Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif 4 Penyebab & Efek Sekring Motor Putus Serta Penanganannya
Otomotif

4 Penyebab & Efek Sekring Motor Putus Serta Penanganannya

  • 28 Nov, 2022 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Efek sekring motor putus tidak hanya mengganggu kinerja mesin saja melainkan mampu merusak komponen engine lainnya. Ada beberapa penyebab sekring motor putus baik dari segi internal maupun eksternal.

Tanda sekring bermasalah dapat dikenali sedini mungkin tanpa harus datang ke bengkel. Jangan biarkan efek sekring motor putus ini berkelanjutan dengan memahami jenis, penyebab dan penanganannya yang tepat berikut ini:

Fungsi Sekring Motor

penampakan Efek sekring motor putus
Blibli

Sekring motor memiliki fungsi utama sebagai sistem pengaman agar tidak timbul korsleting listrik. Komponen ini bertugas memutuskan aliran listrik saat korsleting listrik tiba-tiba terjadi.

Sekring melindungi komponen listrik lainnya dari kerusakan karena arus listrik yang tidak stabil. Sekring menjadi sensor saat terdeteksi ketidaknormalan pada sistem kelistrikan.

Fungsinya yang begitu krusial membuat pengendara motor biasanya juga akan membawa sekring cadangan ketika bepergian jauh. Resiko kecelakaan juga bisa Pins hindari jika sekring motor bekerja dengan baik.

Baca juga:

Jenis Sekring Motor

gambaran Efek sekring motor putus dengan variasi warna
Astra Honda Motor

Motor keluaran terbaru memiliki beberapa varian sekring motor. Setiap sekringnya ada yang untuk pengapian, kipas tambahan, sekring lampu hingga sekring utama. Model sekringnya sendiri tergantung dari merk motor namun secara garis besar terbagi menjadi dua, yaitu:

Sekring Tabung

Sekring ini disebut juga dengan tube fuse dan sering dipakai pada motor keluaran lama. Fungsinya memudahkan pengendara melihat apakah sekring dalam keadaan putus atau tidak. 

Sekringnya memiliki tabung bening yang membungkus kawat pengaman sehingga mudah diidentifikasi sekring dalam keadaan putus atau tidak. Jenis sekring ini tidak begitu banyak ditemukan saat ini. 

Alasannya karena membutuhkan ruang yang cukup besar. Apalagi timah dalam sekring juga mudah meleleh saat soket kendur. Efek sekring motor putus karena soket gampang lepas adalah aliran listrik yang berlebih.

Sekring Tancap

Sekring tancap dikenal sebagai fulse blade yang lebih banyak digunakan pada motor masa kini. Dinamakan sekring tancap karena pemasangannya dengan cara ditancapkan. Sekringnya memiliki warna yang berbeda-beda untuk menyesuaikan fungsi dan kapasitasnya.

Adanya perbedaan warna ini guna menghindari kerusakan sekring itu sendiri. Warna sekring pada fulse blade diantaranya adalah:

  • Orange memiliki kapasitas 5 ampere
  • Merah mewakili 10 ampere
  • Biru mempunyai kapasitas 15 ampere
  • Kuning mewakilkan sekring 20 ampere
  • Bening atau ungu memiliki kapasitas 25 ampere
  • Hijau mempunyai kapasitas 30 ampere

Jenisnya yang banyak harus disesuaikan dengan batasan listrik pada motor. Misalnya saja jangan pasang sekring 10 ampere pada batasan 5 ampere sebab menimbulkan arus listrik berlebih. Jika dibiarkan akan merusak komponen listrik lainnya.

Baca juga:

Penyebab Sekring Motor Putus & Penanganannya

Liputan6

Tanda sekring motor bermasalah bisa dilihat dari lampu dan klakson yang tidak menyala ketika mesin dalam keadaan hidup. Mesin juga bisa ikut mati ketika sekring utamanya bermasalah. Adapun penyebabnya bisa Pins simak sebagai berikut:

Beban Listrik Berlebihan

Penyebab sekring motor putus bisa karena kelebihan listrik sehingga sekring rusak. Sekring bisa terbakar dan meleleh sehingga untuk menanganinya perlu diganti dengan voltase yang lebih besar.

Sebelum melakukan penggantian sekring jangan lupa cek dulu kualitas kabelnya. Apabila terlalu kecil maka hindari pemakaian ukuran besar karena kabel bisa meleleh dan terbakar. Penggantian lebih aman dilakukan di bengkel resmi agar tidak salah pasang.

Gigitan Hewan

Penyebab sekring motor putus dapat pula karena faktor eksternal seperti gigitan hewan tikus. Area kabel perlu Pins cek secara berkala untuk melihat apakah ada kawat yang putus.

Tandai waktu terakhir pemasangan sekring untuk mengecek kondisinya dari tahun ke tahun. Letak sekring di dekat aki sehingga mudah korosi atau berkarat dan menimbulkan aliran listrik abnormal.

Tambahkan cairan anti korosi pada sekring yang sudah dilepas kemudian tunggu hingga kering. Baru setelahnya pasang kembali dan parkir motor di tempat yang aman dari hewan pengerat.

Korsleting Listrik

Arus pendek listrik mampu menciptakan percikan api sehingga rentan terbakar. Korsleting membuat sekring tidak stabil dan bila dibiarkan akan bisa membuatnya terputus.

Penanganannya adalah pengecekan secara berkala. Cari area yang konslet untuk menghindari merembet ke bagian yang lain.

Kualitas & Ketebalan Kawat Sekring

Cek pula kualitas dan ketebalan kawat sekring agar tidak putus. Sekring yang terlalu tipis mempengaruhi arus aliran listrik. Saat sekring tidak kuat maka kendaraan bisa terbakar. Cek kondisi kawat dan kelonggaran kabel agar sekring tidak mudah putus.

Baca juga:

Efek Sekring Motor Putus

Efek sekring motor putus tidak main-main mulai dari tiba-tiba motor mati hingga lampu tak mau menyala. Ketika motor dinyalakan maka akan ada daya listrik yang dialirkan ke beberapa komponen listrik di motor.

Sekring pengapian yang putus akan membuat mesin mati. Keamanan berkendara di malam hari tergantung dari cahaya lampu motor. Sumber penerangan ini tidak hanya membantu melihat jalan namun tanda bagi pemotor lainnya.

Efek sekring motor putus dapat menimbulkan resiko kecelakaan semakin besar. Lampu kendaraan tidak bisa menyala dengan sempurna sehingga pengendara tidak mampu melihat jalanan di saat gelap.

Selain listrik, sekring juga mengatur klakson motor. Berkendara tanpa klakson bisa membahayakan keselamatan pengendaranya dan orang lain.

Efek sekring motor bisa menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya. Dengan memahami tanda dan penyebab sekring putus dapat memberikan solusi alternatif yang efektif.

Source Feature Image: Pexels


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.