Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 5 Cara Membersihkan Keramik Motif Batu Agar Bebas Kerak!
cara membersihkan keramik motif batu
Kebersihan Rumah

5 Cara Membersihkan Keramik Motif Batu Agar Bebas Kerak!

  • 16 Mar, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Salah satu motif keramik yang paling banyak digunakan adalah motif batu. Jenis batu alam yang dipakai pun bervariasi, mulai dari koral hingga limestone. Walau motifnya banyak, cara membersihkan keramik motif batu cukup sederhana.

Dibandingkan keramik biasa, keramik batu alam cenderung minim risiko terpapar lumut dan jamur. Selain itu, motif batu menawarkan nuansa mewah dan elegan. Terlebih lagi, material pondasinya kuat dan memiliki ukuran yang fleksibel.

Dengan keunggulan tersebut, tidak heran banyak yang menggemari keramik motif batu. Agar tetap terawat, Pins perlu rajin membersihkan keramik motif ini. Berikut ini sederet cara membersihkan keramik yang bisa kamu terapkan di rumah.

Cara Membersihkan Keramik Motif Batu

Pada dasarnya, keramik motif batu memiliki banyak sela-sela yang mendetail. Oleh karenanya, jenis keramik ini kerap memiliki noda kerak yang sulit dihilangkan.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan cara membersihkan keramik motif batu di bawah ini.

Taburkan Baking Soda 

(Guardian)

Cara membersihkan keramik motif batu alam bisa dengan memanfaatkan baking soda. Bahan soda kue memang sering jadi andalan untuk mengangkat berbagai kerak dan noda.

Baking soda juga ampuh membersihkan perabotan berkarat. Pasalnya, bahan dapur ini mengandung asam yang tinggi sehingga bisa merontokkan kerak dan karat. Sementara itu, Pins bisa mencampurkan air dan baking soda sebagai pembersih keramik motif batu alam.

Begini caranya:

  • Pastikan keramik sudah disapu bersih.
  • Campurkan baking soda dan air dengan perbandingan 1:1.
  • Celupkan kain ke dalam larutan baking soda.
  • Mulai mengepel lantai keramik sampai bersih.
  • Gosok noda yang membandel agar hilang.
  • Diamkan sebentar larutan baking soda yang dituang ke keramik.
  • Tunggu hingga 15 menit dan gosok untuk mengangkat noda membandel.

Baca Juga: 9 Cara Membersihkan Keramik yang Ada Semennya

Cara Membersihkan Keramik Motif Batu dengan Cuka

(Pinterest)

Cuka bisa jadi salah satu cara membersihkan keramik motif batu. Ini karena cuka mengandung asam asetat hingga 5% yang mampu dijadikan sebagai bahan pembersih.

Sayangnya, cuka menimbulkan bau yang cukup menyengat. Jadi, Pins perlu menggunakan masker dan sarung tangan untuk mengurangi bau yang muncul. Bila perlu, gunakan cuka putih yang memiliki asam asetat tinggi dibandingkan lainnya

Begini caranya:

  • Campurkan cuka ke dalam botol semprot berisi air.
  • Kocok hingga larutannya benar-benar tercampur rata.
  • Semprotkan cuka ke bagian permukaan keramik lalu gosok dengan lap kering.
  • Diamkan beberapa menit bila ada noda yang sulit hilang sebelum digosok.
  • Manfaatkan sikat gigi bekas sebagai alat gosok.
  • Bersihkan keramik hingga ke celah kecil antar keramik (nat).

Membersihkan nat lebih efektif dengan sikat gigi karena mampu menjangkau celah sempit. Cuka dapat Pins campur dengan baking soda dan air agar khasiatnya lebih terasa. 

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi dengan Sitrun

Gunakan Deterjen

cara membersihkan keramik motif batu dengan deterjen
(Pinterest)

Cara membersihkan keramik motif batu alam selanjutnya adalah memakai deterjen. Detergen yang digunakan bisa gel, bubuk maupun cair.

Beberapa pembersih bahkan sudah dilengkapi dengan desinfektan. Ini bertujuan membunuh kuman dan bakteri yang menempel. Jadi, kamu bisa juga kok memilih deterjen dengan kandungan itu.

Selain itu, Pins bisa menggunakan deterjen dengan wangi sesuai selera kamu, entah itu bunga maupun aroma buah.

Begini caranya:

  • Pilih deterjen ramah lingkungan dengan pH netral yang tidak merusak lapisan glazur pada keramik.
  • Campurkan deterjen dengan air panas dan aduk hingga merata.
  • Masukkan larutan deterjen ke botol semprot untuk dipakai pada noda yang muncul.
  • Semprotkan deterjen pada noda yang membandel.
  • Segera bersihkan dengan lap mikrofiber kering agar tidak meninggalkan kerak dan goresan pada keramik.

Manfaatkan Lemon

(Pexels)

Pins dapat pula menggunakan lemon atau buah yang memiliki kandungan sitrun tinggi. Cara membersihkan keramik motif batu alam memakai jeruk sangatlah mudah.

Pins bisa memotong jeruk ke beberapa potong. Masukan ke panci berisi air dan didihkan hingga mendidih. Sari lemon inilah yang bisa Pins pakai untuk mengepel lantai keramik batu. Cara kedua adalah mencampurkan perasan lemon dengan cuka.

Masukkan ke dalam botol semprot agar mudah mengaplikasikannya. Bila ada noda minor, pakai larutan ini untuk mengangkat noda. 

Gosok dengan kain ataupun sikat gigi agar noda mudah diangkat. Aroma buah lemon yang menyegarkan dapat mengurangi bau cuka yang tajam dan menyengat.

Baca juga: Tips dan Cara Mencuci Piring dengan Cepat dan Benar

Gosok dengan Pasta Gigi

cara membersihkan keramik motif batu dengan pasta gigi
(Pinterest)

Pasta gigi memiliki kandungan fluoride sebagai pembersih. Cara membersihkan keramik motif batu alam dengan pasta gigi tak jauh berbeda dengan bahan lainnya di atas.

Oleskan pasta gigi pada area bernoda kemudian gosok hingga bersih. Bilas dengan air bersih. Pasta gigi juga bisa dikombinasikan dengan baking soda.

Campurkan baking soda dan pasta gigi hingga menjadi adonan pasta. Hindari menggunakan pasta gigi berbentuk gel. Oleskan ke bagian keramik kemudian gosok dengan kain basah. Bilas dengan air bersih beberapa kali untuk mengangkat sisa pembersih. 

Ketika membersihkan keramik pilih alat pendukung yang tepat. Sebelum mengepel sebaiknya bersihkan debu pada lantai terlebih dulu.

Gunakan sapu ijuk yang memiliki bahan lentur. Sapu berbahan plastik memang lebih kuat hanya saja kaku sehingga tidak bisa membersihkan celah sempit.

Pakai lap kain berbahan halus karena kain kasar malah akan menambah permukaan keramik lebih kasar lagi. Itulah beberapa cara membersihkan keramik motif batu yang dapat Pins ikuti. Sapu lantai setiap hari sehingga debu tidak menumpuk dan menjadi kerak.

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Editor: Syahya R