Pinhome

Mudah! 3 Cara Stek Batang Sebuah Pohon untuk Para Pemula

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 21 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Istilah setek dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sepotong batang yang akan ditanam, cara menanam pohon dengan jalan memotong batang yang akan ditanam. Ini merupakan salah satu metode menanam tanaman dengan menggunakan bagian tanaman itu sendiri. Stek batang berguna untuk menciptakan tumbuhan baru yang sifatnya sama persis dengan tanaman induk.

Pinhome – Metode penanaman ini memang tergolong rumit. Namun, bagi Pins yang pemula beberapa cara menanam stek batang di bawah ini patut dicoba. Tidak perlu khawatir gagal, 3 cara yang Pinhome sajikan pastinya mudah dan dapat kamu ikuti. Simak yuk!

Apa Itu Stek Batang?

Sebelum membahas langsung bagaimana prosesnya, ada baiknya Pins mengenal metode ini secara terperinci. Stek batang adalah metode penanaman dengan cara memotong batang dengan menggunakan bagian dari tanaman itu sendiri. Teknik satu ini mempunyai tujuan utama untuk membuat jenis tanaman yang sama dengan induknya. Perlu Pins ketahui bahwa dalam setiap bagian tubuh tumbuhan, baik itu daun, batang maupun akar memiliki sifat totipotensi. Sifat Ini merupakan kemampuan sel dalam tumbuh dan berkembang lengkap seperti induknya.

Metode stek yang banyak dikenal memang menggunakan bagian batang dari tumbuhan dalam penyempurnaan pertumbuhan anak tanaman. Namun, selain menggunakan batang, setek pun dapat dilakukan melalui pemotongan daun maupun akar. Dalam kesempatan kali ini, Pinhome akan lebih mengulas lebih dalam mengenai metode penanaman tanaman menggunakan batang tumbuhan ya!

Kelebihan dan Kekurangan Stek Batang

(pinterest)

Kelebihan Stek Batang Adalah

  • Beberapa tanaman yang dijadikan budidaya perkebunan atau biasa disebut dengan hortikultura memang lebih sulit diperbanyak. Metode umum menggunakan jalur vegetatif seperti cangkok maupun tempelan tidak dapat membuat tanaman hortikultura cepat untuk diperbanyak. Inilah mengapa teknik stek pada batang menjadi jalan terbaik dalam memperbanyak tanaman tersebut.
  • Dalam segi pembuahan maupun penyediaan tanaman, stek pada batang menjadi urutan terbaik. Mampu menciptakan tanaman dengan jumlah banyak dalam waktu singkat membuatnya laris menjadi metode terbaik penyediaan tanaman.
  • Selain itu, metode ini juga tidak perlu menunggu musim, kamu bisa melakukannya dalam bulan apapun.
  • Individu baru memiliki umur dan sifat yang sama dengan induknya.
  • Biaya lebih murah dan cepat.

Kekurangan Stek Batang Adalah 

  • Prosesnya lebih rumit dibandingkan cara penanaman menggunakan biji.
  • Untuk bagian akar akan lebih lemah dibandingkan menggunakan biji tanaman.
  • Pohon induk harus tersedia.
  • Tanaman tidak bisa bertahan bila tidak ada air atau mengalami kekeringan.
  • Biaya yang dikeluarkan lebih banyak dibandingkan menggunakan biji.

Baca Juga: Tips Mudah Membuat Taman dengan Tanaman Hidroponik di Rumah untuk Anda yang Ingin Berkebun

3 Cara Mudah Stek Batang Pada Pohon

(jardiner-malin)

Persiapan Bahan

Sebelum bergegas memotong batang tanaman, persiapkan peralatan tanaman terlebih dahulu. Stek batang adalah pengambilan bagian batang pada tanaman untuk dikembangbiakkan kembali. Maka dari itu, persiapkan terlebih dahulu media yang digunakan untuk menanam stek tersebut sebelum pemotongan.

