BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAWajib Tahu! Ini Tips KPR Rumah yang Cepat dan Mudah!
0
0

Wajib Tahu! Ini Tips KPR Rumah yang Cepat dan Mudah!

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 5, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memilki rumah yang besar atau kecil merupakan impian setiap orang. Namun untuk memiliki rumah tersebut kita membutuhkan dana yang cukup besar. Sekarang ini, ada satu cara untuk memiliki rumah yang dijamin keamanannya yaitu dengan  mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

KPR merupakan salah satu layanan dari bank yang menyediakan bantuan pembiayaan membeli rumah. Kredit ini cukup membantu untuk siapa saja yang ingin memiliki rumah tetapi tidak mempunyai dana yang cukup. Selain itu, KPR ini juga mempunyai banyak keunggulan yaitu hanya dengan mempunyai uang muka saja bisa langsung menghuni rumah tersebut. Jadi, kamu tidak perlu menyewa rumah dan bingung memikirkan uang untuk membayar sewa rumah.

Namun, bagaimana cara atau tips kpr disetujui? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini, ya!

Baca juga:

Tips KPR Rumah yang Mudah dan Cepat

Source : iStock

Bagaimana cara mengajukan KPR Rumah dengan cepat?. Saat ini mungkin sebagian besar dari kita takut atau malas untuk mengurus mengajukan pinjaman KPR.  Berikut ini kami akan memberi sedikit tips KPR disetujui:

Memahami Proses dan Memenuhi Persyaratan

Sebelum mengajukan KPR sebaiknya kita mengetahui proses untuk dan memilih bank yang sesuai dengan keinginan . Pilihlah bank yang mempunyai prosedur mudah dan bunganya ringan. Bank yang bias menjadi pertimbangan seerti bank syariah, bank swasta dan bank-bank baru.  Selanjutnya setiap bank pasti memiliki persyaratan atau kelengkapan berkas yang harus dilengkapi saat mengajukan KPR.  Biasanya bank mempunyai persyaratan seperti, warga Negara Indonesia, berusia 21 tahun atau sudah menikah, KTP (suami dan istri), kartu keluarga, surat keterangan kerja, Surat keterangan gaji, rekening Koran dan NPWP.

Mengetahui Kemampuan Bayar

Sebelum mengajukan KPR  sangat penting untuk kita mengetahui kemampuan bayar dalam KPR yang akan kita ambil. Biasanya bank menawarkan pembayaran 20%-30% dari harga jual rumah.  Pins bisa melakukan simulasi KPR dengan membuka aplikasi Pinhome. Sebaiknya jika kamu memiliki dana yang sangat minim untuk pembayaran, kamu dapat menunda sampai dana mencukupi.

Tampilan yang Meyakinkan

Buatlah pihak bank percaya bahwa kamu bisa melunasi uang yang kamu pinjam. Tunjukkan keuangan Pins dalam keadaan baik dan berpakaianlah yang sopan. Terlebih dahulu, kamu memastikan bahwa kamu tidak mengambil kredit lain. Karena jika demikian kamu akan lebih susah untuk membayarnya dikemudian hari.

Developer

Carilah developer yang dapat diajak konsultasi dan siap untuk mengarahkan Pins untuk mencairkan dana pinjaman KPR. Lewat Pinhome, transaksi properti akan menjadi lebih mudah dikarenakan kamu akan dipertemukan dengan agen-agen berpengalaman. Selain itu kamu juga akan mendapatkan banyak promo dan penawaran menarik.

Cek Pajak Rumah

Setiap bangunan tentu memiliki biaya pajak yang harus dibayarkan. Terlebih lagi untuk rumah yang harus membayar paja bumi dan bangunan. Jika rumah sudah didapatkan dengan bantuan KPR, hal lain yang harus diperhatikan adalah mengenai pembayaran pajak. PBB biasanya akan dibayarkan setiap tahunnya dengan besaran yang terutang akan diperoleh dari perkalian tariff dengan nilai jual kena pajak (NJKP).

Memilih Suku Bunga

Jika ingin mengajukan KPR, tentu akan akan perhitungan suku bunga yang harus dibayarkan. Sebaiknya jangan mudah tergoda dengan suku bunga rendah. Carilah berbagai informasi mengenai suku bunga yang ada dalam KPR. Periksa kelebihan dan kekurangan dari suku bunga tersebut agar dapat memilih suku bunga yang sesuai dengan kemampuan.

