Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Apa itu Tanaman Palawija? Ini Dia 17 Jenis Tanaman Palawija

Hobi

Apa itu Tanaman Palawija? Ini Dia 17 Jenis Tanaman Palawija

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 4 October 2021 ∙ 7 menit membaca

Mengenal jenis tanaman yang berguna untuk keberlangsungan hidup memang dapat terbilang sedikit. Masyarakat lebih tertarik menanam tanaman hias di rumah yang minim perawatan dan tidak memerlukan lahan yang luas. Padahal tanaman pangan seperti salah satunya tanaman palawija cocok untuk dijadikan bahan bercocok tanam yang mempunyai manfaat baik untuk keluarga.

Pinhome – Menjadi salah satu negara penghasil bahan pangan terbaik, membuat Indonesia kaya akan hasil yang melimpah. Sumber perekonomian negara satu ini juga bisa Pins tanam sendiri di rumah lho! Tanaman palawija adalah istilah tanaman kedua dari padi. Tanaman satu ini dikatakan salah satu komponen penting dalam rotasi tanaman. Tidak heran banyak petani yang menanam padi diselingi palawija untuk meningkatkan hasil produktivitas tanaman.

Untuk mengenal apa itu palawija dan jenis-jenis tanaman palawija, Pinhome akan menyajikan 17 palawija yang sering dijumpai dan pastinya sangat bermanfaat. Intip langsung yuk dalam ulasan artikel di bawah ini!

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Daun dan Gambarnya

Apa Itu Tanaman Palawija?

Tanaman Palawija adalah tanaman yang mempunyai fungsi utama sebagai tanaman rotasi dalam bidang pertanian. Salah satu alternatif peluang terbaik dalam meningkatkan produktivitas bahan pangan ini, bisa didapat dari penanaman jenis tanaman palawija. Tanaman ini sengaja di tanam berselingan dengan sumber pangan oleh para petani dan pada umumnya menjadi selingan tanaman padi.

Selain meningkatkan produktivitas, cara satu ini juga dapat menstabilkan pH tanah dan menjaga kesuburan tanah. Tidak hanya itu, tanpa kita sadari hal ini juga bisa membantu kecukupan pangan masyarakat Indonesia. Nah, apa Pins mulai berfikir untuk ikut menanamnya? Simak yuk jenis-jenis tanaman palawija yang sangat bermanfaat.

17 Jenis Tanaman Palawija

Singkong

(Dokter Sehat)

Apa itu palawija bisa dikatakan sebagai tanaman pangan pengganti. Salah satunya adalah singkong. Tanaman satu ini sangat mudah dirawat dan tentunya dapat diolah menjadi jenis makanan yang lezat. Untuk penanamannya, Pins bisa menggunakan cara stek batang dengan induknya. Potong kecil-kecil dan tanam di dalam tanah yang subur.

Kentang

(Lazada)

Tidak hanya singkong yang dapat diolah menjadi hidangan yang lezat, kentang pun juga kaya akan jenis makanan yang berlimpah. Salah satu sumber karbohidrat manusia ini mempunyai fungsi mengisi energi baik untuk tubuh manusia. Cara tanamnya pun tergolong simpel, Pins hanya cukup memasukan bibit kentang pada kedalaman tanah 10 cm, siram dan beri pupuk secara rutin.

Ubi

(Istockphoto)

Palawija adalah tanaman dengan jenis sumber pangan terbaik. Inilah mengapa ubi menjadi bagian di dalamnya. Ubi yang memiliki manfaat baik untuk tubuh, memiliki pertumbuhan yang tergolong cepat. Kurang lebih 90 hari sejak mulai ditanam, Pins akan dapat mengkonsumsinya secara layak. Cara tanamnya pun mudah, mirip seperti menanam kentang.

Kedelai

(Desa Bringin)

Bila Pins ingin jenis palawija yang mudah ditanam, kedelai pun bisa menjadi pilihan. Apalagi bila Pins menanamnya saat musim kemarau tiba. Kedelai dapat tumbuh baik dengan asupan sinar matahari yang cukup. Jenis tanaman polong-polongan ini juga menjadi salah satu bahan dasar terbaik untuk jenis makanan bagian Asia Timur. Apa Pins juga salah satu yang menggemarinya?

Wortel

(Creative Market)

Mengenal apa itu tanaman palawija memang tidak ada habisnya. Hampir semua jenisnya sering kita konsumsi sehari-hari, seperti wortel. Wortel yang mempunyai manfaat baik untuk mata kita ini, memerlukan kelembapan yang seimbang dalam penanamannya. Jadi, bila Pins ingin menanam di rumah, ada baiknya perhatikan selalu asupan airnya dan hindari penanaman dalam pot ya Pins! Wortel tidak dapat hidup dalam tempat baru bila Pins pindahkan ke tanah.

Tanaman Palawija Labu Siam

(Shopee)

Untuk tanaman palawija yang bisa dimanfaatkan sepenuhnya ada labu siam. Mengapa dikatakan seperti itu? Baik daun maupun buah dari labu siam dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Keduanya menyehatkan, khususnya bagi penderita hipertensi. Ciri khas tanaman ini memiliki daun berbentuk segitiga dengan bagian permukaan yang berbulu.

