BlogLifestyleEdukasi7 Tips Latihan Teknik Smash Bola Voli
0
0

7 Tips Latihan Teknik Smash Bola Voli

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 13, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
jumping smashtop-right-banner

Salah satu teknik yang sering dilatih oleh pemain bola voli adalah teknik smash atau serang terhadap lawan dengan tekanan yang kuat sambil melompat agar pemain lawan tidak bisa membalikannya. Semakin tinggi postur tubuh yang dimilki oleh pemain, maka semakin mudah melakukan smash atau serangan keras terhadap lawan.

Apabila pada suatu tim para pemain bola volinya bisa menguasai teknik smash, maka peluang untuk memenangkan pertandingan tersebut semakin besar. Namun selain teknik smash yang dikuasai oleh pemain, mereka juga harus menguasai teknik-teknik yang lain agar bisa menguasai bola saat di lapangan.

Maka, latihan fisik bola voli dan latihan passing juga penting agar bisa menjadi seorang pemain voli profesional. Berikut ini tips latihan dan faktor penting saat melakukan smash bola voli:

Baca juga: Voli Pantai dan Semua Hal yang Wajib Kamu Ketahui

Faktor Penting dalam Melakukan Smash

jumping smash
Source : Sportivitas Net

Agar smasher memiliki kesempatan untuk melakukan smash secara leluasa dan mudah biasanya butuh beberapa faktor penunjang dalam melakukan aksinya. Hal ini biasanya memberikan dampak atau pengaruh terhadap pukulan dan tekanan  yang dilakukan pemain tersebut saat melakukan smash.

Semakin besar faktor penunjang anda dalam melakukan smash, maka semakin besar pula Pins memilki peluang dalam memasuki bola lewat pukulan smash atau serangan. Inilah dia tips latihan jumping smash yang akan menunjang Anda dalam melakukan serangan terhadap lawan lewat smash:

Awalan

Source : Pinterest

Perhatikan awalan Pins saat mau melakukan smash agar mendapatkan posisi yang enak dan ideal. Biasanya untuk mendapatkan posisi yang nyaman saat mau melakukan loncatan adalah dengan mengambil beberapa langkah terlebih dahulu.

Umumnya pemain mengambil 2 atau 3 langkah dari temapta yang akan digunakan untuk meloncat. Ini membantu Pins dalam mensukseskan serangan terhadap lawan dengan menyempurnakan loncatan.

Perhitungkan Waktu Tolakan

Saat Pins akan melakukan lompatan kamu harus bisa memperhitungkan waktu tolakan terlebih dahulu. Biasanya cara seperti ini dilakukan saat memberikan peluang kepada tumpuan dan kaki sehingga mendapatkan kekuatan yang besar untuk bisa meloncat lebih jauh.

Semakin bagus waktu tolakan yang Pins lakukan akan memberikan tenaga yang bagus pula.

Menentukan Timing yang Pas

Source : Pinterest

Pins harus memperhitungkan waktu yang tepat. Biasanya memperhitungkan waktu seperti ini akan dilakukan oleh salah seorang pemain ketika Pins melompat tinggi. Lakukan sambil mengambil gerakan untuk melakukan serangan atau smash terhadap lawan.

Dalam waktu yang lebih cepat Pins juga akan melakukan gerakan tangan untuk mempermudah melakukan pukulan smash terhadap lawan.

Baca juga: 9 Latihan Fisik Bola Voli yang Paling Baik

Pendaratan yang Nyaman

Ketika Pins selesai mengikuti cara-cara di atas, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan pendaratan yang benar dan pas.

Saat Pins melakukan lompatan dan smash yang benar, sekarang Pins harus bisa mendarat dengan benar pula agar kaki tidak bermasalah. Perhitungan waktu pada saat Pins mendarat adalah sesuatu yang harus anda lakukan.

Karena kalau seandainya Pins salah mendarat, akan mengakibatkan cedera pada kaki dan bisa-bisa membuat Pins tidak menyelesaikan pertandingan.

