Pinhome Home Service

Beranda Artikel Otomotif Ketahui 8 Fungsi Busi Motor yang Harus Kamu Kethui
fungsi busi motor
Otomotif

Ketahui 8 Fungsi Busi Motor yang Harus Kamu Kethui

  • 24 Mar, 2022 oleh Omri Christian
  • 5 menit membaca

Sebagai pengendara, pemahaman tentang fungsi busi motor adalah hal yang lumrah. Ini bertujuan memudahkan Pins mengetahui apa yang harus dilakukan ketika ada kerusakan pada suatu komponen.

Bagi kalangan awam, mungkin masih banyak yang bingung mengenai apa itu busi? Apa saja fungsi dan komponennya? Di mana letak busi atau mungkin seperti apa bentuknya. Yuk, pahami lebih jauh tentang apa itu busi beserta fungsinya di sini.

Apa Itu Busi?

(Otoflix)

Busi adalah suku cadang yang pertama kali digunakan tahun 1860. Kata yang berasal dari bahasa Belanda Bougie ini terdiri dari lima jenis, yakni standar, platinum, resistor, racing, dan iridium.

Umumnya, busi bisa bertahan hingga pemakaian 20.000 – 30.000 kilometer. Setiap jenisnya memiliki perbedaan yang terletak pada bahan yang dipakai. Beberapa busi bisa terbuat dari nikel, platinum, hingga iridium.

Selain itu, lokasi busi untuk masing-masing motor pun berbeda. Misal, busi pada motor bebek terletak di kanan silinder head, sedangkan kamu harus membongkar motor matic untuk melihat posisi busi.

Baca juga:

Fungsi Busi Pada Motor

fungsi busi motor
(Dreamtimes)

Pada dasarnya, fungsi utama busi pada motor mengolah tegangan listrik dari koil. Hasil pengolahan ini adalah percikan api yang bisa membantu proses pembakaran.

Jika busi tidak bekerja dengan baik, proses pembakaran akan terganggu. Artinya, motor tidak bisa menyala tanpa busi. Maka dari itu, coba pahami dulu yuk fungsi-fungsi penting busi lainnya di bawah ini.

Baca juga: 8 Merk Shockbreaker Motor Terbaik Untukmu

Terminal

Fungsi busi pada motor selanjutnya adalah terminal. Materialnya terbuat dari besi karena mampu menghantarkan panas dengan baik. 

Letaknya di bagian pucuk busi yang busi dengan ignition. Terminal ini akan terhubung dengan kabel bertegangan tinggi. Kabel inilah yang mengalirkan listrik dari coil.

Insulator

Jika Pins teliti, hampir semua busi menggunakan insulator berbahan dasar keramik. Insulator sendiri berfungsi untuk memindahkan panas ke kepala silinder. 

Selain itu, ini berfungsi mengisolasi elektroda tengah dan batang terminal. Dengan begitu, keduanya bisa menjadi penghalang agar arus tinggi tidak keluar.

Ribs

Pernah berpikir bagaimana arus listrik tidak keluar atau merambat ke komponen lain?

Ini adalah salah satu fungsi busi pada motor di bagian Ribs. Elemen ini mencegah listrik merambat ke komponen mesin yang biasa dikenal dengan massa atau negative.

Bentuk dari Ribs sendiri adalah bergelombang atau berlekuk. Alhasil, komponen ini bisa membuat jarak antara ground dan elektroda inti makin jauh.

Ketika jarak keduanya makin jauh, secara otomatis hambatan inti besi dan ground semakin besar juga.

Insulator Tip

(Reddit)

Insulator tip adalah bagian yang terbuat dari material yang tahan dengan suhu tinggi. Pasalnya, komponen ini mengalami proses pembakaran.

Letak bagian ini berada di ujung insulator dan bisa menahan suhu sampai 650 derajat. Bahkan, komponen ini bisa menahan maksimal tegangan yang mencapai 60.000 volt, lho.

Gasket (Seal)

Bagian ini memiliki fungsi untuk menutup ruang bakar. Alasannya agar kompresi di ruangan tersebut tidak mengalir keluar melalui celah drat busi.

Metal Case

Disebut sebagai jaket, metal case berfungsi menghantarkan daya panas ke komponen lainnya. Tidak hanya itu, komponen ini berperan mengunci busi ke silinder head. Dengan begitu, mesin overheat bisa dihindari.

Inti Elektroda

Material yang membentuk bagian ini adalah utamanya menggunakan tembaga. Namun kombinasi nikel, besi, tembaga, dan logam lainnya juga menjadi pilihan. 

Inti elektroda berfungsi menyalurkan atau menghantarkan energi listrik. Kemudian bagian ini juga akan terhubung ke terminal.

Ground (Elektroda Samping)

Ground terletak di ujung busi motor. Bagian ini bersentuhan langsung dengan ground atau badan motor. Fungsi busi pada motor di bagian ground adalah memindahkan arus listrik ke inti elektroda. Ground juga menjadi akhir dari api koil.

Baca juga: 12 Cara Ampuh Menghilangkan Karat pada Besi Motor

Cara Kerja Busi Motor

fungsi busi motor
(Carsworld)

Untuk bisa bekerja, busi motor harus terhubung ke tegangan yang berasal dari ignition coil. Tegangan ini tentunya berjumlah ribuan volt.

Saat busi motor terhubung ke tegangan, tegangan listrik pun dihasilkan. Namun, Pins perlu tahu kalau tegangan listrik ini berbeda untuk elektroda bagian tengah busi dan bagian samping busi.

Ketika perbedaan tegangan dengan kekuatan yang melebihi elektrik gas, gas ini akan terionisasi. Akibatnya, akan terjadi perubahan sifat dari isolator jadi konduktor.

Lalu, arus elektron mengalir dan meningkatkan suhu yang bisa mencapai angka 60K lebih. Semakin tinggi suhu yang muncul di busi, maka bisa membuat gas yang terionisasi tadi memuai lebih cepat.

Pada akhirnya, ini memunculkan ledakan kecil antar elektroda busi. Percikan api pada busi ini punya prinsip yang kurang lebih sama dengan petir dan halilintar.

Percikan api di ruang bakar yang terkompresi dengan campuran bensin dan udara akan menghasilkan daya untuk menggerakkan motor.

Setiap elemen atau komponen pada busi memiliki fungsi yang saling terkait. Salah satu bagian rusak, maka bisa mempengaruhi kinerja busi secara keseluruhan. 

Untuk itu, tak hanya memahami fungsi busi motor saja. Pins juga harus rajin merawat busi agar kondisinya tetap prima ya.

Demikian informasi mengenai fungsi busi motor. Busi adalah salah satu komponen penting yang harus Pins rawat dengan baik. Semoga bermanfaat!


Nikmati layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. Dapatkan pula paket perlindungan AC yang bisa dipilih sesuai kebutuhan melalui aplikasi Pinhome

Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasi Pinhome di App Store atau Google Play sekarang dan rasakan pengalaman rumah yang bersih dan tubuh yang lebih rileks. Hanya di Pinhome Home Service yang memberikan solusi kebersihan dan perawatan properti, serta kendaraan dengan mudah.