Mentimun

(Antropocene)

Apa itu palawija memang juga bisa dikatakan sebagai bahan pangan tambahan. Seperti jenis mentimun. Tanaman wajib untuk lalapan ini, bersifat menyegarkan. Tidak heran pula sering dipakai sebagai penenang mata saat sedang istirahat. Keunggulannya adalah buah dari tanaman ini bisa dipanen sebelum benar-benar masak.

Jagung

(Healthline)

Jagung merupakan salah satu tanaman yang bisa tumbuh di tanah yang berbeda-beda. Tanaman satu ini tergolong tidak rewel dan mudah dalam penanamannya. Bila Pins merawatnya, jangan lupa untuk selalu menyiram tanaman jagung dan memberi pupuk secara teratur. Rasa jagung yang nikmat bisa menjadi peneman saat kumpul bersama teman. 

Tanaman Palawija Talas

tanaman palawija
(Wikipedia)

Talas menjadi salah satu tumbuhan jenis umbi-umbian yang tidak kalah penting sebagai asupan bahan pangan. Apa itu tanaman palawija yang banyak pula menjadi sumber karbohidrat, membuat talas juga digemari. Selain itu, talas juga menyimpan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. 

Kacang Panjang

tanaman palawija
(Hai Bunda)

Untuk kualitas tanaman yang baik, kacang panjang perlu ditanam pada area terbuka dan tidak menyatu dengan jenis tanaman lainnya. Kacang panjang yang termasuk dalam palawija adalah tanaman yang juga menjadi bahan pangan tambahan terbaik. Tidak heran banyak masakan menggunakannya sebagai bahan pelengkap yang tak kalah lezatnya dibanding makanan pokok.

Tanaman Palawija Oyong

tanaman palawija
(Shopee)

Beberapa orang pasti menghindarinya, padahal oyong merupakan tanaman yang memilki manfaat baik khususnya bagi penderita diabetes. Oyong yang mampu menurunkan kadar gula berlebih dalam tubuh sebaiknya ditanam pada area luas tidak di dalam pot. Hal tersebut untuk menjaganya tumbuh normal dengan baik.

Kacang Hijau

tanaman palawija
(Tokopedia)

Jenis sayuran yang kaya akan sejuta manfaat ini dapat ditanam langsung dari bijinya di dalam tanah. Bisa ditanam pada perkarangan rumah, kamu dan keluarga dapat membuatnya pula menjadi ragam makanan camilan sehat yang lezat. Dengan sumber protein nabati yang tinggi, tumbuhan dari suku polong-polongan ini memang layak kamu tanam di rumah.

Sorgum

tanaman palawija
(Satu Harapan)

Mengenal apa itu palawija juga bisa terlihat dari tanaman satu ini. Walaupun tanaman satu ini cukup asing ditelinga namun manfaatnya pun tidak kalah dari jenis palawija lainnya. Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat dijadikan pakan ternak, bahan baku industri juga pangan. Sorgum juga merupakan bahan pengganti beras terbaik lho!

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Mudah

Tanaman Palawija Gembili

tanaman palawija
(Instagram/ayodolanayojajan)

Mempunyai nama ilmiah Dioscorea Esculenta, gembili palawija adalah tanaman umbi-umbian yang lebih sulit ditemukan. Umbi yang bisa dimakan ini, bertekstur kenyal yang sebelum dikonsumsi harus direbus terlebih dahulu. Tanaman gembili masuk dalam jenis tanaman merambat yang kini sudah mulai terancam kelestariannya.

Kacang Tunggak 

tanaman palawija
(Kumpulan Ilmu)

Biasa menjadi penyedap sayur lodeh, kacang tunggak menyerupai jenis kacang panjang. Penambah cita rasa dalam masakan, tanaman ini juga mudah dalam penanaman. Pins bisa menanamnya langsung dari bijinya di dalam tanah.

Jali

tanaman palawija
(Bobo Grid)

Nah, salah satu tanaman biji-bijian yang dikenal dengan nama jali juga satu diantara tanaman palawija. Beberapa varietas memiliki biji yang dapat dimakan dan bermanfaat untuk pengobatan. Lagu yang terkenal berjudul ‘Jali-Jali’ juga terinspirasi dari tanaman ini. Tanaman ini bisa diolah menjadi bubur bahkan puding.

Baca Juga: Beragam Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya

Tanaman Palawija Kacang Tanah

tanaman palawija
(Koran Jakarta)

Masih dalam jenis tanaman polong-polongan, ada kacang tanah yang cukup menarik perhatian. Di Indonesia pun kacang tanah menjadi famili Fabaceae yang terkenal kedua setelah popularitas dari kedelai. Kacang satu ini juga merupakan sumber protein nabati yang baik. Di Amerika serikat pun industri pangan menguntungkan datang dari kacang tanah yang dibuat menjadi selai.

Itulah jenis tanaman palawija beserta pengertian apa itu tanaman palawija. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel