Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 6 Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang Hitam
cara membersihkan lantai kamar mandi
Kebersihan Rumah

6 Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang Hitam

  • 26 Nov, 2021 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Lantai kamar mandi adalah bagian yang paling cepat kotor. Itu sebabnya, cara membersihkan lantai kamar mandi wajib dilakukan secara rutin.

Kotoran pada lantai kamar mandi bisa menyebabkan permukaan lantai licin. Tentu ini berbahaya karena pengguna kamar mandi berisiko terpeleset.

Lama-kelamaan, lantai kamar mandi juga bisa berkerak kuning atau bahkan menghitam. Namun, jangan khawatir, karena ada cara-cara ampuh untuk menghilangkan noda pada lantai kamar mandi.

Baca Juga:

Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang Hitam

Inilah cara membersihkan lantai kamar mandi yang hitam dengan mudah!

Pakai Cuka

cara membersihkan lantai kamar mandi
(Blibli)

Bahan makanan yang rasanya asam ini memiliki kandungan yang efektif membersihkan kotoran hingga kerak. Nah, cuka juga bisa kamu gunakan dalam cara membersihkan lantai kamar mandi yang hitam.

Alih-alih pakai pembersih kamar mandi berbahan kimia, cuka bisa dipakai untuk mengangkat noda membandel pada lantai kamar mandi. Caranya pun gampang, kok!

Pertama, larutkan cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1. Misalnya, 100 ml cuka dengan 100 ml air bersih akan menghasilkan larutan pembersih sebanyak 200 ml.

Larutan ini bisa langsung kamu gunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi yang kotor. Caranya, cukup oleskan dengan kuas, diamkan sebentar, lalu sikat sampai bersih.

Cuka diketahui dapat membunuh bakteri dan tergolong aman untuk pemakaian di rumah. Jadi, larutan ini bisa jadi cairan pembersih serbaguna untuk membersihkan perabot di rumahmu.

Agar pemakaiannya lebih mudah, masukkan larutan ini ke dalam botol spray. Kamu bisa membeli botol spray di toko ataupun memanfaatkan botol bekas.

Baca Juga:

Taburi Baking Soda

(Blibli)

Bukan cuma cuka putih, bahan makanan yang satu ini juga serba guna untuk membersihkan segala macam kotoran. Hal ini berkat kandungan natrium bikarbonat yang ada pada baking soda.

Zat kimia tersebut diketahui mampu merontokkan beragam noda membandel. Bahkan, baking soda bisa digunakan untuk menguraikan noda kerak, jamur, dan karat.

Jadi, membersihkan kerak di kamar mandi, terutama bagian lantainya, akan menjadi mudah dengan bantuan baking soda. Caranya pun tidak sulit, kok.

Kamu bisa langsung menaburkan baking soda pada lantai kamar mandi yang basah. Selanjutnya, gunakan spons atau sikat untuk menggosok lantai yang kotor.

Jika noda membandel, biarkan baking soda menempel pada lantai untuk bekerja menguraikan kotoran. Nantinya kamu akan lebih mudah melunturkan noda dengan sikat.

Agar hasilnya maksimal, kamu juga bisa mengombinasikan penggunaan baking soda dengan cuka putih. Caranya, taburkan baking soda pada lantai, kemudian semprotkan cairan cuka.

Sama seperti cuka putih, baking soda juga efektif membasmi kuman dan bakteri. Bubuk putih satu ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan perabotan lain di rumah.

Campur Air Jeruk Nipis dan Lemon

cara membersihkan lantai kamar mandi
(Freepik)

Buah jeruk nipis dan lemon memiliki kandungan asam yang ternyata efektif membunuh kuman dan menguraikan noda. Kandungan asam tersebut adalah senyawa kimia bernama asam sitrat.

Untuk cara penggunaannya, kamu bisa langsung menggunakan air perasan jeruk nipis atau lemon.

Pertama, usapkan atau semprotkan air perasan lemon pada permukaan lantai kotor. Selanjutnya, gosok dengan sikat hingga bersih.

Tidak hanya membunuh bakteri dan menghilangkan noda, penggunaan jeruk nipis dan lemon juga bisa dipakai sebagai pengharum kamar mandi alami.

Opsi lainnya, kamu bisa melarutkan perasan lemon atau jeruk nipis dengan air lalu memasukkan ke dalam botol spray. Tidak hanya efektif membersihkan kamar mandi, larutan ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan perabot lainnya.

Baca Juga:

Gunakan Sitrun (Asam Sitrat)

(Bukalapak)

Selain ditemukan pada jeruk nipis dan lemon, asam sitrat dijual di pasaran dalam kemasan. Kamu bisa menemukan produk ini di swalayan atau toko bahan kue terdekat.

Harganya terjangkau dan dijual dalam kemasan ecer. Jadi, kamu bisa membeli sesuai kebutuhan.

Adapun ada pakainya adalah dengan mencampurkan dengan air. Sama seperti metode sebelumnya, akan lebih mudah jika larutan ini dimasukkan ke dalam botol spray.

Namun, kalau berurusan dengan noda membandel, kamu bisa langsung menaburkan asam sitrat kemudian menggosoknya. Metode ini cukup efektif sebagai cara membersihkan lantai kamar mandi yang kuning.

Manfaatkan Kaporit

cara membersihkan lantai kamar mandi
(Bukalapak)

Bubuk kaporit umumnya dipakai sebagai pembersih kolam renang. Tujuannya agar air kolam renang menjadi bersih dan bebas lumut dan bakteri.

Hal ini karena kaporit memiliki kandungan yang dapat membasmi bakteri. Nah, kandungan kaporit ternyata juga bisa membersihkan noda membandel di lantai kamar mandi.

Metode ini bahkan terbukti efektif sebagai cara membersihkan lantai kamar mandi yang hitam. Untuk eksekusinya, kamu akan memerlukan bubuk kaporit, air panas, dan sikat.

Sebelum mulai membersihkan, siram lantai kamar mandi yang kotor dengan air panas. Selanjutnya, taburkan bubuk kaporit di lantai kamar mandi.

Selagi lantai masih panas, diamkan selama kurang lebih 30 menit. Biarkan bubuk kaporit bekerja menguraikan kotoran membandel pada lantai kamar mandi.

Selanjutnya, kamu bisa menggosok lantai kamar mandi degan sikat. Pastinya menggosok noda akan lebih mudah karena sudah terurai oleh kaporit.

Baca Juga:

Pakai Pembersih Kerak

(Freepik)

Kalau mau cara membersihkan lantai kamar mandi  yang instan, kamu bisa menggunakan produk yang diformulasikan khusus untuk melunturkan kerak. Umumnya produk semacam ini mengandung asam klorida dengan konsentrasi tinggi.

Cara penggunaannya sangat mudah karena pembersih kerak berupa cairan siap pakai. Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan ini pada lantai yang kotor.

Zat kimia ini bersifat keras dan mampu melunturkan kerak kamar mandi seketika. Namun, produk ini juga berisiko menyebabkan iritasi dan berbahaya jika terkena mata, terhirup, atau tertelan.

Itu sebabnya, saat menggosok lantai kamar mandi, ada baiknya menggunakan sarung tangan karet sebagai perlindungan. Di samping itu, gunakan masker dan jauhkan dari mata saat menyemprotkan pembersih kerak.

Demikian beberapa tips cara membersihkan lantai kamar mandi. Karena kamar mandi selalu basah dan lembap, maka bakteri dan jamur mudah tumbuh di sini. Pastikan bersihkan kamar mandi secara rutin, ya!

Baca Juga:

Featured Image Source: Express.co.uk

Editor: Voni Sri Wijayanti


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.