Kamus Istilah Properti

Geopark

istilah properti

Geopark

Geopark adalah sebuah wilayah yang difungsikan sebagai kawasan lindung dan digunakan untuk mengelola warisan geologi secara berkelanjutan.

Apa itu geopark?

(Unsplash)

Setiap wilayah boleh jadi memiliki pembeda dari sisi geologi dan geomorfologi, fauna dan flora, serta kebudayaan atau kultur. Agar ketiga aspek tersebut dapat terus hidup, diupayakan pembentukan sebuah wilayah yang sering disebut dengan geopark.

Geopark adalah sebuah wilayah yang difungsikan sebagai kawasan lindung dan digunakan untuk mengelola warisan geologi secara berkelanjutan. Beberapa aspek yang dilindungi dan dikelola dalam kawasan ini antara lain sisi geologi, sisi hayati, dan sisi kultural.

Ada tiga hal yang menjadi target utama dalam pembentukan wilayah sebuah geopark. Target-target yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

  • Konservasi,
  • Edukasi, serta
  • Promosi wilayah lokal melalui geo-tourism.

Keuntungan dari keberadaan geopark

(Unsplash)

Melihat fungsi, pengelolaan, serta target yang diupayakan melalui pembentukan wilayah geopark, kawasan ini memberikan dampak positif yang cukup signifikan bagi umat manusia. Beberapa dampak positif yang dimaksud akan dijelaskan dalam poin-poin di bawah ini.

  • Mempromosikan kesadaran akan terancamnya keberadaan beberapa suku atau masyarakat dari perkembangan global yang berjalan dinamis.
  • Menginformasikan kesadaran akan bencana geologis, dari gunung meletus, gempa bumi, tsunami kepada masyarakat setempat.
  • Menjaga perubahan iklim dengan menjalankan manajemen geologi dan hayati yang terencana dan didasarkan oleh riset.
  • Membantu memberikan pengetahuan terkait strategi mitigasi bencana geologis pada masyarakat setempat.
  • Memasyarakatkan penggunaan sumber daya berkelanjutan dan meminimalkan penggunaan sumber daya yang tidak terbaharukan.
  • Mengedukasi masyarakat agar lebih mencintai lingkungan dan lanskap wilayah mereka.
  • Menjadi salah satu titik wisata, namun tetap memprioritaskan pemeliharaan lingkungan supaya kawasan geopark tetap terjaga dari waktu ke waktu.

Kualifikasi versi GGN dan UNESCO

(Unsplash)

Sebagai lembaga yang dipercaya untuk mempertahankan keragaman budaya dan lingkungan, GGN (Global Geopark Network) dan UNESCO mempunyai kualifikasi khusus terkait wilayah mana saja yang bisa masuk kategori geopark. Kualifikasi yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

  • Memiliki rencana pengelolaan yang dirancang untuk meningkatkan pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan berbasikan geotourism,
  • Mendemonstrasikan cara atau metode untuk melestarikan dan mengupayakan warisan geologi,
  • Menyediakan sarana dan wadah untuk mengajarkan ilmu geosains dan ilmu ekologi,
  • Diwajibkan untuk membuat proposal bersama yang diketahui dan disetujui oleh semua pihak. Pihak-pihak tersebut antara lain otoritas/institusi publik, komunitas lokal, serta individu terkait. Isi proposal tersebut menjadi pernyataan bersama untuk berkomitmen pada upaya konservasi warisan bumi dan keterkaitannya dengan strategi pembangunan yang berkelanjutan.

Setelah melengkapi empat kualifikasi yang diminta, maka proposal akan dikirimkan ke UNESCO untuk ditindak lanjuti. Apabila sudah terverifikasi dan disetujui, maka wilayah tersebut resmi masuk dalam bagian Global Geopark Network.

Tahapan pengembangan sebuah wilayah agar menjadi geopark

(Unsplash)

Adapun fase atau tahapan pengembangan suatu wilayah agar dapat menjadi geopark terangkum dalam poin-poin di bawah ini:

  • Ditetapkan sebagai wilayah geoheritage oleh Kementerian ESDM.
  • Pengembangan perencanaan wilayah geoheritage agar menjadi geopark oleh Pemerintah Daerah.
  • Pengubahan status wilayah geoheritage menjadi geopark oleh Kementerian ESDM.
  • Pengelolaan geopark oleh pihak terkait.
  • Diajukan agar masuk dalam Global Geopark Network melalui UNESCO.

Beberapa negara dengan geopark ternama di dunia

(Unsplash)

Pada bagian ini, akan dibagikan beberapa nama geopark ternama yang ada di dunia. Beberapa wilayah yang akan disebutkan antara lain Langkawi, Malaysia; Pulau Jeju, Korea Selatan; dan China.

Langkawi, Malaysia

Langkawi merupakan sebuah geopark yang terpisah dari wilayah induk Malaysia, Malaya. Wilayah ini adalah sebuah pulau kecil yang letaknya di bagian barat Malaya. Untuk menuju ke pulau ini, wisatawan dapat menggunakan pesawat maupun perahu.

Di tahun 2018, jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini tercatat mencapai 3,68 juta orang. Angka tersebut adalah 14 persen dari total kunjungan wisatawan di seluruh wilayah administrasi Malaysia.

Geopark ini dikelola hanya dengan satu metode manajemen yang dibuat untuk mempertahankan kelokalitasannya. Metode tersebut diberi nama Langkawi Development Authority (LADA).

Pulau Jeju, Korea Selatan

Salah satu daerah yang menjadi magnet wisatawan lokal maupun mancanegara di wilayah Korea Selatan adalah Pulau Jeju. Untuk mengelola kawasan ini, dibuat sebuah komite khusus yang diberi nama Jeju Province Management Committee for UNESCO.

Tercatat, Pulau Jeju mampu mendatangkan 7,7 juta orang wisatawan per tahunnya. Jika dikonversikan, angka tersebut adalah 81 persen dari total wisatawan di seluruh wilayah Korea Selatan.

China

China merupakan negara yang mempunyai daya adaptasi yang baik dengan perkembangan yang ada. Data terakhir yang berhasil kami himpun menyatakan bahwa negara ini telah berhasil mendaftarkan 39 wilayah menjadi geopark. Dari semua geopark tersebut, tercatat sudah dikunjungi 67,87 juta orang wisatawan.

Geopark di Indonesia

UNESCO mencatat ada lima wilayah di Indonesia yang berhasil masuk klasifikasi geopark yang mereka buat. Wilayah-wilayah tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Batur Global Geopark
  • Gunungsewu Global Geopark
  • Cileteuh Global Geopark
  • Rinjani Global Geopark
  • Geopark Kaldera Toba

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.