Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 8 Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu dan Rugi
tips membeli motor bekas
Otomotif

8 Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu dan Rugi

  • 6 Dec, 2021 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Bagi kamu yang ingin mencari-cari motor second wajib tahu tips membeli motor bekas agar tidak tertipu. Bila salah beli, bisa-bisa kamu membawa pulang motor abal-abal yang dipakai sebentar cepat ambyar

Motor bekas atau second umumnya dijual dengan harga murah dan peminatnya pun cukup banyak. Bukan karena tidak mampu membeli motor baru, terkadang orang membeli motor bekas karena dianggap sebagai pilihan yang lebih menguntungkan secara finansial. 

Ini karena motor merupakan barang yang nilainya terus berkurang. Itu sebabnya, mereka yang melek finansial lebih memilih membeli motor bekas asalkan masih cukup bagus untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

Baca Juga:

Tips Membeli Motor Bekas

Nah, agar tidak salah beli dan berujung merugi, yuk simak tips membeli motor bekas berikut ini.

Lakukan Riset tentang Motor yang Ingin Dibeli 

tips membeli motor bekas
(Freepik)

Tips membeli motor bekas yang paling penting adalah jangan malas untuk riset. Pins harus tekun dan teliti mencari tahu motor yang akan kamu beli. Selain harus menyesuaikan isi kantong, yang tak kalah penting adalah kesesuaian dengan kebutuhan.

Apakah motor ini akan kamu pakai setiap hari? Bisakah untuk melewati jalanan kota atau medan tanjakan? Apakah kamu perlu motor bebek atau matic?

Setelah menemukan jenis motor yang sesuai kebutuhan, tips yang tak kalah penting adalah mencari tahu harga second di pasaran. Harga motor bekas haruslah lebih rendah dari harga baru. Namun, kamu patut curiga jika ada yang menawarkan dengan harga terlalu rendah. 

Baca Juga:

Jangan Terburu-buru Membayar 

(Freepik)

Lebih baik berhati-hati dan jangan gegabah lantaran tergiur harga murah. Ingat, cari tahu sebanyak-banyaknya tentang motor bekas incaran sebelum memutuskan membeli.

Penjual yang ulung mungkin akan mengiming-imingi harga diskon dengan batasan waktu. Misalnya, penjual mengatakan bahwa diskon hanya berlaku hari ini dan bisa dicicil. Pembeli hanya perlu membayar uang muka. 

Penjual juga bisa saja menakut-nakuti pembeli dengan mengatakan ada calon pembeli lain yang mengincar motor bekas tersebut. 

Trik marketing semacam ini tak lain supaya kamu lekas membayar. Jangan mudah tergiur! Pokoknya, sebelum memutuskan untuk mengeluarkan uang, pastikan kamu betul-betul sudah yakin dengan pilihanmu, ya!

Beli Motor Bekas Dari Penjual Tepercaya

tips membeli motor bekas
(Freepik)

Tips membeli motor bekas matic maupun motor bekas jenis bebek yang tak kalah penting adalah membeli dari penjual tepercaya. Pasalnya, penipu kini makin pintar.

Mereka tidak hanya menjual motor abal-abal dengan harga murah untuk menarik minat pembeli. Bahkan, motor abal-abal pun ada yang dijual dengan harga normal untuk meyakinkan pembeli.

Oleh sebab itu, hindari membeli dari individu atau makelar yang tidak dikenal. Sebaiknya, datangi tempat yang sudah kamu kenal atau minta rekomendasi dari teman dan kerabat. 

Jika kamu membeli motor bekas secara online, cari tahu reputasi penjual dengan membaca review dari pembeli-pembeli sebelumnya.

Baca Juga:

Periksa Kelengkapan Surat Kendaraan 

(Freepik)

Tak jarang motor hasil curian dijual secara bebas di pasaran. Umumnya, motor bekas curian tidak disertai dengan surat-surat kendaraan yang lengkap. Untuk itu, jangan sungkan untuk menanyakan kelengkapan surat kendaraan bermotor, seperti STNK dan BPKP. 

Periksa surat-surat tersebut dengan saksama dan pastikan nama pemilik serta plat motor yang tertera sudah sesuai. Agar lebih yakin, kamu juga bisa melakukan cross-check status nomor kendaraan tersebut melalui aplikasi E-Samsat.

Cek Nomor Rangka dan Mesin 

tips membeli motor bekas
(Kepo Indonesia)

Mengecek nomor mesin dan rangka juga tidak boleh kamu lewatkan. Setelah menemukan nomor rangka dan nomor mesin, selanjutnya cocokkan dengan nomor yang tertera pada STNK.

Nomor rangka dan mesin setiap pabrikan berbeda-beda tempatnya. Namun, umumnya kamu bisa menemukan nomor mesin di blok mesin sebelah kanan pada kampas kopling ataupun motor starter. 

Di sisi lain, pabrikan Yamaha meletakkan nomor rangka di dalam jok motor. Sementara itu, motor keluaran Honda bisa Pins jumpai di depan kemudi. 

Baca Juga:

Periksa Bodi Motor Secara Menyeluruh

(Freepik)

Tips membeli motor matic bekas ataupun motor bebek bekas yang tidak boleh terlewat adalah memeriksa kondisi fisik dengan cermat. Pemeriksaan kondisi fisik cukup mudah karena kamu hanya perlu memperhatikan apakah ada goresan, retak, ataupun penyok pada bodi motor.

Jangan sungkan bertanya apakah semua bagian motor masih asli atau sudah pernah diganti. Tanyakan juga apakah sepeda motor pernah mengalami kecelakaan atau terendam banjir sebelumnya. Pasalnya, benturan keras akibat kecelakaan ataupun mesin terendam banjir dapat berpengaruh pada performa kendaraan.

Periksa Kondisi Oli 

tips membeli motor bekas
(Zigwheels)

Saat mengecek motor bekas, pastikan juga mengecek olinya. Kondisi oli mencerminkan apakah motor dirawat dengan baik. Jika oli masih bagus, suara mesin akan terdengar halus. Oli yang bagus juga menandakan kemungkinan si pemilik melakukan perawatan dan ganti oli secara rutin.

Baca Juga:

Lakukan Test Drive

(Freepik)

Tips membeli motor bekas terakhir sebelum memutuskan melakukan transaksi adalah melakukan test drive. Ini bertujuan mengetahui secara pasti bagaimana performa motor saat kamu kendarai. 

Perhatikan baik-baik mulai dari kemudahan menghidupkan kendaraan, suara mesin, hingga kecepatan dan transisi gigi pada motor bebek. Saat melaju, perhatikan juga apakah speedometer, rem, dan lampu semuanya berfungsi dengan baik.

Jika tidak begitu paham tentang mesin kendaraan bermotor, kamu bisa mengajak teman atau saudara yang bisa dipercaya. Bila membeli motor bekas secara online, kamu juga bisa memanfaatkan jasa inspeksi motor profesional.

Nah, itu dia 8 tips membeli motor bekas agar tidak tertipu dan rugi. Selamat berburu motor idaman, Pins!

Baca Juga:

Featured Image Source: Pixabay

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.