Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Cara Kerja Radiator Motor dan Fungsinya
Otomotif

Cara Kerja Radiator Motor dan Fungsinya

  • 11 Apr, 2022 oleh Ramanda Salsa
  • 5 menit membaca

Kendaraan sepeda motor memang menjadi idola untuk kamu yang mempunyai mobilitas cukup tinggi. Namun, kamu jangan sampai lalai untuk merawatnya. Mesin yang tidak dirawat akan berakibat buruk bagi kinerja motor. Cara kerja radiator motor salah satunya, ini menjadi hal utama yang harus kamu ketahui. 

Ibarat jantung dari tubuh manusia, radiator menjadi jantung pada kendaraan motor. Radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat sedang digunakan. Apa akibatnya bila kinerja komponen satu ini tidak diperhatikan?

Fungsi Serta Cara Kerja Radiator Motor

cara kerja radiator motor
(Bikebandit)

Beberapa diantara kamu kemungkinan masih awam dalam mengenal salah satu komponen di dalam motor ini. Untuk itu, Pinhome akan menjabarkan secara mudah dan dasar akan fungsi dan cara kerja radiator motor. Simak langsung yuk!

Baca juga:

Fungsi Radiator Motor

Overheat atau sebuah kondisi dimana mesin motor panas secara berlebih sering terjadi pada kendaraan yang kurang dalam perawatan mesin. Penyebab utama biasanya adalah air radiator yang habis, namun tidak menutup kemungkinan akan air oli yang tidak mengalir maupun piston atau sumbat geser yang terlalu rapat.

Nah, bila penyebabnya air radiator yang habis. Berarti kamu menjadi salah satu orang yang kurang memperhatikan mesin, Pins! Fungsi radiator motor sebagai pendingin mesin membutuhkan cairan yang disebut air radiator. Air tersebut berputar dalam sirkulasi yang digunakan sebagai pendingin mesin. Bila air tersebut kosong, otomatis mesin motor akan panas dan bila tidak diketahui tanda awal dapat berakibat fatal.

Panasnya mesin saat motor dinyalakan dapat diredam melalui komponen satu ini. Itulah mengapa fungsi utama dari cara kerja radiator motor adalah sebagai penyerap suhu panas pada mesin dan membuatnya tetap dalam keadaan yang stabil.

Baca juga:

Komponen Radiator Motor

cara kerja radiator motor
(Ubuy Indonesia)

Di dalam radiator motor pun ada beberapa komponen pendukung yang membantu alat tersebut dapat berfungsi dengan baik dan benar. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Thermostat

Alat satu ini mempunyai kegunaan utama sebagai pengukur suhu mesin. Thermostat menjaga mesin agar tetap berada pada suhu kerjanya. Komponen ini akan membuka dan menutup katup sesuai dengan suhu.

Tutup Radiator

Tutup radiator dalam segi tampilan persis seperti penutup tabung lainnya, namun di bagian dalamnya terdapat komponen yang mempunyai fungsi menahan ekspansi air pada saat suhu sedang tinggi. Selain itu pula, tutup radiator juga mempunyai fungsi sebagai penjaga suhu air dingin dalam sistem walaupun mesin dalam keadaan panas ataupun dingin.

Kipas Pendingin

Kipas pendingin pada radiator mempunyai fungsi sebagai kinerja tambahan. Seperti yang kita ketahui, kinerja pendingin dari radiator mengalir melewati sirip yang bila dalam keadaan motor berhenti alat tersebut tidak akan bekerja. Untuk itulah diperlukan kipas pendingin untuk membantu aliran udara tetap bergerak.

Pompa Air

Pompa air atau biasa disebut juga dengan water pump memiliki fungsi menghisap cairan pendingin ke dalam bagian mesin motor kemudian mengeluarkan kembali ke radiator. Bila cairan di dalam mesin sudah naik panasnya, maka akan secara otomatis pompa air akan mengalirkan ke kisi-kisi radiator.

Tangki Cadangan

Penampung air radiator untuk sementara waktu disebut sebagai tangki cadangan. Reservoir tank atau tangki cadangan akan mengalirkan air kembali ke radiator bila radiator sudah dalam keadaan dingin.

Selang Radiator

Fungsi utama dari selang radiator adalah penghubung antara radiator dan mesin. Water coolant akan mengarah ke water pump kemudian ke mesin. Hal tersebut untuk mencegah mesin agar tidak terlalu panas.

Water Jacket

Water jacket menjadi tempat sumber air berada sebagai tempat menyalurkan air pada blok mesin. Hal tersebut bertujuan untuk menyerap panas mesin motor secara merata. Cara kerja radiator motor akan sangat berfungsi dengan bantuan air sebagai penyerap panas mesin.

Baca juga: 8 Oli Motor Termahal di Indonesia

Cara Kerja Radiator Motor

Cara kerja radiator sendiri tidak terlepas pula dari beberapa bagian pendukung di dalamnya. Mulai dari upper tank, lower tank, radiator core dan sirip radiator. Radiator tersebut mempunyai tampilan luar berbentuk lempengan besi yang bertugas menjadi media penyerapan panasnya mesin. 

Radiator motor bekerja dengan memanfaatkan sirip-sirip sebagai tempat penyalur panas ke air. Setelah itu bagian panas akan dilepaskan ke udara dan air yang sudah dingin akan dipindahkan ke bagian lower tank. Air pendingin inilah yang memiliki kemampuan meredam panas dari mesin.

Bila dijabarkan dalam sebuah sistem, cairan radiator akan dipompa ke dalam silinder blok, kemudian cairan tersebut akan naik ke atas menuju kepada kepala silinder. Sampai di atas, cairan akan menyerap panas pada mesin motor. Bila tahap penyerapan sudah dilakukan, kini masuk ke dalam tahapan pembuangan panas ke udara melalui selang yang akan menuju ke termostat. 

Thermostat sendiri akan mengatur alirannya dan menyalurkan kepada termosensor agar terbaca panasnya. Setelah itu, masuk pada bagian atas radiator untuk mengalir ke pipa kapiler kecil sampai ke bagian bawah. Bagian panas mesin akan dihantarkan kepada cairan yang dipindahkan. Cairan tersebut akan dikonversi melalui pipa-pipa kecil radiator kemudian merambat ke seluruh bagian kisi- kisi.

Bagaimana, cukup rumit bukan? Cara kerja radiator motor memang tidak bisa dikatakan mudah. Untuk itu pentingnya merawat dengan benar agar meminimalisir kerusakan pada alat pendingin tersebut. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena kamu kurang memperhatikan mesin motor. Kerusakan pada motor yang dibiarkan terlalu lama akan mengenai komponen lainnya.

Sumber Featured Images: unsplash/Jakub Sisulak

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.