Pinhome

Cara Menghilangkan Kutu Beras dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Komarudin Subekti ∙ 31 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Kutu beras sebenarnya masuk ke dalam jenis kumbang. Hama ini senang menyantap biji-bijian, seperti beras, jagung, gandum, jewawut, sorgum, dan biji pada tanaman kacang-kacangan. Jika tidak diatasi dengan tepat, maka kutu beras akan berkembang dan merugikanmu di rumah, Pins. Ada berbagai cara menghilangkan kutu beras, seperti yang akan dibahas berikut ini.

Pinhome – Pins, apakah kamu memiliki masalah dengan kutu beras di rumah? Memang sangat menyebalkan jika stok beras berharga kita tiba-tiba dipenuhi kutu bandel yang susah dihilangkan. Kualitas beras pastinya jadi menurun dan pada saat diolah menjadi nasi, rasanya jauh dari kata lezat. Berikut beberapa cara menghilangkan kutu beras, yaitu :

Menggunakan Daun Salam

(Kompas)

Cara menghilangkan kutu beras dengan cepat yang pertama adalah dengan menggunakan daun salam. Daun bumbu satu ini mudah didapat dan sudah pasti ada di dapurmu, kan Pins? Daun salam memiliki bau yang cukup kuat dan tidak disukai oleh kutu beras. Taruh beberapa lembar daun salam kering di dalam tempat penyimpanan beras agar kutu-kutu beras dapat menjauh dengan sendirinya.

Menggunakan Daun Jeruk Nipis

(Styl)

Selain daun salam, daun jeruk nipis ternyata terbukti efektif untuk menghilangkan kutu beras. Daun jeruk nipis juga cukup mudah ditemukan. Aromanya yang kuat dan khas, ternyata tidak disukai oleh kutu beras. Ambil beberapa lembar daun jeruk nipis, remas-remas sebentar agar aromanya keluar kemudian letakkan di dalam tempat penyimpanan beras yang berkutu. Tunggu beberapa jam sampai kutu-kutu beras menyingkir seluruhnya.

Menjemur Beras

(Steemkr)

Jika beras terlanjur dipenuhi oleh kutu, maka kamu bisa coba untuk menjemurnya di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Tuang beras yang berkutu ke nampan atau tampah bambu kemudian biarkan di bawah panas matahari. Kutu-kutu beras membenci suhu panas, dengan menjemur beras selama beberapa waktu di bawah sinar matahari akan membuat mereka menyingkir dengan sendirinya. Cek beras berulang kali untuk memastikan apakah semua kutu telah pergi atau masih ada yang tersisa. Jika masih ada, kembali ulangi proses penjemuran beras hingga kutu benar-benar pergi tanpa berbekas.

Membekukan Beras

(Tribunews)

Bila suhu panas tidak mempan, maka kamu dapat mencoba cara menghilangkan kutu pada beras dengan menggunakan suhu dingin. Taruh beras ke dalam mangkuk atau baskom kecil. Masukkan ke dalam freezer dan diamkan selama satu minggu penuh, maka kutu-kutu akan ikut membeku dan beras mudah dibersikan. Selain suhu panas, kutu beras juga tidak mampu bertahan hidup di suhu dingin ekstrem. Cara ini juga cukup ampuh untuk mematikan telur kutu yang tertinggal di bulir-bulir beras.

Tutup Memakai Kain Basah

(Tribunews)

Menghilangkan kutu beras yang sudah terlanjur memenuhi wadah penyimpanan dapat juga dilakukan dengan menutup tempat beras menggunakan kain basah. Kutu beras yang pada dasarnya tidak menyukai area lembap, akan dengan mudah terjebak pada kain basah tersebut. Basahi kain penutup wadah beras selama kurang lebih 30 menit atau sampai kutu-kutu beras menempel di permukaan kain penutup. Bila kutu sudah disingkirkan, maka beras dapat disiapkan untuk dimasak menjadi nasi.

Kulit Kayu Manis

(Beritasatu)

Rempah satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu beras dengan cepat. Caranya mudah, taruh beberapa kulit kayu manis di tempat penyimpanan beras hingga kutu pergi dan tidak kembali lagi. Selain kutu beras, kulit kayu manis juga ampuh untuk menghalau semut yang ada di sekitar rumah. Boleh dicoba, Pins, terutama bagi kamu yang rumahnya sering didatangi semut-semut nakal.

Cabai Kering

(Detik)

Ternyata banyak rempah dan bumbu dapur yang dapat kita manfaatkan untuk menghilangkan kutu beras secara alami. Selain daun salam, daun jeruk, dan kulit kayu manis, cabai kering juga cukup ampuh untuk mengusir kutu beras. Sama seperti beberapa cara menghilangkan kutu pada beras di atas, kamu cukup meletakkan beberapa batang cabai kering di dalam wadah penyimpanan beras. Tunggu kurang lebih selama satu malam hingga kutu-kutu beras menghilang. Mudah bukan?

Mencegah Kutu Beras Datang Kembali

(Tribun Manado)

Cara mengusir kutu beras dengan cepat di atas berlaku jika beras memang sudah terserang oleh kutu-kutu yang meresahkan. Agar kutu tidak datang lagi, maka kita perlu melakukan pencegahannya. Hal ini karena mencegah akan lebih mudah dibanding dengan membasmi seluruh kutu. Untuk melakukan pencegahan kamu perlu :

  • Menyimpan beras di tempat yang kering dan tertutup rapat. Wadah beras sebelumnya juga harus dicuci bersih terlebih dahulu.
  • Masukkan bumbu dan rempah seperti yang telah disebutkan di atas ke dalam tempat penyimpanan untuk menghindarkan beras dari serangan kutu.
  • Simpan wadah beras di tempat yang sejuk, jangan lembap.
  • Bila perlu, gunakan dispenser beras yang memang dirancang khusus agar anti kutu.
  • Selalu jaga kebersihan dapur atau ruangan penyimpanan beras.

Kutu beras memang menyebalkan karena dapat menyerap berbagai macam kandungan nutrisi yang ada sehingga nasi yang dihasilkan nantinya akan memiliki rasa dan tekstur yang tidak sedap. Kutu beras yang tidak sengaja tertelan oleh manusia juga bisa menyebabkan alergi. Bahaya sekali ya, Pins.

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Properti
Properti 6 Contoh Kwitansi Jual Beli Tanah yang Sah

Dalam jual beli property, transaksi yang terjadi memiliki nominal yang sangat besar. Oleh sebab itu

Properti
Properti 5 Rekomendasi Perumahan di Bogor

Kota Bogor sering dijadikan destinasi wisata, terutama bagi orang-orang yang tinggal ibukota. Se

Properti
Properti Wajib Tahu! Kenali Perbedaan antara Perumahan Cluster, Residence, dan Townhouse

Perumahan terdiri dari berbagai macam model. Hal ini dapat disebabkan dari konsep awal perancang da

Properti
Properti 6 Rekomendasi Perumahan di Bandung

Bandung merupakan salah satu kota yang sering dikunjungi oleh banyak orang. Tujuan orang-orang m

Lifestyle
Lifestyle 7 Tampilan Rumah Mak'e Soimah, Ada Di Jakarta dan Di Jogja, Lho!

Bukan hanya di Jakarta saja, ternyata Soimah juga punya rumah di Jogja, tepatnya di Bantul. Rumah S

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia