Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah Pembersih Kompor Gas Bebas Kerak dan Cara Menggunakannya
cara membersihkan kompor gas
Kebersihan Rumah

Pembersih Kompor Gas Bebas Kerak dan Cara Menggunakannya

  • 10 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 6 menit membaca

Menerapkan cara membersihkan kompor penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Namun, kamu bisa memaksimalkan cara tersebut dengan mengetahui apa saja bahan pembersih kompor gas yang bisa Pins manfaatkan, nih

Ini karena kompor rentan sekali menjadi kotor dan berkerak akibat cipratan minyak dan tumpahan bahan makanan. Hal tersebut bisa terpapar panasnya api sehingga menciptakan kotoran yang sulit dihilangkan hanya dengan sekali usap. 

Perpaduan noda kotoran dan panas ini kemudian menimbulkan kerak membandel yang sulit dibersihkan. Kotoran bahkan bisa sampai ke sela-sela tungku dan burner. Tapi jangan khawatir, kami punya cara membersihkan kompor gas yang ampuh. Yuk simak tipsnya!

Daftar Pembersih Kompor Gas Bahan Alami

Tak perlu repot-repot membeli bahan kimia yang mungkin saja bisa membahayakanmu. Pins bisa menggunakan beragam bahan alami sebagai pembersih kompor gas. Berikut ini bahan alami yang ampuh membersihkan kompor gas dan cara menggunakannya.

Kulit Lemon dan Garam

pembersih kompor gas
(Pixabay)

Salah satu bahan pembersih kompor gas yang bisa Pins temukan di rumah adalah kulit lemon. Caranya cukup mudah, kok. Kamu hanya perlu menambahkan garam kasar pada kulit lemon dan gunakan untuk menggosok bagian berkerak pada kompor gas. 

Perpaduan kulit lemon dan garam memiliki tekstur seperti amplas yang abrasif. Sementara itu, kandungan pada garam dan kulit lemon dapat membunuh bakteri sekaligus merontokkan lemak. 

Setelah kerak pada kompor gas dirasa sudah tergerus, bersihkan sisa-sisa garam sampai bersih dengan lap basah.

Baca Juga: 10 Merek Regulator Gas Terbaik dan Aman Digunakan

Lemon dan Baking soda

(Freepik)

Jika sebelumnya memanfaatkan kulit lemon, kamu juga bisa lho menggunakan air perasan lemon. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan baking soda dengan air perasan lemon hingga teksturnya kental seperti pasta.

Selanjutnya, oleskan pasta tadi pada bagian yang berkerak pada kompor dan diamkan selama 30 menit. Perpaduan baking soda dan lemon dapat menguraikan kerak membandel yang menempel pada kompor gas. 

Agar hasilnya lebih maksimal, gosok bagian yang berkerak dengan sikat atau sabut besi. Selanjutnya, bersihkan dengan lap basah. Jika ada kerak yang masih tersisa, ulangi langkah-langkah tadi hingga semua kerak rontok.

Baca juga: Apa Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder? Ini Jawabannya

Jeruk Nipis dan Baking soda

pembersih kompor gas
(Freepik)

Pada dasarnya, jeruk nipis memiliki kandungan dan khasiat yang mirip dengan lemon. Penggunaan jeruk nipis sebagai bahan pembersih juga akan meninggalkan kesan yang kesat bebas minyak pada permukaan kompor.

Cara membersihkan kompor gas dengan jeruk nipis sama seperti penggunaan lemon. Pins bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan baking soda hingga menjadi pasta.  Kemudian, oleskan pada area berkerak dan diamkan selama setengah jam.

Cuka

(Freepik)

Berkat sifat korosif yang ada pada cuka, kamu bisa memanfaatkan bahan dapur ini sebagai cara membersihkan kerak pada kompor. Cukup oleskan cairan cuka, baik cuka apel maupun cuka putih, pada bagian berkarat dengan spons

Setelah itu, gosok dengan sikat atau sabut besi untuk merontokkan kerak membandel. Alternatifnya, kamu bisa meletakkan tisu terlebih dulu pada kompor yang berkerak. 

Kemudian, tuangkan cuka hingga tisu basah sempurna. Diamkan tisu yang telah basah dengan cuka ini selama 10 menit agar cairan bekerja merontokkan kerak membandel. Selanjutnya, gosok sisa-sisa kerak dan bilas  sampai bersih.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Dinding Keramik Kamar Mandi dari Kerak

Sabun Cuci Piring dan Baking Soda

Mengingat sabun cuci piring bisa mengangkat minyak membandel, mengapa tidak sekalian dimanfaatkan saja? Namun, Pins mungkin perlu bantuan dari baking soda agar kerak yang menempel pada kompor gas bisa terangkat sepenuhnya, ya!

