Pinhome Home Service

Beranda Artikel Elektronik 11 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik Lengkap dengan Harga!
Kompor Induksi Terbaik
Elektronik

11 Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik Lengkap dengan Harga!

  • 14 Mar, 2022 oleh Mustika
  • 7 menit membaca

Inovasi teknologi bermunculan setiap hari, tak terkecuali teknologi untuk keperluan rumah tangga. Kini, kompor induksi terbaik makin banyak diminati karena fitur-fitur dan tampilannya yang stylish.

Hal ini wajar karena kompor induksi memang menawarkan sederet kelebihan dibanding kompor gas. Namun, layaknya semua barang, seiring dengan kelebihan juga tersemat kekurangan.

Kelebihan dan Kekurangan Kompor Induksi

kompor induksi terbaik
(Freepik)

Sebelum memutuskan memakai kompor induksi, ada baiknya kamu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan teknologi ini.

Kelebihan Kompor Induksi

Inovasi cemerlang dalam teknologi perdapuran ini memiliki sederet kelebihan yang tak bisa disangkal, yaitu:

  • Lebih aman dibanding kompor gas, kompor minyak, maupun tungku.
  • Lebih praktis dengan adanya fitur-fitur bawaan.
  • Desain stylish sehingga cocok untuk rumah modern.
  • Lebih sehat dan bersih karena tidak menghasilkan polusi asap.
  • Mudah dibersihkan karena permukaannya rata.
  • Panas yang dihasilkan lebih merata.

Kekurangan Kompor Induksi

Kompor listrik induksi terbaik adalah produk dengan fitur dan kualitas unggul. Meski demikian, tak bisa dimungkiri penggunaan kompor induksi memiliki sederet kekurangan, yaitu:

  • Ketergantungan pada tenaga listrik, jadi kamu tidak akan bisa memasak kalau mati listrik.
  • Penggunaan daya listrik cukup besar, jadi bersiaplah dengan tagihan listrik yang melonjak.
  • Harus alat masak khusus, yaitu panci atau wajan yang terbuat dari cast iron, stainless steel,  atau enameled iron.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Menggunakan Kompor Listrik, Masakan Jadi Lebih Enak!

Jenis-jenis Kompor Induksi

kompor induksi terbaik
(Freepik)

Kompor induksi tidaklah sama dengan kompor listrik. Meski sama-sama menggunakan energi listrik, keduanya memiliki cara kerja yang berbeda.

Kompor induksi memanaskan wajan atau panci secara langsung menggunakan energi elektromagnetik. Adapun  kompor elektrik memanaskan wajan atau panci secara tidak langsung menggunakan elemen pemanas.

Kompor elektrik menggunakan resistor berbahan nikrom kawat, sedangkan kompor induksi menggunakan magnet. Adapun untuk jenisnya, kompor induksi terdiri dari 2 varian, yaitu:

Kompor Induksi Tanam

Jenis kompor induksi ini dipasang secara permanen di dapur, biasanya terdiri dari dua tungku atau lebih dengan permukaan yang datar.

Kompor Induksi Portable

Sesuai namanya, kompor induksi portable mudah dipindah dan ukurannya lebih kecil.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Kompor Tanam, Kinclong Seperti Baru!

Rekomendasi Kompor Induksi Terbaik

Masih belum menemukan kompor induksi terbaik? Yuk, simak daftar rekomendasi berikut ini sebagai bahan pertimbangan.

Cosmos CIC-996

(MyHartono)

Kompor induksi terbaik keluaran Cosmos ini hadir dengan 5 fungsi, yaitu hotpot, saute, stir fry, soup dan juga steam. Jadi, kamu bisa memasak dengan berbagai metode cukup dengan memilih mode yang ada.

Ditambah lagi, plate kompor induksi tidak panas meski sedang digunakan. Ini sangat cocok untuk keluarga dengan anak-anak. Tak lupa, kompor induksi Cosmos dilengkapi dengan  alarm sistem pengaman serta 3 lampu LED.

