bank.
  • Ada denda yang diberikan oleh pihak bank apabila terjadi telat bayar cicilan.
  • KPR Konvensional memberikan tenor yang panjang hingga 25 tahun.

KPR Syariah

  • Di KPR syariah tidak ada sistem bunga yang floating. Pada umumnya bersifat flat, artinya klien Anda akan membayar cicilan dalam jumlah yang sama dalam periode installment.
  • Sebagian besar KPR syariah tidak memberikan fasilitas atau kemudahan untuk melunasi pinjaman secara langsung setelah tahun ke-5. Anda bisa menanyakan hal ini ke bank terkait bila perlu.
  • Tidak ada denda jika Anda mengalami telat bayar cicilan.
  • KPR syariah memberikan tenor yang lebih pendek dari KPR konvensional yaitu hanya 15 tahun.

Keuntungan dari pembiayaan melalui KPR

apa itu kpr
(Galih Wicaksono)

Beberapa orang mungkin mengklaim bahwa membeli rumah dengan KPR akan merugikan pembeli atau nasabah. Pada dasarnya ini hanya berkaitan dengan kebutuhan dan pola pikir. Beberapa keluarga atau individu mungkin sangat membutuhkan rumah dan belum mempunyai uang yang cukup untuk membayar secara kontan/cash. Hal ini membuat KPR menjadi opsi terbaik.

Berikut keuntungan yang akan seorang nasabah dapat jika mengajukan KPR untuk pembelian properti,

  • Apabila Anda dalam keadaan mendesak untuk memiliki rumah, maka Anda tidak perlu mempersiapkan dana dalam jumlah besar. Cukup menyediakan dana 15-30% dari harga rumah untuk uang muka serta 10% untuk kebutuhan administrasi.
  • Anda bisa mengalokasikan sisa dana yang Anda miliki untuk dana darurat dan kebutuhan lain. 
  • Di setiap bulan Anda akan dilatih untuk menyiasati pengeluaran dengan tepat sasaran.

Syarat pengajuan KPR

Beberapa syarat untuk pengajuan KPR yang perlu dilengkapi oleh klien Anda adalah sebagai berikut,

  • Persiapkan dana untuk pembayaran uang muka (down payment) sejumlah 15-30% dari nilai rumah. Jadi apabila harga rumah senilai Rp500.000.000 maka klien perlu mempersiapkan dana DP Rp75.000.000.
  • Siapkan dana senilai 10-12% dari harga rumah untuk kebutuhan administrasi.
  • Lengkapi dokumen-dokumen penting seperti KTP dan Kartu Keluarga, buku nikah untuk yang sudah menikah, NPWP, slip gaji, rekening koran 3 bulan, surat keterangan bekerja, sertifikat tanah, IMB, surat tanda jadi dari pengembang.

Bantu Klien Anda Mengajukan KPR di Pinhome

apa itu kpr
(Fastwork)

Hal yang paling menguntungkan adalah Anda bisa mengajak klien mengajukan KPR di Pinhome. 

Keuntungan bagi Anda untuk mengajak klien mengajukan KPR melalui Pinhome adalah,

  • Proses pengajuan dilakukan melalui aplikasi Pinhome sehingga semua berbasis online. Anda bisa melakukan proses ini di mana saja dan kapan saja.
  • Proses pembayaran juga bisa dilakukan melalui aplikasi dengan fitur guest payment, sehingga semua transaksi bisa lebih transparan.
  • Anda bisa dengan mudah mendata klien yang melakukan pengajuan KPR, karena terdapat fitur simpan kontak klien di aplikasi Rekan Agen.

Nah itu saja pembahasan mengenai apa itu KPR yang perlu Anda dan klien pahami. Yuk mulai tawarkan pengajuan KPR ke klien Anda melalui Pinhome!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel