Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Mudah! 7 Cara Membersihkan Blok Mesin Motor
Otomotif

Mudah! 7 Cara Membersihkan Blok Mesin Motor

  • 19 Jul, 2022 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Cara membersihkan blok mesin motor memang agak rumit dibanding mencuci bodi motor. Pasalnya, blok motor adalah komponen yang letaknya agak tersembunyi sehingga sulit dijangkau.

Kendati demikian, membersihkan blok motor sangat penting demi menjaga performa mesin karena merupakan . Terlebih komponen satu ini memang bagian vital dari sistem permesinan sepeda motor.

Simak cara membersihkan blok mesin motor agar kembali kinclong dan bebas karat.

Siapkan Peralatan untuk Membersihkan Blok Motor

(Shutterstock)

Sebelum membersihkan blok motor, ada beberapa alat yang harus kamu persiapkan, di antaranya:

  • Amplas halus
  • Bensin
  • Kuas cat
  • Mangkok plastik
  • Sabun cuci piring
  • Sikat gigi

Semua alat ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko terdekat, bahkan sebagiannya mungkin sudah ada di rumah. Tak harus baru, Pins bisa memanfaatkan barang-barang bekas. Contohnya seperti sikat gigi yang sudah terpakai dan bekas kemasan makanan sebagai pengganti mangkuk plastik.

Baca Juga:

Cuci Body Motor Seperti Biasa

(Shutterstock)

Seiring penggunaan Body motor yang tidak dibersihkan akan tidak timbul noda air dan kerak. Selain itu, sering kali muncul rembesan oli yang kemudian mengakumulasi debu.

Sebelum membersihkan blok motor, pertama-tama cuci dulu body motor sampai bersih. Pins bisa menggunakan sabun cuci motor dan membersihkan bagian-bagian motor seperti biasa, mulai dari body, spion, sampai ban.

Kalau tidak ada sabun khusus untuk mencuci motor, Pins juga menggunakan cairan cuci piring. Sabun cuci piring cair diketahui cukup ampuh merontokkan kotoran dan noda oli dengan mudah.

Setelah motor dicuci hingga bersih, membersihkan blok mesin motor akan lebih mudah dan Pins tidak akan terlalu terganggu dengan kotoran seperti pasir, debu, dan lumpur.

Jadi, nantinya Pins hanya tinggal fokus pada noda membandel sepeti karat, kerak, dan noda air.

Baca Juga:

Buat Cairan Pembersih yang Ampuh

(Shutterstock)

Blok motor yang jarang dibersihkan akan menumpuk noda air dan kerak seiring waktu. Noda air ini bukan hanya berasal dari siraman air saat cuci motor, tapi juga terkena hujan dan cipratan air di jalan.

Bukan cuma itu, blok motor juga bisa terkena rembesan oli sehingga debu dan pasir mudah menempel. Seiring waktu, blok motor bahkan bisa berkarat. Kalau dibiarkan saja, kotoran membandel ini bisa mengganggu tampilan motor dan bukan tidak mungkin akan menurunkan performa.

Nah, noda kerak ini bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan ramuan pembersih yang bisa Pins buat sendiri di rumah. Cara membuatnya cukup dengan mencampurkan bensin dengan cairan sabun cuci piring.

Sabun cuci piring bisa Pins beli di warung terdekat dan harganya cukup murah. Adapun bensin bisa Pins ambil dari tangki bensin motor sendiri.

Caranya, lepaskan selang bensin dan tampung di wadah hingga terisi sekitar 100 ml atau setengah gelas. Kemudian tambahkan 100 ml sabun cuci piring atau sekitar satu sachet kecil seharga Rp2.000 rupiah. Selanjutnya, aduk campuran bensin dan sabun cuci piring cair hingga tercampur secara merata.

Sebetulnya ada beragam cairan pembersih alternatif yang bisa Pins gunakan untuk membersihkan blok motor. Kalau mengambil bensin terlalu merepotkan, Pins bisa menggantinya dengan cairan cuka. Kemudian, sabun cuci piring juga bisa diganti dengan detergen atau cairan pembersih lantai.

