Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Ini Dia 15 Aturan Agar Kebersihan Rumah Terjaga
aturan agar kebersihan rumah terjaga
Kebersihan Rumah

Ini Dia 15 Aturan Agar Kebersihan Rumah Terjaga

  • 21 Mar, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 6 menit membaca

Menerapkan sederet aturan agar kebersihan rumah terjaga melatih Pins terbiasa hidup teratur dan rapi. Ini juga menghemat tenaga untuk membersihkan rumah secara keseluruhan, terutama pada akhir pekan.

Begini, rumah yang bersih tentu meningkatkan kenyamanan bagi penghuninya. Ini juga mencegah timbulnya bibit penyakit, lho. Terlebih lagi, tamu akan lebih nyaman dan betah berlama-lama.

Maka dari itu, menerapkan aturan kebersihan rumah penting demi hidup yang lebih nyaman dan aman, Pins! Begini peraturan-peraturan ‘tak tertulis’ yang patut kamu coba sekarang!

Daftar Aturan Agar Kebersihan Rumah Terjaga

Untuk menjaga kebersihan rumah selalu rapi, ada beberapa aturan yang perlu kamu terapkan. Apa saja aturan agar kebersihan rumah terjaga? Cek di bawah ini!

Rapikan Tempat Tidur

Rapikan Tempat Tidur
(Pexels)

Aturan agar kebersihan rumah terjaga sebaiknya dimulai dari ruangan yang paling sering digunakan. Kamar tidur patut mendapatkan perhatian karena Pins sering beristirahat disini setiap harinya.

Biasakan diri merapikan kamar tidur khususnya ranjang setiap bangun tidur. Lipat selimut dan merapikan sprei serta perlengkapan tidur lainnya.

Gunakan tebah atau sapu lidi untuk membersihkan debu pada ranjang. Jemur bantal dan guling agar terhindar dari bau apek.

Bersihkan Kamar Mandi Secara Berkala

Bersihkan Kamar Mandi Secara Berkala
(Pexels)

Ruangan paling lembab di rumah adalah kamar mandi. Selain itu, kelembaban yang tinggi juga mampu menyebabkan jamur. Itu sebabnya, kamu harus rutin membersihkan kamar mandi, setidaknya seminggu sekali. Selain itu, terapkan aturan ini agar kamar mandi tetap bersih:

  • Siram kloset beberapa kali untuk mencegah terjadinya penyumbatan.
  • Hindari membuang benda ke dalam kloset maupun wastafel.
  • Letakkan beberapa kapur barus untuk menetralisir bau dan menyerap kelembapan.
  • Pakai baking soda atau cuka untuk membersihkan noda berkerak pada dinding keramik kamar mandi.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi dari Kerak

Lakukan Declutter Barang

Keluarkan barang yang tidak dipakai atau jarang digunakan. Simpan di gudang atau sumbangkan. Dengan begitu, barang tidak akan menumpuk dan menghambat akses gerak.

Setiap membeli barang baru sebaiknya lakukan skala prioritas. Bedakan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Banyak orang suka menyimpan barang yang tidak digunakan lagi. Disisi lain barang-barang ini juga memakan tempat.

Cuci Pakaian Minimal Dua Hari Sekali

Cuci Pakaian Minimal Dua Hari Sekali
(Pexels)

Salah satu aturan agar kebersihan rumah terjaga setiap hari adalah jangan menumpuk pakaian kotor. Pasalnya, pakaian yang tidak segera dicuci akan menimbulkan bau dan mudah menjadi sarang kuman.

Sebaiknya cuci pakaian minimal dua hari sekali. Jangan campur pakaian basah dengan pakaian kotor yang masih kering jika tidak segera dicuci.

Dampaknya akan membuat pakaian kotor lainnya mudah berjamur. Pilah pakaian yang hendak dicuci sesuai bahan dan metode perawatannya. Dengan begitu, pakaian bersih dan awet digunakan.

Selalu Kembalikan Barang ke Tempatnya

Selalu Kembalikan Barang Ke Tempatnya
(Pexels)

Upayakan selalu mengembalikan barang ke tempat asalnya. Langkah sederhana ini mampu membuat hunian tetap rapi.

Ketika Pins membutuhkan sesuatu, ini juga akan mudah menemukannya. Peralatan rumah tangga aman dari kerusakan dan rumah selalu bersih.

Menyapu Setiap Hari

Menyapu Setiap Hari
(Pexels)

Jangan malas menyapu lantai setiap hari. Sisakan waktu 15 menit untuk membersihkan lantai di malam hari.

Apabila ruangan cukup luas, gunakan pengki untuk mengeluarkan debu. Kumpulkan debu pada beberapa titik lalu angkat memakai pengki.

Setiap akhir pekan usai menyapu lantai bisa langsung dipel. Fungsi mengepel ialah memaksimalkan kebersihan lantai. Lantai lebih kinclong dan noda berkerak bisa terangkat sempurna.

Baca juga: 5 Tips dan Cara Mengepel Lantai Keramik Agar Kinclong

Semprotkan Desinfektan

Semprotkan Desinfektan
(Pexels)

Bila memungkinkan, jangan lupa semprotkan desinfektan untuk menghilangkan kuman dan virus yang menempel. Aturan agar kebersihan rumah terjaga ini perlu diterapkan pada alat-alat rumah tangga yang sering digunakan.

Desinfektan juga Pins pakai guna mengepel lantai, sedangkan untuk membunuh kuman pada tangan pakai antiseptik.

Lepas Sepatu Ketika Masuk Rumah

Lepas Sepatu Ketika Masuk Rumah
(Pexels)

Cara mengurangi kotoran atau debu di lantai dapat membiasakan diri melepas sepatu ketika masuk rumah. Letakan sepatu di rak usai digunakan.

Sediakan sandal rumah tersendiri bagi setiap orang termasuk tamu. Kotoran bisa terbawa melalui alas kaki seperti sandal atau sepatu yang digunakan ketika keluar rumah.

Bersihkan sepatu secara berkala agar tetap nyaman digunakan. Pins juga bisa menghilangkan bau sepatu dengan menjemurnya di bawah sinar matahri. Jangan lupa untuk mencuci kaki setiap kali masuk rumah usai beraktivitas di luar, ya!

Jemur di bawah sinar matahari jika berbau apek. Usai beraktivitas di luar rumah sempatkan untuk mencuci kaki ketika masuk rumah.

Gunakan Keset

Pakai keset setelahnya agar kaki cepat kering usai dicuci. Kaki yang basah dapat meninggalkan bekas pada lantai.

Fungsi keset selain mengeringkan kaki dapat difungsikan sebagai menyaring sisa kotoran tertinggal. Letakan keset di ruang tamu, kamar mandi dan ruangan lainnya.

Sediakan Tisu dan Lap

Sediakan Tisu & Lap
(Pexels)

Sediakan tisu atau lap di tempat yang mudah dijangkau. Misalnya di dapur, kamar tidur, ruang tamu maupun kamar mandi.

Bila ada makanan tumpah atau noda, ini bisa segera dibersihkan tanpa harus menunggu kering. Noda yang mengering akan mudah berkerak dan sulit dihilangkan.

Letakan Tempat Sampah di Setiap Ruangan

Taruh beberapa tempat sampah di setiap ruangan. Letakan di kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu maupun dapur. Lapisi bagian dalam tempat sampah dengan kantong plastik. Jika tempat sampah hampir penuh, segera buang ke tempat sampah di luar rumah.

Baca juga: Ini Dia Cara Pengolahan Sampah Rumah Tangga yang Benar

Lap Dapur dan Meja Setiap Malam

aturan agar kebersihan rumah terjaga lap Dapur &  Meja Setiap Malam
(Pexels)

Selepas memasak makanan, cobalah biasakan untuk membersihkan kompor dan meja dengan lap bersih. Ini untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang tertinggal di meja dan bisa mengundang semut atau cicak. Nantinya, cara mengusir semut atau cicak ini tentu akan ribet untuk dilakukan.

Ini terutama perlu dilakukan ketika kamu menggoreng sesuatu karena bisa saja minyak terciprat ke mana-mana. Bila masih sulit hilang dengan tisu biasa, basahi lap. Lalu, gosok secara perlahan hingga noda terangkat secara keseluruhan.

Segera Cuci Piring

aturan agar kebersihan rumah terjaga Segera Cuci Piring
(Pexels)

Setelah selesai memasak atau makan, segera cuci piring. Jangan menumpuk peralatan memasak dan makan karena dapat mengundang tikus. Sebaiknya ketika makan selalu di ruang makan. Jangan makan di kamar tidur atau di atas karpet.

Bersihkan Karpet Seminggu Sekali

aturan agar kebersihan rumah terjaga Bersihkan Karpet Seminggu Sekali
(Pexels)

Aturan lain agar kebersihan rumah terjaga adalah menyedot debu dengan vacuum cleaner di permukaan maupun bagian bawah karpet.

Bersihkan karpet memakai penyedot debu. Sedot debu tidak hanya bagian permukaan karpet saja namun juga di bawah karpet.

Ketika mencuci karpet gantung di pagar lalu semprot memakai air dengan kecepatan tinggi. Arahkan debu ke bawah dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering.

Beri Tanggung Jawab Setiap Penghuni Rumah

aturan agar kebersihan rumah terjaga Beri Tanggung Jawab Setiap Penghuni Rumah
(Pexels)

Membersihkan rumah adalah tugas bersama penghuni kediaman tersebut. Bagi tugas bersih-bersih sehingga pekerjaan rumah ini tidak terasa berat. Pastikan setiap orang punya peran yang jelas. Terapkan aturan agar kebersihan rumah terjaga setiap saat.

Itulah beberata aturan agar kebersihan rumah terjaga yang bisa kamu terapkan di dalam rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.