Cara & Tips Latihan Teknik Smash Bola Voli

tips Latihan Jumping Smash Bola Voli
Source : Kompas

Untuk mendapatkan pola pukulan yang baik dan benar tentu saja Pins harus melakukan latihan yang benar dan rutin. Apalagi latihan yang Pins lakukan itu akan memberikan dampak positif pada bagian jumping.

Postur tubuh yang Pins miliki memang akan memberikan pengaruh besar terhadap teknik smash. Karena postur tubuh yang tinggi bisa melompat lebih tinggi dari yang lain dan bisa menghindari block yang dilakukan musuh.

Oleh karena itu, latihan jumping adalah salah satu latihan yang amat penting untuk menunjang keberhasilan smash agar memberikan kekuatan yang besar dan dapat memberikan poin. Inilah dia tips latihan teknik smash yang bisa Pins lakukan:

Rutin Pemanasan

Source : Kompas

Salah satu bagian penting yang dapat menaikan level jumping Pins adalah pemanasn yang benar dan pas.  Sebelum Pins melakukan tindakan atau latihan, hal pertama yang harus Pins lakukan adalah pemanasan.

Pemanasan ini memberikan dampak pada latihan-latihan yang akan Pins pelajari, khususnya pada jumping. Ada beberapa gerakan yang mungkin bisa menunjang jumping anda lewat pemanasan  ini, seperti mengulurkan bagian tubuh-tubuh yang sering digunakan dalam permainan bola voli

  • Tangan
  • Kaki
  • Leher

Pemanasan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya cedera atau keram saat melakukan latihan atau pertandingan. Ketika Pins sedang latihan tanpa pemanasan terlebih dahulu dan melakukan gerakan-gerakan tertentu, biasanya akan terjadi masalah pada anggota bagian tubuh kamu.

Oleh karena itu, melakukan pemanasan sebelum berlatih atau bertanding sangatlah penting.

Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemanasan adalah sesuai dengan latihan yang akan Pins inginkan.

Apabila Anda sudah menentukan waktu untuk latihan, maka sesuaikanlah pemanasan dengan waktu latihan agar Pins benar-benar bisa maksimal dalam latihannya.

Rajin Berlari

Agar loncatan atau jumping anda lebih baik dari sebelumnya, Pins harus melakukan latihan lanjutan dengan melakukan lari atau jogging.

Biasanya setiap pemain yang telah mempelajari beberapa gerakan akan diterapkan dalam kesehariannya dengan melakukan lari atau jogging.

Lakukanlah gerakan lari selama kurang lebih 20 menit untuk membuat tubuh Pins benar-benar baik dan memberikan kekuatan pada kaki, sehingga pada suatu saat Pins mau melakukan jumping, kaki Pins benar-benar siap melakukannya.

Melakukan gerakan lari juga bisa disebut sebagai latihan pemanasan untuk memperkuat otot pada bagian betis hingga mencapai paha.

Dan tentu saja melakukan gerakan lari selama kurang lebih 20 menit juga akan memberikan efek yang besar terhadap gerakan loncatan kamu.

Beberapa pemain profesional yang sudah terbiasa melakukan lari, biasanya menambahkan beban pada bagian kaki saat melakukan latihan untuk memperkuat kaki saat digunakan ketika bermain.

Pins juga bisa mempertimbangkan latihan diatas untuk meningkatkan kualitas latihan lari, sehingga latihan ini bisa benar-benar maksimal.

Lakukan Lompat Tali

Source : Pinterest

Selanjutnya, gerakan yang harus Pins latih agar smash bagus dan benar-benar ideal adalah lompat tali. Untuk mendapatkan ketinggian yang sangat ideal, beberapa pemain profesional sering melakukan gerakan ini.

Dengan latihan lompat tali seperti ini, akan memberikan kemudahan dalam menyeimbangkan PIns saat meloncat, sehingga bisa mendapatkan posisi yang benar.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, coba simpan beban di bagian kaki agar bisa memberikan pengaruh yang besar. Agar mendapatkan lompatan yang berkualitas, tambahan beban ini memang sangat berpengaruh.

Berlatih Lompat Tangga

Untuk memperbagus teknik smash bola voli Pins, maka porsi latihan yang Pins lakukan setiap hari harus ditambah. Menambah gerakan latihan akan memberikan dampak positif atau menjadikan latihan Pins lebih baik.

Salah satu latihan yang bisa Pins terapkan dalam rutinitas adalah melakukan lompat tangga. Latihan lompat tangga ini biasanya dilakukan selama kurang lebih 15 sampai 20 menit.

Manfaat dari latihan ini adalah untuk memperkuat otot kaki. Ketika melakukan lompat tangga secara rutin, maka Pins akan mendapatakan kemudahan dalam menentukan timing ketika melompat.

Ketika melakukan latihan lompat tangga, hal yang harus diperhatikan adalah ketinggian dari setiap anak tangga yang dilewati. Hal ini berfungsi untuk diterapkan pada posisi awal Pins mau melompat.

Lompat dengan Alat yang Ada

Selain latihan lompat diatas, Pins juga bisa melakukan latihan jumping dengan menggunakan bantuan alat sederhana.

Contoh sederhana yang bisa Pins lakukan adalah dengan menggunakan kursi atau furnitur yang ada disekitar dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi.

Melakukan lompatan dengan cara seperti ini memang lebih mudah dari latihan yang lain, apalagi Pins bisa melompat dari sisi alat sederhana yang digunakan untuk dijadikan tumpuan dalam lompatan.

Untuk menghasilkan lompatan yang lebih baik pemain profesional selalu melakukan hal yang seperti ini. Tentu saja latihan ini juga dilakukan untuk mempermudah dalam melakukan timing dalam lompatan.

Lakukan Set Up, Pull Up dan Push Up

Source : Pinterest

Untuk menghasilkan lompatan yang baik dan ideal, latihan fisik sangat diperlukan. Cara seperti ini memang sangat mudah dilakukan oleh kita semua, karena sudah umum dilakukan oleh masyarakat.

Agar mendukung lompatan yang lebih tinggi dan biak, ada beberpa latihan fisik yang bisa Pins terapkan dalam rutinitas latihan, seperti set up, push up, dan pull up.

Latihan fisik ini juga berguna ketika Pins akan melakukan smash kepada pihak lawan, karena latihan ini mendukung tangan kamu menjadi lebih kuat.

Selain dari kekuatan, kecepatan tangan juga sangat dibutuhkan dalam melancarakan serangan kepada lawan untuk memukul bola voli.

Pins bisa melakukan latihan fisik diatas kurang lebih dari masing-masing gerakan 10 kali hitungan.

Lakukan Latihan dengan Gerakan Kombinasi

Latihan terakhir untuk menunjang kebaikan jumping dalam teknik smash bola voli adalah melakukan gerakan kombinasi. Saat latihan, Pins bisa menggabungkan latihan-latihan yang telah dikuasai atau yang bisa kita sebut dengan kombinasi sekaligus.

Melakukan gerakan kombinasi hanya bisa diterapkan kepada orang yang sudah terbiasa melakukan pemanasan.

Pola yang biasa digunakan dalam latihan kombinasi ini adalah dimulai dari lari ditempat dengan hitungan tertentu dan setelah itu disambung dengan melakukan push up.

Selain dari latihan fisik, Pins juga bisa mengkombinasi latihan lompat dengan beberapa kali gerakan. Total perhitungan dan waktu latihan fisik juga dibutuhkan untuk menyesuaikan latihan lompatan atau jumping.

Cara seperti ini memang harus dilakukan secara perlahan dan benar agar tidak terjadi kecelakaan atau cedera pada bagian tubuh kita seperti kaki atau bagian tangan.

Nah, itulah dia beberapa tips latihan teknik smash bola voli dalam artikel kali ini. Semoga artikel ini bisa membantu Pins dalam mencari informasi dan pengetahuan yang Pins inginkan.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download