Pinhome Home Service

Beranda Artikel Kebersihan Rumah 6 Cara Membersihkan Kompor Gas dan Menghilangkan Keraknya
cara membersihkan kompor gas
Kebersihan Rumah

6 Cara Membersihkan Kompor Gas dan Menghilangkan Keraknya

  • 18 Nov, 2021 oleh Nur Dwi Ratnasari
  • 6 menit membaca

Cara membersihkan kompor gas susah-susah gampang. Ini akan mudah bila hanya debu yang menempel, tapi akan sulit ketika sudah banyak kerak di sana. 

Untungnya, cara membersihkan kerak kompor bisa mengandalkan bahan alami yang ada di sekitar. Bila tidak memungkinkan, Pins masih bisa menggunakan pembersih kompor gas khusus. 

Yuk, mulai bersih-bersih kerak kompor karena bisa merusak kompor di kemudian hari. Ini terjadi akibat penumpukan kotoran pada tungku menyumbat gas untuk menghasilkan api. Tunggu apa lagi? Ini beragam cara menggosok noda kompor!

Baca Juga:

Lepaskan Ring Kompor

cara membersihkan kompor gas
(Freepik)

Cara membersihkan kompor gas dimulai dengan melepaskan ring kompor. Rendam ring kompor ini di dalam air hangat yang bercampur dengan sabun cuci.

Rendam selama 2-4 jam agar kotoran dapat terangkat dengan sempurna. Ring kompor gas merupakan bagian penyangga peralatan memasak yang biasanya punya empat atau enam kaki. 

Cara membersihkan kerak kompor pada area ini adalah dengan menyikatnya memakai sikat gigi untuk kotoran yang membandel. Sikat setiap sudut ring kompor hingga bersih. 

Setelah bersih, angkat dan bilas memakai air keran yang mengalir. Setelah itu keringkan dengan lap bersih.

Ring yang dibiarkan semakin hitam, lengket dan berminyak juga berbahaya. Pasalnya, ini dekat dengan api sehingga bisa menjadi bahan bakar untuk menyulut api yang jauh lebih besar. 

Baca Juga:

Bersihkan Burner dan Knop

(Freepik)

Burner merupakan bagian berbentuk lingkaran yang dikelilingi lubang kecil. Letaknya berada pada tengah-tengah tungku kompor. Bagian ini pula yang mengeluarkan api.

Burner yang tak dibersihkan dengan pembersih kompor gas akan membuatnya mudah rusak. Kabar baiknya, Pins bisa membongkar pasang burner dan membersihkannya dengan sikat kawat atau serabut aluminium. 

Selain itu, Pins perlu membersihkan knop yang sering terlihat pada kompor gas portable atau freestanding. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan membersihkan burner. 

Pins dapat memakai pembersih kompor gas dalam bentuk cairan. Ini memudahkan kamu dengan menyemprotkan cairan tersebut ke bagian knop dan sikat hingga kotoran terangkat. 

Bilas memakai air bersih kemudian lap hingga kering. Apabila burner dan knop sudah mengering sempurna, pasang kembali pada tempatnya. 

Gunakan Bahan Alami Sebagai Pembersih

cara membersihkan kompor gas
(Freepik)

Pembersih kompor gas tak selalu berasal dari bahan kimia. Pins dapat menggunakan bahan alami untuk mengangkat kerak membandel. Tak jarang bahan alami ini lebih ampuh ketimbang pembersih kompor gas  buatan pabrik.

Berikut beberapa bahan alami yang terbukti mampu mengangkat kerak membandel pada kompor gas. 

Cuka

Cuka menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu pakai untuk membersihkan kompor gas. Pasalnya, kandungan asam asetat pada cuka bersifat iritas sehingga mampu merusak struktur kerak. 

Jeruk nipis

Tidak jauh berbeda dengan cuka, jeruk nipis mengandung sitrun yang tinggi. Senyawa ini diklaim bisa mengangkat kerak membandel. Selain itu, cara membersihkan kompor gas dengan jeruk nipis menghasilkan bau yang segar. 

Baca Juga:

Baking soda

Baking soda pun bisa membantu Pins mengangkat kerak membandel pada kompor. Pins cukup melarutkan baking soda dengan cuka. Lalu, semprotkan campuran tersebut pada bagian yang berkerak. Diamkan 30 menit, sikat, dan kotoran akan luruh. 

Minuman bersoda

Selain untuk melepas dahaga, minuman bersoda ampuh meluruhkan kerak. Pins hanya perlu merendam tungku kompor ke dalam wadah yang berisi minuman bersoda. 

Diamkan beberapa saat dan sikat bagian yang masih berkerak. Cuci seperti biasa, lalu keringkan. 

Hapus Lemak Pada Permukaan Kompor

(Freepik)

Cara membersihkan kerak kompor juga harus menyeluruh. Jangan lupa untuk menghapus noda lemak pada permukaan kompor. Noda lemak ini biasa berasal dari percikan minyak saat memasak atau bahan makanan.

Untuk membersihkannya, Pins bisa memanfaatkan tepung terigu. Taburi permukaan kompor dengan tepung terigu kemudian usap memakai kain basah hingga bersih.

Selain itu, kombinasi cuka dan tepung maizena juga ampuh mengangkat noda minyak. Tambahkan sedikit air hingga menjadi encer kemudian oleskan pada kompor.

Gunakan spon lalu usap dengan gerakan melingkar. Lakukan hal ini hingga minyak menghilang. Setelah itu, ambil lap dan celupkan pada air sabun. Usap kompor untuk double cleansing kemudian keringkan dengan lap bersih.

Apabila noda minyak telah mengering, gunakan campuran baking soda dan cuka. Penggunaan minyak zaitun bisa mengurangi karat pada bahan stainless steel

Baca Juga:

Pasang Kembali

cara membersihkan kompor gas
(Pinterest)

Setelah selesai membersihkan setiap sudut kompor, pasang kembali. Pastikan sebelum memasang bagian kompor ini sudah benar-benar dalam keadaan kering.

Pasang kembali knop atau burner dan tungku kompor ke tempatnya. Pastikan posisinya sudah pas dan tepat. Dengan begitu, kompor bisa bekerja sebagaimana mestinya.

Baca Juga:

Cek Selang dan Regulator Tabung Gas

(Pinterest)

Sebelum menyalakan kompor, sebaiknya lakukan cek selang dan regulator tabung gas secara berkala. Jangan sampai terjadi kebocoran dan menimbulkan ledakan hebat.

Selang dan regulator tabung gas yang terawat mampu mencegah potensi kebocoran gas. Perawatannya sendiri sangat mudah hanya berbekal lap.

Cara membersihkan kompor gas apalagi pada bagian selang adalah mengelap bagian luar selang memakai kain lembab. Dengan rutin membersihkannya, ini bisa sekaligus mengecek apakah ada retakan pada dinding selang.

Pemasangan regulator pada tabung gas berguna untuk memastikan tekanan gas dalam keadaan normal. Pemasangan gas yang tidak pas akan beresiko menimbulkan kebocoran.

Tekanan gas yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah dapat menyebabkan ledakan gas. Tak hanya kompor gas, tetapi juga bersihkan area sekitarnya juga.

Selain cara membersihkan kompor gas diatas, pastikan pula tidak ada benda tajam berada dekat dengan tabung gas. Kompor gas yang terawat maka berpengaruh pada nyala api yang dihasilkannya.

Baca Juga:

Featured Image Source: Kompas.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.