Dengan cairan ampuh ini, noda kerak akan rontok seketika.

Baca Juga:

Oleskan Cairan Pembersih ke Blok Mesin

(Shutterstock)

Setelah membuat cairan pembersih, cara membersihkan blok mesin motor selanjutnya adalah dengan mengoleskan cairan pembersih. Gunakan kuas cat agar lebih mudah mengoleskannya ke blok motor dan menjangkau sela-sela sempit.

Selanjutnya, diamkan sebentar agar cairan pembersih ini bekerja merontokkan rembesan oli dan noda yang menempel. Kemudian, gunakan sikat gigi untuk menggosok noda hingga ke sela-sela.

Bila perlu, oleskan cairan pembersih lagi dan gosok berulang. Pasalnya, noda yang membandel memang tidak bisa langsung bersih dalam sekali gosok.

Baca Juga:

Siram dengan Air Bersih

(Shutterstock)

Cara membersihkan blok mesin motor belum selesai. Setelah Pins menggosok noda-noda membandel, siram dengan air mengalir dan bilas hingga bersih. Agar bilasannya makin bersih, Pins bisa menggunakan selang khusus yang semburannya kuat.

Setelah disiram air, blok motor akan terlihat bersih dari noda dan kotoran berwarna gelap. Warna asli stainless steel akan terlihat mengilap setelah disiram.

Hanya saja, mungkin masih tersisa sedikit noda yang benar-benar membandel dan terselip di sela-sela. Noda seperti ini bisa diatasi dengan mengulangi cara membersihkan blok mesin motor sebelumnya. Sapukan cairan pembersih kemudian gosok hingga nodanya rontok.

Gunakan Amplas untuk Merontokkan Karat Membandel

(Shutterstock)

Kalau sudah lama sekali tidak dibersihkan, blok motor bisa berkarat dan ini tidak akan bisa dihilangkan dengan sikat biasa. Setelah melakukan cara membersihkan blok mesin motor, selanjutnya Pins membutuhkan amplas untuk merontokkan karat.

Pins bisa menggunakan amplas halus jenis 100 atau 400. Berhati-hatilah saat mengamplas agar karat menghilang tanpa menggores blok mesin.

Nah, agar proses mengamplas makin mulus tanpa menimbulkan goresan, celupkan dulu lembaran amplas ke cairan pembersih tadi. Selanjutnya, gosokkan secara perlahan hingga karat hilang. Lalu, bilas dengan air mengalir sampai bersih.

Oleskan Metal Polish

(Shutterstock)

Setelah cara membersihkan blok mesin motor di atas selesai dilakukan, yang terakhir adalah mengoleskan metal polish. Produk ini bisa Pins beli di toko online maupun offline dengan harga yang cukup terjangkau.

Sesuai namanya, metal polish berfungsi untuk membuat blok motor makin mengilap. Caranya dengan mengoleskan metal polish ke blok motor menggunakan kain.

Selain membuat tampilan blok motor kembali mengilap, penggunaan metal polish juga memberi perlindungan ekstra, lho. Pasalnya, lapisan metal polish mencegah penumpukan kotoran seperti debu dan pasir.

Baca Juga: Cara Mencuci Motor Agar Tetap Bersih Walau Musim Hujan

Demikian cara membersihkan blok mesin motor agar kembali mengilap dan bebas karat. Agar nantinya karat dan noda membandel tidak menumpuk, pastikan Pins membersihkan blok motor secara berkala, ya!

Kalau butuh bantuan, Pins bisa menggunakan layanan cuci mobil dan motor yang datang ke rumah. Pinhome Home Service menyediakan layanan ini dengan harga mulai Rp60ribu tergantung domisili kamu. Cukup pesan layanannya melalui aplikasi Pinhome dan Pins tinggal terima beres. Klik di sini untuk coba sekarang!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.