Kamus Istilah Properti

Sondir

istilah properti

Sondir

Sondir adalah alat berbentuk silindris dengan ujungnya berupa konus yang digunakan untuk menguji kekuatan tanah.

Apa Itu Sondir?

sondir
(PT Bumi Indonesia)

Pernah mendengar sondir, Pins? Biasanya, sondir digunakan dalam pengujian tingkat kekuatan tanah. Secara umum, sondir adalah alat berbentuk silindris dengan ujungnya berupa konus yang digunakan untuk menguji kekuatan tanah.

Namun, istilah sondir dikenal juga dengan Cone Penetrometer Test atau CPT yaitu sebuah uji dengan melakukan penetrasi konus ke dalam tanah. 

Tujuan utama tes ini untuk mengetahui daya dukung tanah pada kedalaman tertentu di setiap lapisan. Selain itu, uji sondir juga dilakukan untuk mengetahui kedalaman lapisan pendukung (lapisan tanah keras).

Pengujian ini memakai alat sondir berbentuk yang berujung kerucut yang lancip penetrometer, dengan sudut 600 dan dengan luasan ujung berukuran 10 cm2. 

Jadi, pondasi yang akan digunakan sebagai penyangga kolom bangunan yang berada di atas bisa mendapatkan faktor keamanan yang tinggi. Alhasil, uji sondir digunakan untuk memastikan bahwa bangunan tersebut tetap kokoh dan tidak mengalami penurunan yang dapat membahayakan keselamatan akan bangunan maupun penghuninya di masa yang akan datang.

Mengingat tujuannya yang penting ini, maka uji sondir tidak boleh dilewatkan sebelum mendirikan bangunan. Apalagi tak sedikit kasus terkait kegagalan struktur tanah yang menjadikan bangunan yang sudah berdiri menjadi roboh.

Manfaat Melakukan Sondir Tanah

(Michaels Elwyn)

Dengan melakukan tes sondir, maka kejadian kegagalan struktur yang menyebabkan bangunan roboh dapat dicegah. Maka dari itu, pengujian tanah ini sangatlah disarankan sebelum mendirikan bangunan.

Ada beberapa manfaat melakukan sondir tanah, diantaranya:

  • Dapat mendesain jenis pondasi yang aman dan efektif sesuai dengan karakteristik tanah dari bangunan yang akan dibangun.
  • Membantu mengukur daya dukung tanah. Untuk melakukan tes tersebut digunakan
  • Mengetahui kedalaman lapisan tanah keras
  • Mengetahui perlawanan geser tanah dan penetrasi konus alias perlawanan dari bawah. Dengan tes ini, maka akan diketahui apakah tanah memiliki daya tahan yang kuat terhadap dorongan konus serta tidak mudah dimasuki.

Metode Uji Ketahanan Tanah

sondir tanah
(Solusi Konstruksi)

Nah, hasil tes ini selanjutnya akan dipakai untuk memenuhi prosedur keselamatan bangunan.  Proses uji tanah dilakukan dengan memperhitungkan perlawanan penetrasi konus dan perlawanan geser tanah. 

Dengan adanya uji kelayakan tanah ini, maka nantinya tingkat keamanan suatu bangunan diharapkan bisa semakin tinggi. 

Adapun metode yang digunakan disebut Cone Penetration Test yang bermanfaat untuk melihat lapisan tanah yang keras supaya bisa ditentukan lebih cepat. 

Hasilnya lapisan tanah yang berbeda akan dapat dideteksi, daya dukung tanah dapat diketahui dengan memanfaatkan rumus empiris.

Selain itu, lapisan tanah lempung serta  letak kedalaman air tanah dapat diketahui dengan metode satu ini..

Tes ini biasanya dilakukan oleh developer sebelum membangun komplek perumahan untuk mengetahui tingkat kekuatan tanah sehingga dapat mempertimbangkan berapa beban yang diberikan pada tanah.

Cara Melakukan Sondir Tanah

alat sondir
(Dinas PU Kulon Progo Kab)

Mengingat uji ketahanan tanah ini sangat penting, maka sebenarnya orang yang melakukannya adalah mereka yang profesional di bidangnya. Tetapi tentu tak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana prosesnya.

Yuk, simak Pins hal-hal seputar cara melakukan uji sondir tanah berikut ini:

Peralatan Uji Sondir

Pertama, Pins bisa tahu apa saja alat-alat yang harus disiapkan untuk melakukan tes sondir ini. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Mesin sondir
  • Pipa sondir lengkap dengan batang dalam
  • Anchor dan perlengkapannya
  • Mata sondir (konus)
  • Batang pipa sondir (bikonus)
  • Kunci pipa
  • Hidrolik
  • Oli dan minyak hidrolik.
  • Manometer 0 – 60 kg/cm2 yang berfungsi untuk pembacaan kecil.
  • Manometer 100 – 600 kg/cm2 yang berfungsi untuk pembacaan besar.
  • Alat pembersih

Prosedur Tes Sondir Tanah

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini langkah-langkah melakukan uji sondir tanah:

  • Pertama-pertama, Pins bisa memasukan anchor ke dalam tanah sampai kepala drat masuk. Kepala drat berperan sangat vital karena berfungsi sebagai pengikat alat.
  • Tim penguji kemudian melakukan perakitan alat sesuai standar yang berlaku.
  • Alat yang masih dalam kondisi horizontal pada tanah, harus diberdirikan.
  • Proses pemasangan rantai yang berfungsinya sebagai pemutar alat. Hal ini bertujuan agar rantai tidak tersendat maka perlu dioleskan pelumas.
  • Selanjutnya tim memassang kedua manometer pada hidrolik, pemasangan pengikat, hingga pengisian minyak hidrolik. Proses ini dilakukan dengan hati-hati.
  • Barulah titik dimana akan dimasukan bikonus ditandai sehingga saat konus dimasukan ke dalam tanah pada titik yang diinginkan jadi lebih mudah.

Tahapan selanjutnya merupakan pengumpulan data sondir hingga mendapatkan hasil perhitungan daya dukung tanah berdasarkan data sondir. 

Mengingat tahapannya yang rumit dan membutuhkan perhitungan, maka sebaiknya pengujian ini dilakukan oleh penyedia jasa sondir dan tim ahli yang sudah mengantongi sertifikasi.

Itulah beberapa informasi mengenai sondir. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.