BlogLifestyleHobiPola Permainan Bola Voli yang Perlu Diketahui untuk Pemain Pemula
0
0

Pola Permainan Bola Voli yang Perlu Diketahui untuk Pemain Pemula

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Mei 12, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins tahu tidak kalau permainan bola voli punya pola permainan yang sangat penting dalam mencapai kemenangan? Sama seperti ketika Pins beli rumah baru atau seken di Rumah Eksklusif di Pinhome. Kamu tentu membutuhkan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Dalam permainan bola voli, setiap pemain harus memahami tugasnya dalam tim dan menjalankannya dengan baik. Hal ini juga berlaku ketika Pins beli rumah di Kronjo Regency. Setiap pihak harus paham peran dan tanggung jawab masing-masing dalam proses transaksi tersebut, baik sebagai pembeli atau penjual rumah di Titip Jual Sewa Pinhome.

Itu sebabnya, seperti dalam pola permainan voli, setiap pihak harus bisa memerankan tugasnya dengan baik dan saling berkoordinasi agar hasilnya maksimal. Berikut pola permainan voli yang wajib diketahui para pemula!

Pola permainan bola voli

Bola voli merupakan permainan antara dua tim yang berusaha untuk memasukkan bola ke lapangan lawan. Setiap tim punya enam pemain dan ada tiga pemain yang bertugas di zona depan. Sementara itu, tiga pemain berada di zona belakang.

Permainan ini dimainkan dalam tiga set dan setiap set dimenangkan oleh tim yang mencapai 25 poin terlebih dulu. Jika Pins baru mulai mencoba olahraga bola ini, ini pola permainan dan peraturan bola voli!

Baca juga: 9 Latihan Fisik Bola Voli yang Paling Baik

Posisi dan formasi bola voli

Sebelum permainan dimulai, setiap pemain harus mengetahui posisi yang tepat. Ada enam posisi yang terdiri dari dua pemain di depan, tiga pemain di tengah, dan satu pemain di belakang. Posisi pemain berbeda-beda dan memainkan peran yang berbeda-beda dalam tim.

Ada beberapa formasi yang dapat dipilih oleh tim. Formasi yang paling umum adalah formasi 4-2, yang berarti ada empat pemain di depan dan dua pemain di belakang. Formasi lain yang sering digunakan adalah 6-2, yang berarti enam pemain dapat menyerang dan hanya satu pemain yang bertugas sebagai pembagian bola.

Servis

pola permainan bola voli
Source : Pexels

Pins mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah servis. Servis adalah cara untuk memulai permainan. Servis harus dilakukan oleh pemain yang berada di belakang garis servis. Saat melakukan servis, pemain harus melemparkan bola ke udara dan memukul bola ke lapangan lawan.

Pemain yang melakukan servis harus memastikan bahwa bola masuk ke lapangan lawan, jika tidak, maka poin diberikan kepada tim lawan.

Penyerangan

Penyerangan adalah salah satu strategi paling penting dalam bola voli. Pemain yang berada di zona depan harus siap untuk menyerang bola saat bola datang dari pemain lain.

Saat menyerang, pemain harus memastikan bahwa bola melewati net dan jatuh di lapangan lawan. Teknik yang tepat dan posisi yang benar sangat penting dalam menyerang bola.

Pembagian Bola

Pembagian bola adalah tugas pemain yang berada di zona belakang. Pemain ini bertanggung jawab untuk membagikan bola ke pemain lain di tim. Teknik voli yang tepat dan pengambilan keputusan yang cepat sangat penting dalam pembagian bola dan pola permainan voli.

Pertahanan

Source : Pexels

Pertahanan adalah tugas semua pemain dalam tim. Setiap pemain harus siap untuk menghalau bola yang datang dari tim lawan dan menjaga bola tetap berada di lapangan. Pins harus memiliki kemampuan untuk melompat dan merespons bola dengan cepat dan tepat, termasuk ketika passing atau mengoper bola.

Blok

Blok menjadi tugas pemain yang berada di zona depan. Kamu harus berusaha untuk mencegah bola dari tim lawan melewati net dengan cara melompat dan memblokir bola. Blok harus dilakukan dengan teknik yang tepat dan dengan koordinasi yang baik antara pemain.

Baca juga: Pelanggaran dalam Bola Voli

Pergerakan

Pergerakan merupakan tugas penting dalam bola voli. Setiap pemain harus memiliki kemampuan untuk bergerak dengan cepat dan dengan koordinasi yang baik dengan pemain lain di tim. Pemain juga harus dapat menghindari benturan dengan pemain lain dan memastikan bahwa bola tetap berada di lapangan.

Timing

Timing adalah kunci sukses dalam pola permainan bola voli. Setiap pemain harus memiliki kemampuan untuk melompat dan merespons bola dengan tepat waktu. Pemain juga harus dapat memprediksi pergerakan bola dan memutuskan dengan cepat.

Komunikasi

Source : Pexels

Komunikasi juga merupakan kunci sukses dalam tim bola voli. Setiap pemain harus dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan pemain lain di tim. Pemain harus dapat memberikan instruksi yang tepat dan memastikan bahwa semua pemain memahami tugas mereka.

Strategi

Sudah bukan rahasia lagi bila setiap tim harus memiliki strategi yang baik. Namun, kamu juga dapat mengubah strategi mereka sesuai kebutuhan. Strategi harus disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan tim lawan.

Mentalitas

Para pemain bola voli tentu harus punya mentalitas yang positif dan bersemangat untuk bermain. Dengan begitu, kamu bisa mengatasi tekanan dan frustrasi yang mungkin terjadi selama permainan berlangsung.

Pola permainan bola voli yang wajib dipahami pemula mencakup posisi, formasi, dan strategi yang berbeda. Pemain harus memahami peran mereka dalam tim dan menguasai teknik-teknik dasar dalam bola voli. Dengan memahami pola permainan yang tepat, pemula sekali pun dapat bermain dengan baik dan memenangkan pertandingan.

Baca juga: 7 Tips Latihan Teknik Smash Bola Voli


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download