5 Cara Menanam Pisang Paling Mudah, Cepat Panen!

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 16 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Cara menanam pisang tidaklah serumit cara menanam lidah buaya yang membutuhkan perawatan khusus pada media tanamnya. Maka, tidak heran jika buah yang satu ini banyak dibudidayakan sejak dahulu kala.

Saat ini, banyak sekali jenis pisang yang sering ditemui. Dua di antara pisang yang banyak diminati adalah pisang raja dan pisang tanduk. Jenis pisang ini termasuk favorit masyarakat Tanah Air dan bisa digunakan untuk campuran kudapan maupun dikonsumsi langsung.

Nah, berikut ini adalah langkah menanam pisang dan cara merawat pohon pisang bila kamu ingin berkebun dengan jenis buah yang satu ini!

Pemilihan Jenis Pisang yang Akan di Tanam

cara menanam pohon pisang
(pixabay.com)

Langkah pertama untuk kamu yang ingin menanam pohon pisang adalah menentukan jenis pisang terlebih dahulu. Sebenarnya, cara menanam dan perawatan setiap jenis pisang ialah sama. Hanya saja, akan berbeda pada hasil panen dan bidikan pasar nantinya.

Budidaya pisang sangatlah bermanfaat, baik sebagai mata pencaharian dengan menjalankan bisnis pisang atau pun sekadar untuk konsumsi pribadi nantinya. Buah yang aman ini akan memberikan manfaat bila dibudidayakan.

Salah satu manfaat pisang yang paling banyak ditemui adalah jenis kepok. Pisang kepok banyak dimanfaatkan sebagai kudapan manis, seperti kolak atau pisang goreng. Jenis pisang tersebut sangat laris dan menjadi buruan masyarakat karena rasanya yang nikmat.

Ada juga jenis pisang barangan yang memiliki aroma serta cita rasa khas Medan. Sama seperti tanaman lainnya, menanam pohon pisang juga mirip dengan cara menanam cabe yang tidak membutuhkan lahan luas sebagai syarat utama.

Cara menanam pisang kepok ini juga tidak jauh berbeda dengan cara menanam tomat. Kamu harus menentukan jenis pisang yang diinginkan, kemudian carilah bibit pisang tersebut yang telah banyak tersedia di toko pertanian.

Cara Menanam Tunas Pisang

cara menanam pisang yang baik
(pixabay.com)

Budidaya pisang bisa dilakukan dengan mulai melakukan pembibitan tunas pisang. Bibit pisang diambil dari tunas yang berukuran tinggi sekitar 1–1,5 m, dengan kelebaran umbi hingga 20 cm.

Bila ingin mendapatkan bibit yang baik, kamu bisa mengambil dari pohon pisang dengan kualitas bagus. Kualitas tersebut nantinya akan memengaruhi hasil panen, sehingga pembibitan harus dilakukan dengan benar.

Saat memilih bibit pisang, sebaiknya pilih anakan dewasa. Bila tunas merupakan anakan dewasa, potensinya untuk menjadi pohon pisang yang berbuah lebat sangat tinggi. Lakukan beberapa langkah berikut ini sebelum menanam bibit yang sudah dipilih.

  • Usai dipotong, tunas dari tanaman pisang harus dibersihkan dari sisa tanah.
  • Simpan bibit pisang di tempat teduh dalam waktu 2 hari sampai bekas potongan umbi mengering.
  • Rendam bibit umbi menggunakan insektisida 0,5–1% selama 10 menit dan keringkan kembali. Boleh menggunakan air bersih yang mengalir selama 2 hari untuk menggantikan insektisida.

Baca juga: Teknik dan Cara Menanam Kentang Untuk Hasil Berkualitas

Media Tanam Pohon Pisang

cara menanam pisang barangan
(pixabay.com)

Setelah melakukan pembibitan tunas pohon pisang, kini saatnya untuk menyiapkan media tanam. Media tanam pisang ternyata bisa dilihat dari tanah dengan kandungan humus terbaru yang berlimpah. Selain itu, usahakan agar tanah mengandung kapur untuk penyerapan nutrisi tanaman ini.

Membuat kebun pisang sebagai media tanamnya tentu agak sulit bila kamu tinggal di kota besar. Hal tersebut berkenaan dengan sedikitnya lahan yang luas untuk menanami pohon tersebut. Namun, ternyata kamu tidak harus mempunyai lahan yang luas, lho!

Kamu dapat menanam buah ini dalam pot dengan catatan atau rentang “usia tertentu”. Jika sudah berumur, wajib dipindahkan ke media tanah yang lebih luas. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan tanaman tidak terhambat.

Baca juga: 5 Cara Menanam Sawi agar Panen Melimpah

Cara Menanam Pisang: Teknik Menanam Pisang

cara menanam pisang yang benar
(pixabay.com)

Setelah bibit tumbuh agak besar, saatnya mempraktikkan teknik menanam pohon pisang yang sesungguhnya. Saat tiga bulan pertama, usahakan jarak tanam antarpohon cukup lebar. Kemudian, buat lubang berukuran 50x50x50 cm (bergantung jenis tanah).

Di area perkebunan pisang, biasanya jarak antarpohon pisang dilihat dari jenis tanah. Bila tanah tergolong gembur, kerapatan antar tanah 3×3 m. Berbeda lagi untuk tanah yang tergolong berat, maka kerapatannya harus berkisar 30x30x30 cm.

Masukkan tanaman yang sudah disiapkan dan berikan pupuk organik untuk beberapa waktu di masa pertumbuhan tanaman. Gunakan pola tanaman tumpang sari agar pertumbuhan pohon menjadi bagus saat dipandang.

Baca juga: 5 Metode Praktis Cara Menanam Jeruk Berbuah Manis dan Lebat

Cara Perawatan Perawatan Pohon Pisang

cara menanam pisang tanduk, cara menanam pisang sunpride
(pixabay.com)

Langkah terakhir untuk membuat pohon pisang agar berbuah lebat adalah dengan melakukan perawatan secara rutin. Perawatan dapat dilakukan dengan penyiraman yang rutin, yaitu maksimal setiap tiga kali dalam sehari. Pohon pisang akan menghasilkan buah terbaik bila sejak masa penanamannya juga diperhatikan kadar nutrisi yang harus diberikan.

Cara merawat pohon pisang yang benar, yaitu lakukan pemotongan tanaman tersebut pada 3–4 batang dalam satu rumpun. Jika rumpun sudah berusia hampir 5 tahun, sebaiknya lakukan pergantian rumpun terbaru agar hasil tanaman lebih maksimal.

Perawatan pohon pisang tidak hanya melalui pemberian nutrisi saja, membersihkan daun yang mengering juga diperlukan. Rutinlah membersihkan daun saat Anda berkebun. Dengan memperhatikan kesegaran tanaman dari luar, tentu manfaat penanaman pohon pisang lebih bisa dirasakan.

Bagaimana? Tidak sulit untuk memulai cara menanam pisang, bukan? Kamu bisa memulainya dengan panduan yang dipaparkan tersebut. Jika dilakukan sesuai prosedur, pastilah kamu akan mendapatkan panen dengan buah yang berkualitas.

Nah, itulah lima cara menanam pisang yang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Mulailah untuk membudidayakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat ini. Jadikan budidaya ini sebagai bisnis yang menguntungkan!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Looks Keramik Kamar Mandi Hitam yang Elegan

Pernah terpikirkan untuk membuat tampilan kamar mandi berbeda? Kamu bisa bermain dengan warna dari

Lifestyle
Lifestyle 5 Cara Login Telegram di Laptop yang Aman & Cepat

Messenger yang memiliki banyak user menuntut founder dan developer-nya untuk memberikan kemudahan.

Lifestyle
Lifestyle 4 Cara Download WA di Laptop Windows & Mac

Bagi sebagian besar pengguna smartphone di tanah air, eksistensi WhatsApp adalah sebuah keharusan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 13 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Agar Rapi dan Bersih

Dapur merupakan salah satu ruangan penting di setiap rumah yang kebersihannya harus selalu dijaga.

Lifestyle
Lifestyle 20 Rekomendasi Laptop 5 Jutaan, Terjangkau & Tahan Banting

Apakah kamu seorang mahasiswa maupun lulusan baru yang mengincar laptop murah? Daftar rekomendasi l

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia