Mengenal Masjid Terapung Painan di Sumatera Barat

Dipublikasikan oleh Linda Juliawanti ∙ 28 July 2022 ∙ 5 menit membaca

Masjid Terapung Painan menjadi salah satu ikon pariwisata religi terbaru di Sumatera Barat. Memiliki nama Masjid Samudera Ilahi, lokasi masjid yang berada di pesisir Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat ini tampak seperti mengapung. 

Keunikan inilah yang menjadikan masjid terapung di pesisir selatan ini terlihat indah dan memberikan daya tarik tersendiri. Tak heran, banyak orang yang memilih beribadah di masjid ini sembari bersantai menikmati indahnya ciptaan Tuhan.  

Pemerintah setempat pun berniat menjadikan Masjid Samudera Ilahi di Painan menjadi ikon wisata di Painan Sumbar. Di sekitar masjid, Pins dapat juga dapat menemukan sejumlah perumahan di Kab Pesisir Selatan

Mari simak sejarah, daya tarik, daya tarik, hingga rute Masjid Terapung Painan berikut ini. 

Sejarah Masjid Terapung Painan

masjid terapung painan
(Pinterest)

Arsitektur Masjid Samudera Ilahi sangat menawan dengan menonjolkan kesan seperti mengapung. Sejarah Masjid Terapung di Painan memang belum terlampau panjang. Tercatat masjid ini baru selesai diresmikan dan mulai digunakan sejak Jumat, 8 Februari 2021 yang lalu. 

Pasca diresmikan, Masjid Terapung di Sumatera Barat langsung menarik perhatian masyarakat setempat dan viral di media sosial. Masjid Terapung Samudera Ilahi sengaja dibangun dengan tujuan agar dapat menjadi ikon wisata Pesisir Selatan, terutama Pantai Carocok dan Bukit Langkisau.  

Luas Masjid Terapung Carocok Painan berdiri di atas lahan seluas 1.795 m2. Untuk membangun masjid satu ini akan menelan biaya sebesar Rp27,5 miliar. 

Adapun nama Masjid Terapung Samudra Ilahi, memiliki makna yang sangat dalam, yakni sebuah doa atau harapan dengan pendekatan rasa atau tasawuf. Di mana siapapun manusia yang memasuki masjid indah ini aka akan tersadar sedang masuk ke dalam lautan Allah. 

Baca juga:

6 Pantai Di Painan yang Paling Populer & Mempesona

Daya Tarik Masjid Samudra Ilahi 

(Banda Sapuluah)

Daya tarik utama Masjid Samudra Ilahi dari arsitekturnya yang seolah mengapung di lautan. Selain untuk beribadah saat berwisata di kawasan Pesisir Selatan, banyak orang yang mengabadikan momen dengan berfoto di sini. 

Kemudian, Masjid Samudera Ilahi memiliki kubah emas berkilau yang sangat indah. Fungsi lain dari Masjid Terapung di Painan Sumatera Barat ini adalah sebagai pusat informasi kebudayaan dan perkembangan Islam. 

Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan sering menghabiskan waktu untuk destinasi dan keindahan Pantai Carocok Painan.

Sebagai ikon baru di Kab Pesisir Selatan, pemerintah setempat pun menambah fasilitas lainnya seperti jembatan Asmara. Nantinya, jembatan ini akan menghubungkan Pulau Batu Kureta dengan Pantai Carocok. Ada juga taman bermain yang nyaman di areal seluas 6 hektare di kawasan itu.

Fasilitas Masjid Terapung Painan di Sumatera Barat

Sebagai tempat beribadah umat Islam, Masjid Samudera Ilahi telah dilengkapi fasilitas lain yang lengkap. Beberapa fasilitas yang ada di masjid ini antara lain: 

  • Tempat shalat berkapasitas 300 jemaah
  • 2 menara setinggi 32 meter
  • Selasar
  • Taman
  • Jembatan penghubung antara daratan dengan pintu masjid
  • Halaman masjid yang luas

Pins dapat menikmati pemandangan sekitar pantai yang indah sembari menikmati wisata kuliner Pesisir Pantai yang lezat.  

BACA JUGA:

Menikmati Keindahan Masjid Raya Bandung

Harga Tiket Masuk Masjid Terapung Painan 

(kompas)

Untuk salat di Masjid Terapung Painan memang pengunjung tidak perlu membayar. Tetapi mengingat masjid ini berada di area destinasi Pantai Carocok, maka pengunjung harus membayar biaya retribusi sebesar Rp5.000. 

Pungutan retribusi ini diperuntukkan sebagai karcis untuk masuk ke area destinasi, bukan untuk masuk dan salat di masjid. 

Pemerintah kabupaten berharap keberadaan Masjid Samudera Ilahi dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di pesisir pantai sehingga secara langsung dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata. 

Setelah salat dan menikmati keindahan pantai, wisatawan dapat menikmati destinasi wisata lain yang ada di sekitar masjid. Salah satunya dengan wisata air bermain wahana seperti banana boat, flying fox dan jetski.

Bisa juga menyebrang ke Pulau Cingkuak memakai jasa perahu tempel milik warga. Tarif penyeberangan tergolong murah yakni Rp10 ribu untuk satu kali jalan.

Saat berada di Pulau Cingkuak, Pins dapat berenang berenang serta menikmati fasilitas permainan anak-anak serta melihat benteng peninggalan Portugis yang ada di sana. 

Baca juga:

Masjid Istiqlal Jakarta

Lokasi Denah Masjid Raya Bandung

Masjid Terapung Samudera Ilahi berada di kawasan wisata Pantai Carocok Painan, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan. Jarak Padang ke Pesisir Selatan kurang lebih 100 km. 

Apabila berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau, Padang, memerlukan perjalanan selama kurang lebih dua jam. Pins dapat melihat taksi argo bandara, atau taksi plat hitam. Untuk opsi lainnya, Pins dapat memakai bus DAMRI antar kota, menuju Pasar Raya Padang.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan bus travel yang mengarah ke Pantai Carocok Painan. Pins akan bersama wisatawan lain yang juga ingin menuju ke tempat wisata ini. 

Selain itu, dapat juga menyewa kendaraan pribadi berupa minibus. Jika memakai minibus akan memakan waktu selama satu hari penuh.   

Nah itulah informasi mengenai Masjid Terapung Samudra Ilahi di Painan Sumatera Barat. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu, ya, Pins! 

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.