Konsumsi dayanya juga tergolong irit, hanya 300 Watt saat awal penggunaan. Kamu bisa mendapatkan kompor induksi ini dengan bujet sekitar Rp 750-800 ribuan.

Philips HD4932/30

(Philips)

Rekomendasi kompor induksi terbaik dari Philips ini diklaim dapat memasak lebih cepat hingga sepertiga dari waktu biasanya. Dengan proses memasak yang lebih singkat, nutrisi dalam makanan pun lebih terjaga.

Menariknya, kompor induksi Philips hadir dengan sensor touch serta ada fitur penguncian sehingga aman untuk anak-anak. Ditambah lagi, Philips menyematkan fitur agar kompor mati secara otomatis saat makanan sudah matang.

Kompor induksi ini dilengkapi dengan 6 level daya yang mencapai 2100 watt pada level tertinggi. Penggunaannya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan memasak.

Kompor ini bisa kamu miliki dengan budget sekitar Rp 2-2,5 juta, sepadan dengan kualitas dan spesifikasinya.

Baca juga: 5 Cara Menggunakan Kompor Listrik, Masakan Jadi Lebih Enak!

Modena BI 1721

(Tokopedia)

Modena menghadirkan kompor induksi terbaik kelas menengah ke atas dengan banderol sekitar 6 juta sampai 7 juta rupiah. Harga ini tentunya sepadan dengan kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan.

Kompor induksi Modena didesain dengan 2 tungku serta dilengkapi panel kontrol touch screen. Penggunaan daya listriknya hingga 9 level hingga mencapai 2.300 Watt pada level tertinggi.

Tentunya level daya listrik ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau mau hemat listrik, gunakan level rendah, sedangkan untuk memasak cepat, gunakan level tinggi.

Kompor induksi ini juga didesain ramah anak karena ada fitur penguncian dan bisa mati secara otomatis. Dalam hal tampilan, kompor induksi Modena memiliki desain elegan dengan lapisan kaca keramik sampai tepi belakang kompor.

HI-COOK IC-02

kompor induksi terbaik
(Shopee)

Terkenal sebagai merek produk elektronik unggulan, Samsung menghadirkan kompor induksi terbaik dengan pengatur suhu. Teknologi pengaturan suhu kompor bisa disesuai dengan daya listrik yang digunakan, yaitu mulai dari 500 Watt.

Bahkan, kompor ini dilengkapi dengan fitur off otomatis. Tampilannya juga elegan dengan permukaan kaca hitam. Dengan fitur dan spesifikasi yang mumpuni, kompor induksi ini bisa kamu miliki dengan dana sekitar Rp 400-450 ribuan.

Baca juga: Pembersih Kompor Gas Bebas Kerak dan Cara Menggunakannya

Han River HRIC01BK

(Shopee)

Kompor induksi terbaik dari Han River hadir dengan 7 fungsi memasak, yaitu hot pot, fry, stir fry, steam, soup, porridge, dan boil. Ketika ingin memasak dengan metode tertentu, tinggal pilih saja mode yang sesuai.

Konsumsi daya listriknya pun bisa disesuaikan dengan penggunaan, mulai dari 1.200 Watt hingga 2000 Watt. Untuk memiliki kompor induksi ini, kamu cukup merogoh kocek sebanyak Rp 200-250 ribuan saja.

Oxone OX-646

kompor induksi terbaik
(Blibli)

Kompor induksi keluaran Oxone sangat praktis digunakan, apalagi sudah dilengkapi sensor touch dan sliding control. Dengan fitur ini kamu bisa mengatur mode masak yang diinginkan.

Ditambah lagi, Oxone sudah menyematkan teknologi kontrol panas hingga 8 tingkat. Untuk penggunaan daya listriknya bisa mencapai 2.000 Watt. Untuk membawa pulang kompor induksi ini, siapkan dana sekitar Rp 1,5 jutaan.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Kompor Gas dan Menghilangkan Keraknya

Idealife IL-201

(Dapurnesia)

Kompor induksi keluaran Idealife hadir dengan 9 mode masak dan penggunaan daya listrik mulai dari 200 hingga 1.300 Watt. Idealife juga menyematkan kabel sepanjang 1.2 meter, sehingga soket listrik bisa dipasang agak jauh dari sumber panas.

Ditambah lagi, kompor ini sudah dilengkapi dengan overheating protection sebagai fitur keamanan. Untuk memiliki kompor ini, kamu memerlukan dana sekitar Rp 750-800 ribuan.

Rinnai RB-6004H-CB

(Bukalapak)

Perlu memasak banyak dan cepat setiap hari? Kompor induksi Rinnai dengan 4 tungku bisa jadi pilihan tepat untuk membantu kesibukanmu di dapur.

Masing-masing tungku ditenagai oleh arus listrik sebesar 2.5-2.5-1.5-1.5 kW/h dengan tingkat pemanas hingga 9 level. Cara penggunaannya juga sangat praktis dengan soft touch screen operation.

Ada anak di rumah? Tenang, kompor ini sudah dilengkapi dengan safety lock serta fitur off otomatis. Tampilannya juga stylish dengan material Schott Ceran Glass berwarna hitam yang elegan.

Sesuai dengan spesifikasi yang canggih dan mumpuni, kompor induksi ini dibanderol dengan harga Rp 8,5 – 9 jutaan.

Tori TIC-818

kompor induksi terbaik
(Shopee)

Jika rekomendasi kompor induksi terbaik sebelumnya lebih cocok untuk kompor tanam, kompor dari Tori hadir dengan ukuran portable. Dimensinya hanya 30 x 38 x 8 cm sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Meski kecil, kompor induksi ini sudah dilengkapi dengan 7 fungsi memasak. Mode yang bisa kamu pilih yaitu hot pot, steam, fry, boiling water, soup, porridge, dan saute.

Sudah dilengkapi dengan teknologi off otomatis, kompor induksi ini bisa kamu miliki dengan budget Rp 350-400 ribuan.

Lesindo Induction Cooker

(Bukalapak)

Satu lagi kompor induksi terbaik yang portable, Lesindo menghadirkan kompor 1 tungku dengan dimensi 28 x3x6. Konsumsi daya listriknya hanya 600 Watt serta dilengkapi 8 mode memasak.

Tak lupa, kompor induksi Lesindo juga sudah dilengkapi overheating protection sehingga lebih aman digunakan. Harganya pun terjangkau, hanya sekitar Rp 250 ribuan.

Xiaomi DCL002M Mijia Youth Version

kompor induksi terbaik
(Blibli)

Meski lebih populer dengan produk smartphone, Xiaomi juga mengeluarkan kompor induksi youth version yang cocok untuk anak muda. Kompor induksi ini memiliki desain bulat dan ringkas sehingga mudah dipindahkan.

Meski ukurannya kecil, kompor ini dilengkapi tingkat pemanas hingga 9 level. Ditambah lagi, Xiaomi sudah menyematkan sensor proteksi temperatur tinggi.

Dengan fitur ini, kompor berhenti bekerja saat sudah mencapai titik panas tertentu atau ketika panci diangkat dari kompor.

Kompor induksi berdaya listrik 1.200 Watt ini bisa kamu miliki dengan budget sekitar 600ribu rupiah. Nah, itu dia daftar kompor induksi terbaik yang bisa kamu pilih. Jangan lupa untuk merawat kompor dengan rutin membersihkannya.

Kamu bisa kok minta bala bantuan melalui jasa Home Cleaning dari Pinhome Home Service di aplikasi Pinhome. Tak hanya kompor induksi, seluruh rumah bisa bersih dengan Rekan Jasa yang datang. Harganya mulai 50ribu untuk 1 jam dengan berbagai promo tersedia. Klik di sini untuk coba.

Baca juga:


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah. 

Editor: Syahya R