Pola Permainan Sepak Bola

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 16 September 2021 ∙ 8 menit membaca

Pola Permainan Sepak Bola – Sebagaimana yang telah kita ketahui, salah satu cabang olahraga yang dimainkan dengan berkelompok adalah sepak bola. Jumlah pemain sepak bola adalah 11 pemain dalam setiap timnya.

Dalam memenangkan permainan sepak bola, maka dibutuhan kerjasama tim agar bola yang di bawa tidak direbut lawan. Walaupun dalam setiap gawang ada penjaganya, tapi pemain bek harus tetap ada sehingga bola bisa dijaga dan tidak sampai masuk ke dalam gawang. Untuk bisa mendapatkan tujuan dalam sepak bola, maka faktor yang menentukan hasil dari pertandingan adalah kombinasi setiap tim.

Kombinasi ini seperti kekompakan dan kerjasama dalam bermain, kemampuan atau skill yang dimiliki oleh setiap pemain, pemilihan formasi sepak bola yang baik dengan kekurangan dan kelebihan kondisi dan tim sepak bola.

Baca juga: Formasi Sepakbola Terbaik

Mengenal Pola Permainan Sepak Bola

pola permainan sepak bola
(Active SG)

Selain kombinasi di atas, jangan lupa juga gunakan teknik permainan sepak bola yang baik seperti menahan, membawa, dan menendang bola. Selain itu, strategi dalam menyerang dan bertahan juga dibutuhkan dalam tim sesuai dengan kondisi masing-masing tim tersebut.

Dalam menentukan strategi yang baik, tentu setiap individu harus benar-benar paham terlebih dahulu pola pertahanan dan penyerangan sepak bola.

Baca juga: Ukuran Gawang Sepak bola

Pola penyerangan sepak bola

Dalam permainan sepak bola, untuk melakukan serangan ke dearah tim lawan dan memasukan bola ke dalam gawang musuh, maka bentuk susunan para pemain yang disebut pola penyerangan adalah hal yang diutamakan.

Tujuan adanya pola penyerangan sepak bola adalah untuk memenangkan suatu permainan dan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan.

Pola Penyerangan dalam Permainan Sepak Bola
(Football News)

Daya dan stamina setiap tubuh masing-masing adalah hal yang perlu diingat. Selain daya dan stamina, pengontrolan bola yang baik, kerja sama antar tim, dan penguasaan teknik akan menentukan baik tidaknya pola penyerangan permainan tersebut.

Dalam penggunaanya, rancangan penyerangan sepak bola harus disusun secara matang. Buatlah formasi yang dapat memberikan tekanan kepada tim lawan seperti dengan menggunakan berbagai kombinasi serangan.

Ada beberapa macam pola penyerangan yang harus dikuasai agar bisa bermain dengan baik, diantaranya sebagai berikut.

Pola dalam Melakukan Gerakan Tersusun

Setiap pemain melakukan gerakan yang sudah tersusun dengan posisinya masing-masing. Inilah dia yang dimaksud dengan gerakan tersusun.

Jadi dalam pola ini, setiap pemain tidak boleh keluar dari posisinya masing-masing atau yang biasa kita sebut dengan free role play.

Contoh dari free role play misalnya seorang gelandang yang telah diposisikan di bagian tengah lapangan tidak diperbolehkan untuk pindah posisi. Jadi, ia tidak dapat berpindah ke depan, belakang atau samping. Dia harus tetap berada di posisi gelandang. Begitupun dengan posisi pemain yang lainnya, sayap kanan dan kiri, tidak boleh menjadi bek atau ke tengah lapangan. Dia harus tetap berada di samping.

Jika ingin mencetak gol dengan mudah dan melewati pertahanan lawan, tentu membuat gerakan yang rapih dan tersusun akan membuat lawan kesusahan.

Persiapan formasi yang matang dan baik akan memberikan hasil yang memuaskan. Mulai dari tendangan bebas, tendangan penjuru, tendangan pertama dan lemparan ke dalam.

Pola Menghadapi Pertahanan yang Rapat

Tim lawan yang kokoh dan rapat akan membuat kita susah dalam melewatinya.

Untuk menghadapi pertahanan ini maka pola penyerangan yang dilakukan adalah dengan melakukan operan langsung dan operan bola panjang atau memancing para lawan keluar dari barisan pertahanan yang disebut dengan wall pass.

Cara untuk bisa mengelabuinya adalah dengan memanfaatkan pemain sayap kanan dan kiri sehingga pertahanan lawan menjadi kawau dan berantakan.

Pola dalam Mencari Ruang Kosong

Pemain harus pandai dalam mencari ruang kosong agar bisa menerobos dan melewati pemain lawan.

Tujuannya agar melancarkan penyerangan dan bisa mendapatkan tendangan terobosan yang dapat memudahkan striker menedang bola lebih dekat dengan gawang.

Hal-Hal yang Diperlukan dalam Menyusun Pola Penyerangan

Memasukan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya adalah tujuan dari penyerangan. Tim kesebelasan yang sedang mengendalikan permainan bisa melakukan pola penyerangan.

Baik tim ataupun perorangan, bisa menentukan berhasil atau tidaknya ketajaman serangan tersebut.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam menyusun pola penyerangan sepak bola, diantaranya yaitu sebagai berikut.

  1. Pemain yang membantu dalam penyerangan
  2. Pemain yang mengatur dalam penyerangan
  3. Pemain yang tugasnya mencetak gol ke gawang [ goal getter atau penembak utama ]
  4. Pemain yang bertugas memancing pemain bertahan lawan agar bisa dilewati, supaya timnya bisa membawa bola ke daerah gawang.
  5. Susunlah pola penyerangan yang baik dengan direncankan sedemikian rupa sehingga membentuk kombinasi yang cantik untuk memberikan tekanan pada tim lawan.
  6. Selain kombinasi yang baik, kita juga harus memiliki pola penyerangan dari segi kelemahan tim lawan.

Formasi Penyerangan Dalam Sepak Bola

Formasi ini terdiri dari 3 orang penyerang, 3 orang gelandang, dan 4 orang bek.

Fomasi ini diisi oleh bagian depan penyerang tengah, penyerang kiri, penyerang kanan, di tengah ada gelandang kiri, gelandang tenah, gelandang kanan. Di bagian belakang diisi oleh bek kiri, bek kanan, dan dua orang poros halang.

Tipe formasi 4-2-4 dapat menjadi pilihan, formasi ini terdiri dari 4 orang penyerang, 2 orang gelandang, dan 4 orang bek. Di bagian depan ada dua orang penyerang sayap kiri luar, dua orang penyerang sayap kanan luar.

Di bagian tengah ada gelandang kiri dan kanan. Di bagian belakang satu orang bek kiri, dua irang poros halang, dan satu orang bek kanan.

Pola Pertahanan Sepak Bola

Pola Pertahanan Sepak Bola
(Complete Soccer Guide)

Pola pertahanan sepak bola adalah sebuah susunan para pemain yang dibentuk sedemikian rupa.

Agar tidak diterobos oleh tim lawan dan terhindari dari kebobolan gawang, maka harus dibentuk pola pertahanan daerah dan mengambil bola. Ketika sedang dalam tekanan lawan, maka perkuat pertahanan.

Berdasarkan dari permainan sepak bola, pola pertahanan terbagi oleh beberapa pola, diantaranya sebagai berikut.

Pola Pertahanan Satu Lawan Satu (Man to Man)

Sesuai dengan namanya yaitu man to man. Setiap satu pemain harus menjaga satu pemain lawan. Dalam kondisi apapun, dia tetap harus menjaga lawan tersebut, baik sedang membawa bola ataupun saat kosong tidak membawa bola.

Kemana pun lawan bergerak, maka setiap pemain harus terus dijaga dengan ketat, jangan sampai memberikan keleluasaan pada lawan dan bebas dari pertahananmu. Jagalah dengan ketat jangan sampai memungkinkan mereka untuk menerobos.

Lawan tidak perlu diawasi lagi saat dia sudah lolos dan terbebas dari pertahananmu atau keluar dari area yang dijaga.

Walaupun salah satu pemain lawan sudah lolos dari penjagaanmu, tetapi tetap waspada pada kemungkinan adanya musuh lain yang datang ke area pertahananmu.

Pola Pertahanan Area (Zone Marking)

Pola pertahanan area atau zone marking dilakukan di areanya sendiri dengan membuat formasi yang bagus.

Zona marking atau prinsip pola pertahanan area bisa di lihat di bawah ini.

  • Kerjasama tim yang baik sangat dibutuhkan.
  • Hambat pemain penyerang lawan dengan gerakan kita.
  • Bentuklah pertahanan yang kokoh untuk mengamankan dari tekanan serangan tim lawan.
  • Agar sulit diterobos penyerang lawan, buatlah pola pertahanan berlapis.
  • Bentuk formasi yang kokoh.
  • Untuk mendorong balik para pemain lawan ke areanya sendiri dibutuhkan pola pertahanan yang baik.

Pola Pertahanan Kombinasi (Man to Man dan Zone Marking)

Pola yang paling rumit atau kompleks adalah pola pertahanan kombinasi. Maksudnya, tiba-tiba anggota berpindah tempat dan setiap anggota menjaga lawannya.

Kemudian, temannya yang lebih dekat mengambil tugas teman yang meniggalkan area tersebut.

Untuk melakukan pola pertahanan ini, dibutuhkan koordinasi yang baik antar pemain. Para pemain yang diletakan di daerahnya masing-masing juga harus bertanggung jawab.

Formasi yang Digunakan dalam Pola Pertahanan Sepak Bola

Inilah dia beberapa contoh formasi yang sering digunakan dalam pemainan sepak bola sebagai pola pertahanan.

#1. Tipe Formasi 4-3-3

Tipe Formasi 4-3-3
(The Mastermind Site)

Formasi ini terdiri dari 1 kiper, 4 orang bek, 3 orang gelandang, dan 3 orang penyerang.

Formasi di atas terdiri 1 penjaga gawang, satu orang bek kiri, ada satu orang bek kanan, dua orang poros halang.

Sedangkan di tengah ada gelandang kiri, gelandang kanan, dan gelandang tengah. Lalu di depan ada penyerang kiri, penyerang kanan, dan penyerang tengah.

#2. Tipe Formasi 4-4-2

Tipe Formasi 4-4-2
(iStock)

Formasi ini terdiri dari 4 orang bek, 4 orang gelandang, dan 2 orang penyerang.

Di bagian belakang ada bek kiri, bek kanan, stopper dan libero. Di bagian tengah ada sayap kiri dan kanan, gelandang serang, da gelandang bertahan. Sedangkan pemain depan ada 2 orang penyerang.

Penutup

Itulah dia pembahasan pola pertahanan dan pola penyerangan dalam permainan sepak bola. Jika kamu dan tim kamu memahami pola ini dan bisa menguasainya, maka kalian akan mudah dalam memenangkan suatu pertandingan berdasarkan kombinasi yang kalian lakukan dalam sepak bola.

Jadi, kuasailah pola penyerangan dan pertahanan untuk bisa memenangkan pertandingan dengan mudah. Jangan lupa pula untuk senantiasa terus mengasah keahlian olahraga ini dan terus berlatih sampai benar-benar menguasainya. Terus eksplor teknik-teknik baru dalam bermain sepak bola.

Dan terakhir teruslah latihan fisik dengan baik dan benar agar stamina yang dimiliki bisa tetap terjaga dalam pertandingan.

Baca juga: Ukuran Lapangan Sepak Bola


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Featured image source: iStock

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia