Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 6 Cara Membersihkan Kompor Tanam, Kinclong Seperti Baru!
Kebersihan Rumah

6 Cara Membersihkan Kompor Tanam, Kinclong Seperti Baru!

  • 16 Dec, 2021 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 5 menit membaca

Kompor tanam mudah untuk dibersihkan karena desainnya yang rapi dan modern. Cara membersihkan kompor tanam sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan kompor gas pada umumnya. Seperti halnya ketika akan membersihkan alat memasak lain seperti waffle maker atau oven.

Hanya saja, bagian selang berada dalam kabinet sehingga kompor tidak dipindah-pindahkan, alias memiliki posisi permanen. Kelebihan kompor tanam adalah adanya fitur pendeteksi kebocoran gas.

Ada pula fitur tambahan seperti alarm dan timer. Tujuannya sebagai pengingat ketika memasak. Modelnya juga beragam ada yang induksi dan ada pula yang berupa kompor gas. Ikuti langkah di bawah ini agar kompor tanam tetap kinclong seperti baru pertama membelinya.

Baca juga:

Cara Membersihkan Kompor Tanam

Jangan lupa ketika membersihkan siapkan perlindungan diri seperti masker dan sarung tangan. Ini bertujuan mencegah pembersih atau kuman kontak langsung dengan kulit. Kompor tanam ikut pula terjaga kehigienisannya.

Berikut ini adalah cara ampuh membersihkan kompor tanam yang paling ampuh dan mudah.

Persiapkan Bahan Pembersih

cara membersihkan kompor tanam
(Pexels)

Pertama-tama, siapkan dulu bahan pembersih dan alat pendukungnya. Sediakan sikat untuk menggosok dan lap bersih guna mengeringkan kompor. Ada pula serabut aluminium jika noda kerak bersembunyi di celah sempit.

Selanjutnya Pins tinggal pilih bahan pembersih yang ingin digunakan. Pins dapat memakai soda kue, cuka, lemon, dan hidrogen peroksida. 

Soda kue memiliki kandungan sodium bikarbonat atau natrium hidrogen karbonat yang berguna merontokan noda. Cuka dan lemon memiliki asam asetat yang tinggi. Karat bisa rontok memakai bahan tersebut. 

Sementara itu, hidrogen peroksida biasa digunakan pada bahan besi dan keramik. Penggunaan bahan alami sering dipilih karena aman dan mudah didapatkan. Harganya juga sangat terjangkau.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Noda Darah Kering Pada Kasur

Lepaskan Regulator dan Tungku

cara membersihkan kompor tanam
(Pinterest)

Bila Pins memakai kompor gas, kamu akan menemukan komponen regulator. Regulator adalah bagian yang menghubungkan selang tabung gas. Komponen ini juga berfungsi untuk mengunci gas didalam tabung agar tidak mudah bocor.

Sementara itu, tungku adalah bagian yang digunakan sebagai tatakan untuk alat memasak. Umumnya, ini terbuat dari bahan logam seperti besi dengan tungku berkaki empat atau enam.

Tungku mudah sekali kotor karena selalu bersinggungan langsung dengan api. Lama-lama tungku akan berwarna hitam, berminyak dan lengket.

Jika tidak dibersihkan bahkan beresiko menimbulkan kobaran api. Untuk membersihkan kedua komponen tersebut, sebaiknya lepaskan dari kompor. Cara membongkar tungku mudah karena tidak dilekatkan secara permanen.

Baca juga: Pembersih Kompor Gas Bebas Kerak dan Cara Menggunakannya

Bersihkan Bagian Stainless Steel dan Kaca

(Pinterest)

Cara membersihkan kompor tanam model gas adalah merendam bagian regulator dan tungkunya dulu. Pins dapat merendamnya ke dalam larutan sabun atau lemon. Diamkan hingga beberapa menit sampai minyak ataupun noda lainnya luruh.

Sementara itu, kompor induksi atau listrik umumnya tidak memiliki tungku. Bagian permukaannya datar. Bahannya terbuat dari stainless steel yang anti karat dan kaca.

Bersihkan bagian ini dengan lap bersih. Siapkan baking soda yang dilarutkan dalam air kemudian masukan ke botol semprot. Setelah itu semprotkan cairan ke beberapa titik.

Usap dengan gerakan memutar memakai lap hingga bersih. Jika noda tak kunjung hilang coba tambahkan bahan pembersih lainnya. Diamkan selama beberapa menit baru disikat atau digosok menggunakan serabut aluminium.

Baca juga: 10 Cara Menggunakan Rice Cooker, Masakan Jadi Lebih Nikmat!

Sikat Bagian Burner

Burner adalah bagian lingkaran yang dikelilingi lubang kecil. Posisinya berada di tengah-tengah tungku dan berfungsi untuk mengeluarkan api. Jika kompor sering digunakan maka bagian burner akan menghitam dengan cepat.

Cara membersihkan kompor tanam harus memperhatikan perawatan burner. Mula-mula copot burner ketika kompor sudah dingin. Pins dapat menggunakan air hangat kemudian tambahkan sabun untuk membersihkan bagian terluar kompor.

Buat pasta dari baking soda dan air lalu aduk hingga teksturnya mengental. Lapisi semua bagian burner dengan pasta ini. Diamkan selama 20 menit baru setelahnya sikat sampai noda terangkat seluruhnya.

Sebaiknya gunakan sikat kecil sehingga bagian cekungan atau celah sempit mudah dijangkau. Apabila burner benar-benar bersih maka ketika dinyalakan api mudah keluar. 

Warna api cenderung biru yang menjadi pertanda tingkat oksigen atau temperatur tinggi. Apabila menggunakan sabun kotoran tak kunjung hilang maka rendam burner dalam larutan cuka sintetis.

Masukan dua sendok baking soda beserta dua irisan jeruk lemon. Diamkan selama sehari semalam. Kemudian sikat burner memakai kawat ataupun sabun aluminium sampai warna aslinya muncul. 

Apabila sudah benar-benar bersih maka keringkan. Gunakan lap bersih untuk mengelap seluruh bagiannya. Tindakan ini untuk menjaga burner tidak mudah berjamur karena adanya kelembaban.

Baca juga: Cara Menggunakan Kompor Listrik yang Umum untuk Pemula

Pasang Kembali komponen

cara membersihkan kompor tanam
(Pinterest)

Apabila sudah bersih semua baik burner, permukaan kompor, regulator dan tungku tinggal memasangnya kembali. Pasang burner terlebih dahulu di bagian tengah tunggu.

Setelah itu pasang tungku seperti semula dan kembalikan regulator ke asalnya. Pastikan ketika regulator terpasang tidak ada suara gas yang muncul. Jika muncul suara gas segera lepas selang dan cek tabung gas.

Periksa pula bagian yang terhubung dengan tabung gas seperti selang dan regulatornya. Ganti bagian yang rusak dan pasang kembali ke tempatnya.

Lakukan Perawatan Berkala

Jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala. Bijak dalam menggunakan kompor tanam. Misalnya saja jangan meletakan wajan panas di atas permukaan kaca kompor tanam.

Hindari membersihkan area berkerak memakai benda tajam. Apabila timbul noda pada kompor segera bersihkan. Pins dapat memakai tisu dapur untuk membersihkan noda sesegera mungkin.

Dengan menerapkan cara membersihkan kompor tanam di atas nyala api yang dihasilkan maksimal. Kebiasaan ini juga mengurangi hadirnya serangga di area dapur.

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Editor: Syahya R