Kamus Istilah Properti

Trasram

istilah properti

Trasram

Trasram adalah plester tahan air yang dibuat dari campuran semen dan pasir untuk diaplikasikan pada dinding berbahan batu bata.

Apa itu trasram?

(Pakar Struktur)

Ketika berbicara tentang struktur bangunan, kita dapat membaginya menjadi tiga struktur utama. Pertama adalah pondasi, kedua adalah dinding utama, dan ketiga adalah atap. Namun ketika kita bicara tentang bagian dinding utama, kita tidak boleh melewatkan konstruksi yang biasa disebut dengan trasram.

Trasram adalah plester tahan air yang dibuat dari campuran semen dan pasir untuk diaplikasikan pada dinding bata. Biasanya, dinding plester ini letaknya tepat di atas sloof (balok beton bertulang yang diletakkan di atas pondasi bangunan sebagai alas didirikannya dinding dan kolom). Dinding trasram punya ketahanan yang baik untuk tidak menyerap air. Jadi, air yang menggenang di sekitar trasram tidak akan terserap ke dalam dinding.

Jadi, ketika struktur dinding bangunan memiliki trasram, maka dapat dipastikan tembok akan berkurang potensinya untuk menjadi basah atau lembab. Kita juga bisa menghindari tumbuhnya jamur di tembok. Begitu pula rontoknya bagian-bagian dari dinding.

Untuk membuat adonan campuran plester jenis ini, kita memerlukan perbandingan khusus. Apabila untuk membuat dinding biasa membutuhkan 1 semen : 6 pasir, maka untuk membuat plester ini diperlukan 1 semen : 2 pasir untuk hasil yang baik. Ada juga pihak-pihak yang menggunakan perbandingan 1 semen : 3 pasir. Tidak hanya itu, jika diperlukan akan ditambahkan pula additive sebagai tambahan komposisi. Jenis additive yang dipakai adalah jenis yang kedap air.

Penerapan trasram pada bangunan

(arsitekdansipil)

Di pembahasan sebelumnya, sempat disinggung bahwa plester trasram biasanya diterapkan pada dinding utama bawah bagian bangunan. Lokasi penempatannya biasanya tepat di atas sloof dengan ketinggian 0,20 meter di bawah lantai dan 0,20 di atas lantai.

Itu ketika bicara penerapannya pada dinding umum. Namun, ada pula ruangan-ruangan atau konstruksi-konstruksi tertentu yang butuh untuk ditambahkan plester anti air ini secara khusus.

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang dimaksud. Karena memang area ini adalah ruang yang punya intensitas interaksi yang tinggi dengan air, maka dinding-dinding dari ruangan ini ada baiknya dilapisi oleh plester anti air. Umumnya ketinggian plester ini pada ruang kamar mandi adalah 1,5 meter.

Plester ini juga dapat diaplikasikan sebagai lapisan pada dinding kolam renang. Ketika diaplikasikan pada dinding area yang bekerja menampung banyak air itu, plester ini mampu menjadi penahan air serta mengurangi potensi kebocoran kolam yang cukup efektif.

Material-material untuk membuat trasram

(@Smart Home Jombang)

Ada beberapa material yang menjadi bahan dasar untuk pembuatan lapisan anti air pada dinding ini. Material-material yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Plester trasram instan

Untuk mencari trasram yang konsisten perbandingannya, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli plester trasram instan yang dapat ditemui di banyak toko bangunan. Di dalamnya, sudah terdapat campuran pasir dan semen untuk pembuatan trasram. Dengan begini, pekerjaan akan jauh lebih singkat karena memangkas proses penghitungan komposisi.
Ketika hendak menggunakan produk jenis ini, kamu tinggal memberikannya air dan mengaduknya hingga merata. Pastikan jumlah komposisi air yang dicampurkan sesuai dengan yang disarankan.

Seng plat datar tahan karat

Material yang satu ini dipasang agar membuat dinding tahan terhadap serangan rayap. Selain itu, plat yang tahan karat dapat lebih awet daripada material besi. Untuk memasangnya, kita perlu menyambungkan plat ini dengan solder agar dapat menahan kelembaban.

Karet trasram

Bahan karet juga dimanfaatkan sebagai lapisan trasram. Cara mengaplikasikannya adalah memotong karet sesuai dengan lebar sloof kemudian menyambungkannya pada setiap potongan dengan diberikan overlap.

Trasram dengan bahan aspal

Lapisan trasram juga dapat dibuat menggunakan bahan aspal. Biasanya, lapisan yang satu ini dipakai untuk sloof berbahan beton bertulang atau sloof berbahan kayu. Tebal aspal terbaik adalah 2 milimeter. Cara untuk mengaplikasikannya adalah dengan cara pengecatan.

Plester emulsi

Plester emulsi umumnya terbuat dari plester semen. Akan tetapi, ada material tambahan yang perlu dicampurkan yakni bahan sintetis layaknya material call-black.

Kelebihan dan kekurangan

(@Smart Home Jombang)

Setelah mengetahui apa, penerapan dan material-material yang bisa digunakan untuk membuat lapisan plester ini, ada baiknya membahas kelebihan dan kekurangan dari trasram. Masing-masing kelebihan dan kekurangan akan dipaparkan melalui poin-poin sebagai berikut.

Kelebihan

  • Dapat melindungi konstruksi atau bangunan dari kelembaban.
  • Melindungi dinding interior bangunan dari pengelupasan dan jamur.
  • Membuat ubin atau lantai yang dipasang lebih awet.
  • Menjaga ruangan yang ada di samping kamar mandi untuk tidak menjadi lembab.

Kekurangan

  • Biaya yang dikeluarkan lebih tinggi daripada mengaplikasikan plester biasa karena material yang digunakan lebih banyak (atau mahal).
  • Pemasangan trasram membutuhkan waktu yang lebih lama daripada membuat dinding-dinding biasa.

Pada dasarnya, tidak ada patokan khusus apakah seluruh ruangan wajib memasang trasram atau tidak. Akan tetapi, apabila ingin menciptakan tempat tinggal atau bangunan yang sehat, maka ada baiknya mempertimbangkan pengaplikasian konstruksi ini pada bangunan. Ketika ruangan lembab dan basah, maka orang yang ada di dalamnya bisa mudah terserang penyakit tertentu. Selain itu, furnitur dan bangunan yang ada akan lebih cepat rusak.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.