Kamu bisa menggunakan media tanam seperti, serbuk gergaji, tanah, atau pasir. Pemilihannya sebaiknya mempermudah kamu ya! Nah, selanjutnya masukan tanah kedalam polybag atau tempat tanaman lain dengan perbandingan 1:1 atau 2:1 dengan pupuk kompos. Usahakan agar pengisiannya tidak penuh, sisakan beberapa sentimeter tepat di bawah bibir polybag untuk sirkulasi. Selain itu jangan lupa untuk memberikan air secara menyeluruh pada polybag.

Pemotongan Batang

Setelah tahap persiapan bahan selesai, kini saatnya kita beralih ke tanaman induk. Perlu Pins ingat bahwa tidak setiap jenis tanaman bisa menggunakan metode ini. Contoh stek batang pada tanaman adalah memiliki ruas-ruas atau mata tunas yang dapat tumbuh menjadi tunas baru. Contohnya seperti bunga kamboja, umbi-umbian seperti singkong ataupun ubi, jambu, pohon mangga dan masih banyak lagi. 

Beberapa contoh stek batang yang sudah disebutkan, sebaiknya batangnya sudah tua saat dipotong. Ini akan menumbuhkan tunas baru yang lebih segar. Selanjutnya lihat kembali jenis dari batang. Apakah termasuk dalam jenis hardwood yaitu batang keras, softwood batang lunak ataupun semi-hardwood batang setenga lunak. Hal tersebut juga akan mempengaruhi dalam pemotongan ukuran ranting. 

Untuk batang lunak dan semi keras, Pins perlu memotongnya dengan panjang kurang lebih 10-12 cm. Sedangkan untuk batang yang keras, panjang batang kurang lebih 15-20 cm. Jangan lupa untuk tetap menyisakan daun-daun yang terdapat di atasnya ya!

Penanaman Stek

Masuk dalam tahap terakhir yaitu penanaman. Contoh stek batang adalah tanaman dengan tunas yang baik. Setelah kamu memahami pohon yang berada di rumah adalah tanaman terbaik untuk di stek. Kini saatnya Pins membuat kembali dalam jumlah yang banyak. 

Tanam batang tersebut pada media yang sudah ada. Jangan lupa untuk membuat tanah selalu lembab dengan rajin menyirami. Berikan jarak minimal 5 cm, bila kamu menanamnya dalam tempat yang besar. Namun, bila kamu menanam pada polybag, usahakan per batang dalam satu tempat. Selanjutnya, kamu hanya cukup memantau tanaman dengan baik dan merawatnya. Ingat untuk tidak berlebihan saat menyiram tanaman tersebut, agar tanaman tidak cepat layu.

Sudah cukup jelas bukan? Cara menanam hingga contoh stek batang pada tanaman telah dipaparkan. Jangan lupa untuk melakukan pemindahan jika dirasa tanaman tersebut berbuah dan akan tumbuh besar. Kamu dapat pemindahan pada pot yang lebih besar maupun lahan yang tersedia pada halaman rumah. Selamat berkebun!

Bac Juga: Cara Menanam Cabe di Rumah dengan Mudah


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Kumpulan Ucapan Selamat Imlek yang Penuh Harapan

Tahun Baru Imlek jadi salah satu momen yang ditunggu oleh keluarga Tionghoa. Pada waktu ini, mereka

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 15 Kombinasi Cat Ruang Tamu 2 Warna yang Serasi

Desain warna untuk tampilan ruang tamu memang sebagian besar berwarna senada. Namun, apa jadinya bi

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Kasur King Koil Terbaru

Ada banyak hal yang perlu disiapkan sebagai investasi kenyamanan seseorang. Salah satunya adalah da

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Ide Desain Ruang Tamu Modern dan Simple

Masih saja bingung, menata ruang tamu menjadi ruangan yang menarik dan nyaman? Desain ruang tamu mo

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 7 Desain Rumah Pintu 2 Dari Klasik Hingga Modern

Desain rumah pintu 2 bisa jadi pilihan untuk membuat interior ruangan semakin unik. Desain pintu se

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia