Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 6 Tips dan Cara Mencuci Jas yang Benar dengan Mudah
cara mencuci jas
Kebersihan Rumah

6 Tips dan Cara Mencuci Jas yang Benar dengan Mudah

  • 16 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 5 menit membaca

Jas adalah pakaian yang memerlukan perawatan khusus, misalnya, penyimpanannya harus digantung, tidak boleh dilipat. Kemudian, cara mencuci jas yang benar juga tidak bisa disamakan dengan cara mencuci baju biasa.

Hal ini karena jas memiliki struktur dan bahan yang berbeda dengan pakaian lain. Jika dicuci sembarangan, jas bisa rusak bentuknya, bahannya jadi kusut, atau mungkin warnanya berubah.

Karena itu, kami telah merangkum beberapa tips cara mencuci jas dengan benar. Yuk, simak tips-nya!

Cara Mencuci Jas yang Benar

Periksa Label Petunjuk Pencucian

Pada setiap jas ada label cara pencucian yang memberikan informasi tentang apakah jas tersebut bisa dicuci. Maka, sebelum mencuci jas, periksa dulu label petunjuk pencucian pada jas.

Beberapa jenis jas tidak bisa dicuci dan hanya bisa dry cleaning. Nah, kalau labelnya berbunyi DRY CLEANING ONLY artinya kamu tidak bisa mencuci jas ini. Satu-satunya cara adalah dengan membawa jas tersebut ke jasa dry cleaning.

Sebaliknya, kalau label pencucian jas, menyebutkan jas bisa dicuci, maka kamu bisa mencucinya sendiri di rumah.

Baca Juga: 5 Cara Mencuci Bed Cover Sendiri di Rumah

Cuci Bagian Yang Ternoda Saja

Terkadang jas terkena noda saat dipakai beraktivitas. Nah, kalau nodanya hanya sedikit, kamu tidak perlu mencuci keseluruhan jas.

Kamu bisa mencuci bagian yang ternoda saja dengan menggunakan sabun detergen yang biasa digunakan untuk mencuci. Selanjutnya, gosok dengan berbulu halus. Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai.

Cara ini lebih praktis dan aman sehingga tidak akan merusak bentuk jas. Mencuci sedikit saja bagian yang kotor juga akan mempercepat proses pengeringan.

Mencuci Jas Pakai Tangan

Cara mencuci jas yang disarankan adalah dengan mencuci manual menggunakan tangan. Kenapa? Pada saat mencuci dengan tangan, kamu bisa mencuci dengan lebih hati-hati tanpa merusak bentuk dari jas itu sendiri.

Usahakan untuk tidak mengucek jas agar tidak menjadi kusut. Untuk menghilangkan noda, gunakan sikat berbulu halus. Jika sudah selesai mencuci jas, jangan diperas tetapi langsung digantung. Hal ini dilakukan supaya bentuk jas tidak rusak akibat diperas.

Baca Juga: Cara Mencuci Jaket Kulit dengan Benar

Pakai Mesin Cuci

Ada jas yang memang bisa dicuci di mesin cuci. Biasanya keterangan tersebut ada di label pencucian yang tertera pada jas.

Jika tidak mau repot mencuci manual, kamu bisa mencucinya dengan mesin asalkan memperhatikan cara mencuci baju di mesin cuci yang benar.

Saat mencuci jas dengan mesin cuci, ada baiknya mencuci secara terpisah. Hal ini supaya jas tidak tercampur dengan pakaian lain. Kalau dicampur, jas akan menjadi kusut dan ada risiko terkena luntur pakaian lain.

Ketika mencuci jas di mesin cuci, masukkan jas ke dalam wadah khusus bernama laundry bag. Wadah ini tersebut bertujuan untuk melindungi bentuk jas agar tidak rusak ketika dicuci dengan mesin cuci.

Sebelum dimasukkan, balik jas terlebih dahulu sehingga bagian luar ada di dalam. Masukkan ke dalam laundry bag, lalu masukkan ke dalam mesin cuci.

Pengaturan mesin cuci juga harus disesuaikan dengan kebutuhan mencuci jas. Umumnya, mesin cuci yang dipakai untuk mencuci jas disertai dengan fitur delicate.

Artinya, proses pencucian akan berjalan lebih perlahan ketimbang mode normal. Keunggulan fitur ini adalah menjaga bahan jas agar tidak rusak bentuknya.

Keringkan di Tempat Teduh

Setelah jas dicuci hingga bersih, langkah selanjutnya adalah mengeringkannya. Mengeringkan jas tidak boleh dilakukan sembarangan.

Cara mengeringkan jas yang benar adalah dengan menjemurnya di tempat yang memiliki sirkulasi udara bagus. Namun, tidak disarankan menjemur jas di bawah terik matahari langsung.

Hal ini karena sinar matahari yang terlalu terik dapat merusak warna pada jas. Nah, idealnya jas dijemur dengan diangin-angin saja di tempat yang teduh, terang, dan sirkulasi udaranya bagus.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mengeringkan Baju di Mesin Cuci dengan Benar

Setrika Jas Menggunakan Pelapis

Setelah jas kering, selanjutnya adalah menyetrika jas untuk menghaluskan bagian yang kusut akibat pencucian.

Ketika hendak menyetrika jas, sebaiknya tidak langsung menggosokkan setrika pada jas. Permukaan setrika yang terlalu panas justru dapat merusak bahan atau mengubah warna jas.

Cara menyetrika jas yang benar adalah dengan melapisi permukaan yang hendak disetrika menggunakan kain. Hal ini bertujuan supaya panas dari setrika tidak langsung mengenai bahan jas.

Pada saat menyetrika, kamu juga bisa menyemprotkan pelembut sekaligus pewangi pakaian. Gunakan produk yang memiliki kandungan antibakteri agar jas bebas kuman dan jamur saat disimpan nanti.

Tips Menyimpan Jas

Setelah disetrika hingga rapi, selanjutnya adalah menyimpan jas. Cara menyimpan jas, sebaiknya tidak dilipat dan dimasukkan ke dalam lemari, tetapi digantung menggunakan hanger.

Lebih baik lagi kalau kamu menyimpan jas di dalam wadah penyimpanan khusus bernama garment cover. Kamu bisa mencari produk ini di lapak online dengan mudah.

Kemudian, kamu bisa menggantungnya di dalam lemari. Pastikan lemarimu kering dan tidak lembap, ya. Sebab, area yang lembap rawan ditumbuhi jamur.

Kamu tentu tidak mau jas yang sudah bersih jadi berjamur, kan? Sebagai upaya pencegahan, kamu bisa meletakkan produk penyerap udara lembap.

Jika ingin bepergian dengan membawa jas juga sebaiknya tidak dilipat di dalam koper bersama pakaian lain. Namun, ada tas khusus untuk membawa jas bernama garment bag atau suit bag. Produk ini bisa dibeli di lapak online dengan harga kurang dari Rp200 ribu.

Demikian beberapa tips cara mencuci jas yang benar serta cara penyimpanannya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan Jilbab di Lemari Agar Tetap Rapi


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.