Begini cara menggunakan bahan pembersih kompor gas yang bisa kamu jumpai di rumah. 

  • Campurkan soda kue dan sabun cuci piring dengan perbandingan yang sama. 
  • Aduk hingga mendapatkan pasta yang sedikit berbusa. 
  • Oleskan campuran ini pada kompor gas dan biarkan selama satu jam. 
  • Gosok bagian permukaan kompor hingga bersih. 

Minyak Nabati atau Minyak Zaitun

pembersih kompor gas
(Pexels)

Salah satu cara alami membersihkan kompor gas yang patut Pins coba yaitu memanfaatkan minyak nabati, seperti minyak zaitun. Pasalnya, minyak zaitun memiliki senyawa yang bantu mengangkat noda yang menempel pada kompor. 

Ini cara yang bisa kamu coba:

  • Tuangkan sedikit minyak zaitun di atas kompor. 
  • Gunakan kain untuk menggosok permukaan kompor yang kotor. 
  • Bersihkan dengan pembersih serba guna hingga kinclong kembali. 

Tips Membersihkan Kompor Gas Menyeluruh

Tips membersihkan kompor gas memang terdengar sangat mudah. Namun faktanya, kompor gas butuh pembersihan ekstra yang tidak cukup jika hanya mengandalkan sabun dan kain lap saja. Berikut ini cara membersihkan kompor gas secara menyeluruh.

Rendam Tungku Kompor

(PopMama)

Bagi kamu yang punya banyak waktu luang, cobalah bersihkan kompor dengan merendam tungku kompor. Bagian ini bisa dilepas dari atas kompor, apalagi bentuk kompor yang punya banyak sudut sempit sehingga sulit untuk menggosok kerak. 

Jika tungku kompor sampai berkerak, kamu perlu menggunakan cairan korosif untuk merontokkan kerak membandel. 

Adapun cairan yang bisa kamu gunakan untuk merendam tungku kompor bermacam-macam. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti lemon, baking soda, maupun cuka seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Di samping bahan-bahan tadi, kamu juga bisa merendam tungku kompor dengan air panas selama kurang lebih satu jam untuk merontokkan kerak. 

Jika kerak masih tersisa, gosok dengan sikat gigi untuk menjangkau sudut-sudut tungku. Terakhir, bilas sampai bersih dan keringkan sebelum kamu memasangnya lagi ke atas kompor.

Baca juga: 6 Cara Ampuh Membersihkan Kompor Tanam, Kinclong Seperti Baru!

Bersihkan Burner dengan Sikat Gigi

pembersih kompor gas
(Arafuru)

Cara membersihkan kompor gas tidak lengkap tanpa membersihkan burner. Komponen ini merupakan tempat keluarnya api. Jika tersumbat oleh kotoran maupun kerak, aliran gas akan terhambat dan api tidak akan menyala sempurna.

Jangankan kotoran, lubang-lubang kecil pada burner bahkan bisa tertutup oleh air sehingga kompor tidak menyala. Itu sebabnya, kamu tidak disarankan merendam bagian ini dengan air ketika membersihkan burner meski bisa dilepas dari kompor. 

Sebaiknya, gunakan sikat gigi untuk menghilangkan noda dan kotoran yang menyumbat lubang burner. Jika ada kotoran yang sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan pin atau kawat kecil.

Pins juga tidak disarankan menggunakan tusuk gigi atau alat lainnya yang mudah patah. Sebab, sisa patahan yang tertinggal di dalam burner akan semakin sulit dikeluarkan dan mengganggu nyala kompor. 

Untuk memastikan burner betul-betul bersih, kamu bisa meniup lubang-lubangnya dengan embusan keras. Lalu, coba pasangkan pada kompor dan lihat hasilnya.

Nah, itu dia berbagai bahan pembersih alami kompor gas dan tips menggunakannya. Selain mudah didapatkan, bahan yang dipakai pun dibanderol dengan harga terjangkau dan tergolong aman untuk membersihkan alat masak. 

Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan tadi untuk membersihkan berbagai perlengkapan lainnya di rumah, lho. Selamat mencoba!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya R