Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Tips dan Cara Mencuci Piring dengan Cepat dan Benar
cara mencuci piring
Kebersihan Rumah

Tips dan Cara Mencuci Piring dengan Cepat dan Benar

  • 14 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Sama seperti menyetrika pakaian dan menyapu rumah, mencuci piring adalah pekerjaan yang tak ada habisnya. Namun, dengan cara mencuci piring yang benar, pekerjaan ini bisa selesai dengan cepat.

Mencuci piring memang pekerjaan yang bisa dilakukan semua orang. Pada dasarnya, kamu hanya perlu menggosok piring dengan busa yang telah diberi sabun. Kemudian, bilas dan beres.

Sayangnya, kenyataannya tidak semudah itu, apalagi kalau sudah berhadapan dengan lemak, makanan basi, hingga kerak membandel. Namun, tenang saja, dengan cara mencuci piring berikut ini, cuci piring jadi lebih cepat.

Cara Mencuci Piring yang Benar

Langsung Buang Sisa Makanan

Buat kamu yang kerap dapat tugas mencuci piring di rumah, pasti tahu rasanya berurusan dengan sisa makanan. Kalau dibiarkan, sisa makanan ini bisa jadi basi dan menjijikkan.

Sisa makanan juga bisa mengering dan sulit dibersihkan, seperti sisa nasi di piring. Nah, hal-hal semacam inilah yang membuat mencuci piring jadi repot dan lama.

Oleh karena itu, kamu harus mulai membiasakan membuang sisa makanan langsung setelah selesai makan. Siapkan wadah khusus di dekat wastafel dan ingatkan anggota keluarga lain untuk membiasakan hal ini.

Selain membuat proses cuci piring jadi lebih mudah dan cepat, kebiasaan ini juga lebih sehat. Tidak akan ada lagi makanan busuk yang jadi sarang bakteri di wastafel. Risiko saluran pembuangan mampet pun bisa diminimalkan.

Baca Juga: Perbedaan Oli MPX dan SPX 

Siram Air Dulu Sebelum Dicuci

Setelah membuang sisa makanan dari piring, sering kali masih ada kotoran yang tertinggal, biasanya yang teksturnya kental. Misalnya, sambal dan sisa bumbu rendang.

Kalau langsung dicuci dengan sabun, sisa sambal dan bumbu rendang justru akan menempel pada spons. Alhasil, membersihkan piring jadi lebih lama. Jadi, supaya mencuci piring lebih cepat, siram dulu sisa sambal dan bumbu rendang tadi dengan air.

Baca Juga: 10 Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set

Rendam Piring Sebelum Mencuci

Seringkali mencuci piring menjadi lama karena harus berurusan dengan bekas nasi yang mengering. Kalau langsung dicuci, kamu harus menggosoknya berkali-kali.

Selain makan waktu, cara ini juga membutuhkan tenaga lebih. Solusinya adalah dengan merendam dulu piring tersebut dengan air. Setelah nasi kering menjadi lunak, kamu bisa mencuci seperti biasa hanya dengan sekali gosok.

Baca Juga: Yuk Intip Interior Innova Reborn Type V

Cuci yang Bersih Dulu

Banyak yang tidak memperhatikan urutan mencuci piring. Pokoknya, piring yang ada di tumpukan paling atas dicuci dulu.

Padahal, cara mencuci piring akan lebih efektif kalau kamu mencuci dari piring yang kotorannya paling sedikit. Dengan begitu, kamu tidak perlu sering-sering membersihkan spons karena kotoran yang menempel.

Selain mencuci piring jadi lebih cepat, cara ini juga bisa menghemat sabun cair cuci piring.

Baca Juga: 15 Mobil Off Road Terbaik

Gunakan Metode Celup Saat Cucian Menggunung

Mencuci di bawah keran memang efisien kalau piring kotor hanya sedikit. Namun, cara ini tidak efektif kalau piring kotor sudah menggunung.

Alih-alih mencuci di bawah keran, coba praktikkan cara mencuci yang kerap dilakukan jasa katering. Saat mencuci piring bekas hajatan, mereka menggunakan metode celup.

Selain lebih cepat, cara ini juga lebih hemat air. Jika dilakukan di rumah, cara ini cocok untuk dapur yang punya double sink.

Caranya, isi kedua wastafel dengan air bersih. Jika tidak ada double sink, kamu bisa menggunakan dua ember.

Kemudian celupkan piring ke dalam air bersih setelah menggosoknya dengan sabun. Celupan pertama ini bertujuan untuk menghilangkan sabun dan residu kotoran pada piring. Selanjutnya, celupkan lagi piring tersebut pada wadah air bersih yang kedua agar makin bersih.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Membersihkan Wastafel dengan Noda Membandel

Gunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Minyak adalah salah satu kotoran yang paling sulit dibersihkan. Tidak jarang, mencuci piring perlu diulang hingga dua atau tiga kali agar benar-benar kesat.

Nah, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan jeruk nipis atau lemon. Kandungan pada kedua buah ini mampu merontokkan minyak seketika.

Pada noda minyak membandel seperti bekas lemak daging yang membeku, kamu juga bisa mengguyurkan air panas terlebih dahulu. Kemudian, lanjutkan mencuci dengan irisan jeruk nipis atau lemon.

Lemon dan jeruk nipis juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau membandel. Misalnya, pada wadah makanan berbahan plastik.

Caranya cukup dengan merendam alat makan di dalam air yang telah ditambahkan irisan jeruk nipis atau lemon. Diamkan selama beberapa jam, dan bau tidak enak akan tergantikan aroma segar dari buah ini.

Atasi Kerak Membandel Dengan Baking Soda

Cara mencuci piring akan lebih cepat kalau kamu tahu trik yang satu ini. Ya, baking soda adalah bahan yang ampuh untuk membersihkan kerak.

Mungkin kamu menggunakan piring untuk memanaskan makanan di dalam oven. Kemudian, piring menjadi berkerak akibat makanan yang dipanaskan.

Nah, menggosok piring dengan sabun biasa tidak akan cukup mempan untuk mengatasi kerak ini. Cara yang lebih mudah adalah dengan melumurkan satu sendok baking soda.

Kemudian, tambahkan air panas dan diamkan sampai dingin. Selanjutnya, kamu bisa menggosok kerak dengan lebih mudah.

Baca Juga: 15 Mobil Off Road Terbaik

Gunakan Sabut Besi Untuk Noda Membandel

Cara mencuci piring dengan spons memang cukup efektif untuk menghilangkan sebagian besar kotoran. Namun, untuk mengatasi noda membandel, akan lebih efektif menggunakan sabut besi.

Sabut besi juga biasa digunakan untuk membersihkan wajan dan panci. Selain itu, sabut besi juga bisa digunakan untuk menggosok noda membandel seperti bekas teh pada cangkir.

Itu dia beberapa tips cara mencuci piring  dengan cepat dan benar. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Mesin Cuci Piring Otomatis Terbaik, Praktis dan Cepat!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.