7 Fakta Unik tentang Masjid Tiban Malang

Dipublikasikan oleh Disfira Ika Amelia dan Diperbarui oleh ∙ 7 February 2022 ∙ 3 menit membaca

Setiap landmark yang ada di banyak kota memiliki cerita uniknya tersendiri. Salah satunya yang selalu seru untuk dibahas adalah Masjid Tiban Malang. Masjid yang berlokasi di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur ini memiliki banyak misteri yang membuat banyak orang penasaran sekaligus terkagum-kagum. 

Bagi yang suka dan mengikuti perkembangan wisata religi di tanah air, tentu sudah familiar dengan informasi tersebut. Ada yang bilang jika masjid ini dibangun oleh jin dalam waktu semalam. Selain misteri yang sering dikaitkan dengan hal gaib, berikut adalah fakta dari Masjid Tiban Malang yang unik dan tak kalah bikin melongo.

1. Dibangun oleh para santri

Masjin Tiban
Phinemo

Salah satu mitos yang tersebar luas tentang Masjid Tiban Malang adalah dibangun oleh jin dalam waktu satu malam. Ternyata, kabar itu memang isu belaka. Menurut pengakuan warga setempat yang tinggal di sekitar masjid tersebut, masjid tersebut dibangun oleh para santri Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang memang wilayahnya satu kawasan dengan masjid.

2. Dibangun sejak 1978

Masjid ini diketahui sudah mulai dibangun sejak 1987 silam. Selain itu, ada 10 lantai yang menjulang tinggi yang membuat bangunannya terkesan megah dan menjulang. Butuh waktu yang cukup lama untuk mengembangkan konsep bangunan serta membangun mulai pondasi hingga belasan lantai tersebut.

3. Didesain tanpa gambar

Masjid Tibang Malang
Phinemo

Trivia selanjutnya tentang proses pembangunan masjid ini adalah didesain tanpa gambar. Uniknya lagi, desainnya juga didapat tanpa campur tangan desainer interior dan eksterior. Tatanan ruangan dan desainnya didapat dari mata batin yang didapatkan setelah melaksanakan salat istikhara.

4. Memiliki fasilitas lengkap

Dari 10 lantai yang ada, terdapat banyak fasilitas lengkap yang bisa dipakai oleh pengguna masjid serta penjaga Masjid Tiban Malang. Jika dijabarkan, kurang lebih seperti ini pemetaan di setiap lantainya:

Lantai 1: tempat istirahat dan musala

Lantai 2: loket, ruang istirahat, dapur, dan ruang makan

Lantai 3: musala, kebun binatang mini, akuarium

Lantai 4: tempat keluarga pengasuh pondok pesantren

Lantai 5: musala

Lantai 6: ruangan istirahat santri

Lantai 7 & 8: toko dan kios pesantren yang dikelola oleh santri

Lantai 9: ruangan dengan interior seperti lereng gunung

Lantai 10: gua dan puncak ruangan berinterior puncak gunung

5. Penggabungan konsep seni dari lintas budaya

Masjid Tiban Turen
Phinemo

Masjid ini letaknya berada di tengah-tengah pemukiman warga. Bangunannya yang megah didukung dengan perpaduan konsep seni dari lintas budaya yang ada di dunia. Ada aksen ornamen dari Turki, Mesir, India, hingga Rusia. Meskipun digabungkan dari banyak dekorasi, interior dan eksteriornya mampu mencuri perhatian.

6. Habiskan Rp800 M 

Bangunan yang megah ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apabila dihitung dari luas per areanya, ada paling tidak ada dana sekitar Rp800 miliar yang digelontorkan untuk membangun mulai dari awal hingga akhir.

7. Sumber dana

Sebagai salah satu pengasuh Pondok Pesantren Bihaaru Bahri ’Asali Fadlaailir Rahmah, KH Ahmad Hasan, dia menyatakan jika dananya didapat dari beberapa sumber dana pembangunan. Selain uang pribadi beliau, ada juga dana yang didapat dari sumbangan santri dan donatur.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan Rumah di Malang melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.