BlogLifestyleFinansialSebelum Berinvestasi, Wajib Tahu 6 Tips Investasi Properti Agar Tidak Rugi!
0
0

Sebelum Berinvestasi, Wajib Tahu 6 Tips Investasi Properti Agar Tidak Rugi!

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 12, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Untuk jaminan di masa depan ataupun hari tua, berinvestasi adalah hal yang perlu dilakukan, Pins. Dari segi jenis investasi, investasi tersedia dalam berbagai bentuk. Mulai dari investasi emas, deposito, saham, hingga properti. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi properti, sudah tahukah kamu tips investasi properti supaya mendapatkan keuntungan yang menjanjikan?

Jika belum, kamu bisa menyimak tips yang akan dibahas kali ini. Inilah 6 tips yang bisa kamu lakukan pada saat melakukan investasi dalam sektor properti. Selamat membaca, Pins!

Baca juga:

Memastikan Kondisi Finansial

Source : Freepik

Hal pertama yang wajib kamu lakukan pada saat akan membeli properti sebagai aset investasi adalah memastikan kondisi finansialmu sehat. Dikarenakan properti dari segi harganya terbilang tinggi dan juga membutuhkan pemeliharaan, pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. 

Kamu perlu memastikan keuanganmu mencukupi untuk bisa membeli properti dan membayar pengeluaran-pengeluarannya. Terlebih jika kamu membeli properti dengan sistem KPR, kamu perlu mempertimbangkan dengan baik cicilan beserta tenor yang kamu pilih, Pins. Untuk membantumu dalam mengecek harga estimasi sebuah rumah, kamu bisa mengakses PinValue.

Mempertimbangkan Lokasi Properti

Source : Freepik

Untuk properti yang memang ditujukan untuk investasi, seringkali perlu dipertimbangkan juga dari segi lokasi pembangunannya. Hunian yang berlokasi strategis dekat dengan pusat bisnis, perbelanjaan, dan wisata, akan menarik perhatian calon pembeli dan penyewa. Contohnya adalah hunian yang berada di kota Jakarta, Bogor, dan Tangerang.

Namun, sebenarnya kamu juga perlu mempertimbangkan faktor perkembangan lokasi tersebut. Alasannya, tidak menutup kemungkinan suatu daerah dalam beberapa tahun kemudian menjadi kota yang maju, dan bahkan menjadi kawasan yang terintegrasi dengan baik. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan dengan baik faktor lokasi ini. Apabila kamu tertarik untuk berinvestasi properti di kawasan Bekasi, kamu bisa mengecek hunian Panorama Bekasi Residence.

Memilih Developer yang Terpercaya

Source : Freepik

Ketika akan berinvestasi properti, kamu perlu memastikan properti yang kamu pilih berada di bawah naungan developer yang terpercaya. Untuk mengeceknya bisa dilakukan melalui internet, ataupun informasi dari kenalan yang memiliki properti dari developer yang sedang kamu cari tahu tersebut. 

Untuk developer yang memiliki kredibilitas yang baik dan sudah lama malang melintang di dunia properti, kamu tidak akan sulit mencari tahu projek sebelumnya yang pernah mereka kembangkan. Apakah projek yang mereka jalankan sebelumnya berjalan dengan baik dan dibangun sesuai dengan jadwal penyerahan properti?

Meskipun untuk melakukan riset membutuhkan waktu, tetapi dengan melakukan hal ini kamu dapat terhindar dari oknum developer yang tidak bertanggung jawab. Jangan sampai kamu sudah membayar properti, namun ternyata properti tersebut mangkrak pembangunannya atau bahkan hanyalah projek properti fiktif, Pins.

Baca juga: Keuntungan Investasi Rumah yang Perlu Anda Ketahui, Ada Banyak Banget!

Memilih Konsep Desain yang Laris di Pasaran

Source : Freepik

Tips investasi properti selanjutnya yang perlu kamu pertimbangkan adalah dalam memilih konsep desain rumah. Sebaiknya pilihlah konsep desain rumah yang laris di pasaran, karena hal ini menandakan properti tersebut menjadi incaran para penyewa atau pembeli hunian. Nah, desain rumah yang sangat laris hingga saat ini adalah desain rumah minimalis modern. Desain rumah ini tidak hanya menarik, tetapi juga menekankan pada fungsionalitas.

Bagaimana ciri dari desain rumah minimalis modern? Biasanya desain rumah ini ditandai dengan bentuk yang sederhana dan clean jauh dari kesan ramai. Elemen-elemen yang ditampilkan pun lebih ke yang esensial dengan penggunaan warna yang tidak mencolok. 

Dikarenakan menekankan juga pada fungsionalitas, desain rumah ini cenderung mengandalkan pencahayaan alami melalui penempatan jendela besar. Selain itu, hal ini juga membantu dalam menjaga sirkulasi udara berjalan baik.

Mengecek Fasilitas yang Didapatkan

Source : Freepik

Bukan hanya dari segi desain dan luas properti, fasilitas yang disediakan di dalamnya perlu juga kamu pertimbangkan. Misalnya saja, jika aset properti yang ingin kamu investasikan ini adalah rumah, kamu perlu mengetahui berapa ruang yang disediakan di dalamnya. Kemudian, bagaimana dengan fasilitas keamanan, olahraga, maupun green area-nya.

Kamu perlu mencari tahu tersedia tidaknya fasilitas-fasilitas tersebut dikarenakan saat ini fasilitas tersebut sudah menjadi kebutuhan yang dicari oleh hampir semua pembeli properti. Dari segi sewa dan penjualan kembali pun, hunian yang memiliki fasilitas lengkap akan lebih diminati.

Mengetahui Capital Gain

Source : Freepik

Sudah pernah mendengar istilah yang satu ini, Pins? Capital gain adalah keuntungan investor pada saat menjual kembali aset investasi yang dimilikinya. Kamu perlu memastikan bahwa selisih yang didapatkan dari harga beli dan jual memberikan keuntungan finansial untukmu. 

Biasanya, investor akan menahan terlebih dahulu properti yang dibelinya agar bisa mendapat keuntungan yang lebih besar di masa mendatang. Caranya adalah dengan menyewakan atau mengontrakkan lebih dulu properti tersebut, baru kemudian dijual pada saat harga properti naik.

Baca juga: Yuk Mengenal Return Di Dalam Investasi

Pastikan kamu mengaplikasikan ke-6 tips investasi propert di atas pada saat akan berinvestasi ya, Pins. Semoga kelak investasimu bisa mendatangkan cuan yang besar, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Tenjo City Metropolis dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Freepik

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download