BlogPemilik PropertiFinansialBangunan Rumah 20 Juta, Ini Cara dan Inspirasi Desainnya
0
0

Bangunan Rumah 20 Juta, Ini Cara dan Inspirasi Desainnya

Dipublikasikan oleh Lea Lyliana dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 10, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
Bangunan Rumah 20 Jutatop-right-banner

Membangun rumah dengan biaya Rp20 juta bukanlah hal mustahil. Selama perencanaannya matang, kamu pun bisa mewujudkannya. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin bangun rumah 20 juta rupiah, yakni telah memiliki tanah alias tidak perlu beli lagi. Jika harus beli, bisa jadi dana yang disiapkan kurang.

Sama halnya ketika ingin membeli rumah dengan Pengajuan KPR. Tapi berkat aplikasi Pinhome kamu dengan mudah melakukan simulasi perhitungannya.

Tersedia pula informasi data rumah second di Kab Mojokerto atau rumah dijual di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa. Kamu bisa pula menemukan hunian dekat Taman Bungkul dan lainnya.

Rincian Biaya Bangun Rumah 20 Juta Rupiah

Bangunan Rumah 20 Juta
Source : Unsplash

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi saat bangun rumah modal Rp20 juta, misalnya sudah punya lahannya. Di samping itu, kamu perlu melakukan perhitungan biaya yang matang supaya sesuai bujet dan tidak mengeluarkan biaya tambahan lainnya.

Nah, berikut ini ada rincian anggaran biaya bangun rumah Rp20 juta yang bisa menjadi inspirasi. Walau telah dijabarkan detail, tapi baiknya tetap sesuaikan nominal dengan bujet yang disediakan, ya.

1. Biaya Tukang

Walau bujetmu terbatas, tapi kamu tetap tak bisa membangun rumah itu sendiri. Oleh karena itu, kamu membutuhkan jasa tukang untuk membantu. Umumnya, biaya tukang antara Rp100.000-Rp150.000 per hari. Sementara itu, biasa asistennya mulai Rp70.000-Rp120.000. Makin banyak tukang yang digunakan, maka semakin pula pembayarannya. Kendati demikian, proses pembangunan akan cepat selesai.

Namun, karena bujet terbatas, maka kamu tak bisa memilih. Satu-satunya pilihan yakni menggunakan jasa tukang terbatas, dengan pengerjaan yang lebih lama, tapi hemat.

2. Biaya Material

Hal lain yang tak kalah penting yaitu material bangunan. Untuk biaya ini, kamu butuh sekitar Rp9.500.000 . Adapun material tersebut dipakai untuk pondasi, lantai, WC, bak, tembok, dan lain sebagainnya. Sementara, itemnnya berupa semen, pasir, bata, batu kali, kayu, genteng, seng, dan lainnnya. Lalu, ada pula biaya material kecil seperti paku, kusen, dan jendela yang kira-kira butuh Rp2.000.000.

3. Biaya Lain-Lainnya

Dari seluruh pengeluaran yang ada, sisakan setidaknya 10 persen untuk biaya lainnya. Ini bisa digunakan untuk kebutuhan tak terduga, misalnya kehabisan semen atau kaca retak.

Baca juga:

Gambaran RAB Membangun Rumah

Source : Pexels

Dari rincian di atas kita akan membuat Rancangan Anggaran Bangunan (RAB) dengan rumah tipe 21 dan durasi pengerjaan 1 bulan. Perhitungannya dimulai dengan biaya tukang sebanyak tiga orang yakni 3×30 hari x Rp100.000= Rp3.000.000.

Kemudian biaya material besar sekitar Rp9.500.000 dan material kecil Rp2.000.000. Biaya listrik, air dan lainnya asumsikan menghabiskan dana Rp2.500.000.

Untuk pengeluaran lain-lain yang tak terduga dapat dianggarkan Rp3.000.000. Total Keseluruhannya adalah Rp3.000.000 (biaya tukang) + Rp11.500.000 (material) +Rp2.500.000 (biaya listrik dan air dll) + Rp3.000.000 (biaya lain-lain)= Rp20.000.000

Baca juga: 8 Jasa Renovasi Rumah Terbaik di Jabodetabek dan Tips Untuk Memilihnya!

Cara Bangun Rumah 20 Juta Rupiah

Bangunan Rumah 20 Juta
Source : Pexels

Kalau sudah memahami rincian biayanya, kini saatnya untuk mulai menerapkan tips atau cara membangun rumah modal Rp20 juta. Berikut ini ada beberapa masuk akal yang bisa diterapkan jika kamu ingin membangun rumah dengan bujet terbatas. Tak cuma Rp20 juta, cara ini pun dapat dipraktikkan olehmu yang bujetnya 30juta atau kurang dari Rp20 juta.

1. Pastikan Lahan Tersedia

Dengan dana Rp20 juta, tentu kamu tak bisa membeli tanah atau lahan. Untuk itu, pastikan kamu telah memiliki apabila ingin membangun rumah dengan dana terbatas. Kendati demikian, perhitungan tanah untuk bangunan juga harus tepat, agar tidak over bujet.

2. Terapkan Konsep Minimalis dan Open Space

Bikin rumah minimalis Rp20 juta bisa jadi solusi jika danamu terbatas. Pasalnya, rumah minimalis tidak membutuhkan banyak dekorasi dan desainnya cenderung simpel. Di samping itu, kamu bisa menerapkan rumah open space, agar hemat tempat dan waktu karena tidak perlu membuat banyak sekat rumah. Trik ini pun efektif jika rumah yang kamu bangun tipe 21 atau 36. Ini akan membuatnya terkesan luas, lo!

3. Perhitungan Detail

Biaya membangun rumah kerap over bujet, jadi kamu memerhatikan tiap detail bangunan untuk berhemat. Pastikan untuk mencatat pengeluaran sedetail mungkin, guna mengantipasi biaya membengkak.

4. Gunakan Dinding Ekspose

Trik jitu untuk berhemat yakni kamu bisa mengunakan dinding ekspose. Terlebih jika kamu ingin mengusung tema industrialis pada hunian. Di samping itu, kamu bisa memakai barang daur ulang yang tahan lama, agar lebih hemat.

5. Cermat dalam Memilih Material Bangunan

Hal penting yang harus dilakukan, kamu perlu terjun langsung ke lapangan untuk memantau. Termasuk pula ketika membeli material bangunan. Pasalnya, kadang ada tukang nakal yang mengakali biaya material bangunan. Disadari atau tidak, ini tentu akan membuat pengeluaran membengkak. Kalau perlu kamu pun bisa ikut membangun, untuk menghemat biaya tukang.

Baca juga: Membangun Rumah Murah

Contoh Rumah dengan Biaya 20 Juta Rupiah

Sebagai inspirasi, berikut ini ada beberapa contoh rumah yang dibangun dengan biaya Rp20 juta. Walau sederhana, tapi beberapa ada yang terlihat mewah dan cantik, lo!

1. Rumah Tipe 36 Minimalis

Bangunan Rumah 20 Juta
Source : Waspada Online

Walau luasnya terbatas, tapi rumah ini tetap elok dipandang mata. Desain fasadnya pun terlihat modern dengan kombinasi cat hijau tua, putih, dan aksen batu alam. Nah, karena ukurannya kecil, kamu bisa menerapkan banyak bukaan, supaya rumah tidak sumpek. Sementara itu, bagian dalam rumah, baiknya dibuat tanpa sekat.

2. Rumah Modern Minimalis

Bangunan Rumah 20 Juta
Source : InformaZone

Rumah minimalis modern dengan konsep Jepang ini bisa menjadi inspirasi. Luas bangunannya tak sampai 30 meter persegi, tapi terlihat luas berkat pengunaan motif kayu dan dinding berwarna putih. Adapun aksen asimetris pada atap, membuat rumah ini terlihat unik dan modern.

3. Rumah Mungil Tanpa Teras

Bangunan Rumah 20 Juta
Source : Pinterest

Jika lahanmu terbatas, coba buat rumah minimalis tanpa teras seperti gambar di atas. Rumah ini mungkin hanya berukuran 21 meter persegi, tapi tetap indah berkat pengunaan material dan fasad yang unik. Walau tak punya teras, kamu bisa menambahkan tangga dari batu alam untuk memberi focal point di area depan rumah. Alih-alih menjorok ke belakang, desain rumah pun bisa dibuat lebar agar terlihat makin luas.

Nah, itulah tips bangun rumah 20 juta rupiah lengkap dengan RAB dan inspirasi desainnya. Tak perlu khawatir, meski bujetmu terbatas, tapi kamu bisa mewujudkan rumah impian dengan bertahap, kok. Semangat!

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Mutiara Gading City dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download