BlogLifestyleEdukasiCara Menghilangkan Kutu Beras dengan Mudah
0
0

Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Bekti  dan Diperbarui oleh Komarudin Subekti

Apr 13, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Menghilangkan Kutu Berastop-right-banner

Kutu beras sebenarnya masuk ke dalam jenis kumbang. Hama ini senang menyantap biji-bijian, seperti beras, jagung, gandum, jewawut, sorgum, dan biji pada tanaman kacang-kacangan. Jika tidak diatasi dengan tepat, maka kutu beras akan berkembang dan merugikanmu di rumah, Pins. Ada berbagai cara menghilangkan kutu beras, seperti yang akan dibahas berikut ini.

Pinhome – Pins, apakah kamu memiliki masalah dengan kutu beras di rumah? Memang sangat menyebalkan jika stok beras berharga kita tiba-tiba dipenuhi kutu bandel yang susah dihilangkan. Kualitas beras pastinya jadi menurun dan pada saat diolah menjadi nasi, rasanya jauh dari kata lezat. Berikut beberapa cara menghilangkan kutu beras, yaitu :

Menggunakan Daun Salam

Source : Kompas

Cara menghilangkan kutu beras dengan cepat yang pertama adalah dengan menggunakan daun salam. Daun bumbu satu ini mudah didapat dan sudah pasti ada di dapurmu, kan Pins? Daun salam memiliki bau yang cukup kuat dan tidak disukai oleh kutu beras. Taruh beberapa lembar daun salam kering di dalam tempat penyimpanan beras agar kutu-kutu beras dapat menjauh dengan sendirinya.

Menggunakan Daun Jeruk Nipis

Source : Styl

Selain daun salam, daun jeruk nipis ternyata terbukti efektif untuk menghilangkan kutu beras. Daun jeruk nipis juga cukup mudah ditemukan. Aromanya yang kuat dan khas, ternyata tidak disukai oleh kutu beras. Ambil beberapa lembar daun jeruk nipis, remas-remas sebentar agar aromanya keluar kemudian letakkan di dalam tempat penyimpanan beras yang berkutu. Tunggu beberapa jam sampai kutu-kutu beras menyingkir seluruhnya.

Menjemur Beras

Source : Steemkr

Jika beras terlanjur dipenuhi oleh kutu, maka kamu bisa coba untuk menjemurnya di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Tuang beras yang berkutu ke nampan atau tampah bambu kemudian biarkan di bawah panas matahari. Kutu-kutu beras membenci suhu panas, dengan menjemur beras selama beberapa waktu di bawah sinar matahari akan membuat mereka menyingkir dengan sendirinya. Cek beras berulang kali untuk memastikan apakah semua kutu telah pergi atau masih ada yang tersisa. Jika masih ada, kembali ulangi proses penjemuran beras hingga kutu benar-benar pergi tanpa berbekas.

Membekukan Beras

Source : Tribunews

Bila suhu panas tidak mempan, maka kamu dapat mencoba cara menghilangkan kutu pada beras dengan menggunakan suhu dingin. Taruh beras ke dalam mangkuk atau baskom kecil. Masukkan ke dalam freezer dan diamkan selama satu minggu penuh, maka kutu-kutu akan ikut membeku dan beras mudah dibersikan. Selain suhu panas, kutu beras juga tidak mampu bertahan hidup di suhu dingin ekstrem. Cara ini juga cukup ampuh untuk mematikan telur kutu yang tertinggal di bulir-bulir beras.

Tutup Memakai Kain Basah

Source : Tribunews

Menghilangkan kutu beras yang sudah terlanjur memenuhi wadah penyimpanan dapat juga dilakukan dengan menutup tempat beras menggunakan kain basah. Kutu beras yang pada dasarnya tidak menyukai area lembap, akan dengan mudah terjebak pada kain basah tersebut. Basahi kain penutup wadah beras selama kurang lebih 30 menit atau sampai kutu-kutu beras menempel di permukaan kain penutup. Bila kutu sudah disingkirkan, maka beras dapat disiapkan untuk dimasak menjadi nasi.

Kulit Kayu Manis

Source : Beritasatu

Rempah satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu beras dengan cepat. Caranya mudah, taruh beberapa kulit kayu manis di tempat penyimpanan beras hingga kutu pergi dan tidak kembali lagi. Selain kutu beras, kulit kayu manis juga ampuh untuk menghalau semut yang ada di sekitar rumah. Boleh dicoba, Pins, terutama bagi kamu yang rumahnya sering didatangi semut-semut nakal.

Cabai Kering

Source : Detik

Ternyata banyak rempah dan bumbu dapur yang dapat kita manfaatkan untuk menghilangkan kutu beras secara alami. Selain daun salam, daun jeruk, dan kulit kayu manis, cabai kering juga cukup ampuh untuk mengusir kutu beras. Sama seperti beberapa cara menghilangkan kutu pada beras di atas, kamu cukup meletakkan beberapa batang cabai kering di dalam wadah penyimpanan beras. Tunggu kurang lebih selama satu malam hingga kutu-kutu beras menghilang. Mudah bukan?

Mencegah Kutu Beras Datang Kembali

Source : Tribun Manado

Cara mengusir kutu beras dengan cepat di atas berlaku jika beras memang sudah terserang oleh kutu-kutu yang meresahkan. Agar kutu tidak datang lagi, maka kita perlu melakukan pencegahannya. Hal ini karena mencegah akan lebih mudah dibanding dengan membasmi seluruh kutu. Untuk melakukan pencegahan kamu perlu :

  • Menyimpan beras di tempat yang kering dan tertutup rapat. Wadah beras sebelumnya juga harus dicuci bersih terlebih dahulu.
  • Masukkan bumbu dan rempah seperti yang telah disebutkan di atas ke dalam tempat penyimpanan untuk menghindarkan beras dari serangan kutu.
  • Simpan wadah beras di tempat yang sejuk, jangan lembap.
  • Bila perlu, gunakan dispenser beras yang memang dirancang khusus agar anti kutu.
  • Selalu jaga kebersihan dapur atau ruangan penyimpanan beras.

Kutu beras memang menyebalkan karena dapat menyerap berbagai macam kandungan nutrisi yang ada sehingga nasi yang dihasilkan nantinya akan memiliki rasa dan tekstur yang tidak sedap. Kutu beras yang tidak sengaja tertelan oleh manusia juga bisa menyebabkan alergi. Bahaya sekali ya, Pins.

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download