Menjaga Kepercayaan

Kepercayaan bank adalah modal utama Pins untuk mendapatkan pinjaman secara mudah. Lebih baik membayar tagihan tepat waktu dan usahakan jangan pernah menunggak. Selain itu, kamu harus membayar tepat waktu agar kamu tidak terkena denda yang mengakibatkan kelamaan  nunggak akan sulit untuk membayar dan rumah disita.

Perhatikan Jangka Waktu Cicilan

Membeli rumah dengan menggunakan KPR, tentu harus membayar biaya cicilan tiap bulannya. Biasanya KPR akan memberikan jangka waktu cicilan berupa jangka waktu panjang dan jangka waktu pendek. Pilihlah jangka waktu cicilan yang sesuai dengan keadaan keuangan yang dimiliki.

Baca juga: Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

Tips KPR Rumah yang Mudah dan Cepat agar Bisa Diterima Bank

Source : Freepik

Agar kamu bisa memiliki hunian, penting untuk pengajuan kamu untuk diterima oleh bank. Ikuti beberapa cara berikut ini agar KPR kamu bisa diterima oleh bank:

Lengkapi Dokumen dan Penuhi Semua Persyaratan

Langkah pertama agar KPR kamu bisa lebih mudah diterima oleh bank adalah memenuhi semua persyaratan yang ada. Hal ini bertujuan agar ketika proses di bank akan berjalan lebih lancar.

Beberapa dokumen yang biasanya harus dipersiapkan antara lain seperti KTP, KK, NPWP, dan ijazah

Pastikan Masih Berada di Usia Produktif

Harga properti itu sangat tinggi sehingga bank tentu ingin tahu bagaimana cara kamu untuk melunasi KPR. Oleh karena itu dengan berada di usia produktif dengan pendapatan yang stabil sangat membantu kamu untuk bisa diterima pengajuan KPR oleh pihak bank.

Bank juga ingin memperkirakan berapa usia kamu dengan usia pensiun. Apakah akan lewat masa pensiun atau tidak. Jika iya, tentu bank akan menolak.

Memiliki Penghasilan Tetap dan Stabil

Hal utama yang harus diperhatikan saat berniat untuk mencicil rumah ialah harus mempunyai penghasilan stabil dan tetap. Pendapatan yang tetap setiap bulannya tentu dapat digunakan untuk mencicil kredit rumah. Usahakan ketika mencicil rumah kamu mempunyai pekerjaan yang tetap.

Seseorang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap akan terancam di PHK sehingga Anda terancam terlilit hutang pada bank. Carilah pekerjaan sampingan atau cadangan sebelum Pins di PHK, karena biasanya perusahaan akan memberikan surat pemberitahuan terlebih dahulu. Jika tidak ada pemasukan sama sekali Anda akan mengalami kesulitan untuk bertahan hidup.

Bebas dari Hutang

Tips KPR disetujui lainnya adalah bebas dari hutang. Sebelum kamu ingin mengajukan KPR, hendaknya semua transaksi seperti cicilan kartu kredit, utang, dan lain sebagainya sudah kamu lunasi. Jika tidak, hal ini tentu akan sangat mengganggu dan bisa menghambat proses pembayaran cicilan. Jika sudah terjadi maka tentu pihak bank tidak akan menyetujui pengajuan kamu.

Mempersiapkan Tabungan dan Dana Darurat

Agar kamu bisa lebih siap untuk mengajukan KPR, pastikan kamu sudah mempersiapkan tabungan dan dana darurat.

Kamu bisa menyisihkan sekitar 30% dari penghasilan bulanan kamu untuk digunakan membayar cicilan KPR. Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa kamu sudah terbebas dari segala hutang dan cicilan lainnya agar rumah impian kamu bisa segera lunas.

Tidak hanya itu, dana darurat juga sangat penting untuk dipersiapkan. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi berbagai macam hal yang tidak terduga, misalnya seperti biaya pengobatan rumah sakit, kecelakaan, kehilangan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Cukup sisihkan 10% dari keseluruhan pendapatkan kamu untuk digunakan sebagai dana darurat.

Itulah beberapa tips KPR disetujui rumah yang mudah dan cepat. Pins juga harus tetap cermat dalam mengelola keuangan. Jika tidak, bisa-bisa KPR malah jadi macet deh. Semoga ulasan ini bisa membantu kamu yang sedang mengambil KPR ya Pins!

Baca juga: 9 Bank dengan Penawaran KPR Terbaik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Yuthica dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download