Pinhome

Kenali Guna dari Secondary Skin Pada Bangunan Rumah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 15 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Ketika musim panas, kamu akan memberi ventilasi lebih pada tubuh dengan pemakaian kipas angin atau ac di dalam rumah. Hal tersebut berlaku pula saat udara dingin, pasti kamu akan menggunakan pakaian tebal untuk menjaga tubuh agar tetap hangat. Begitu juga yang diimplementasikan pada konsep arsitektur. Penggunaan taktik yang sama untuk menjaga bangunan tetap hangat atau sejuk disebut dengan secondary skin.

Pinhome – Ide konsep secondary skin adalah berasal dari lapisan kulit tubuh manusia. Kulit tubuh dapat melindungi manusia dari berbagai bahaya, virus, kuman dan ancaman dari luar. Selain itu, kulit manusia memiliki fungsi mengatur suhu tubuh dalam batas normal. Saat manusia menghadapi suhu panas atau dingin, manusia memiliki cara untuk mengatasi suhu tersebut dengan menggunakan pakaian. Begitu juga halnya dalam penggunaan konsep secondary skin rumah dimana konsep tersebut dirancang untuk mengatasi suhu pada suatu bangunan. Dinding luar sebuah bangunan diibaratkan seperti kulit tubuh manusia, dan menjaga bangunan agar tetap suhu di dalamnya tidak berlebih.

Baca Juga:

Konsep Rumah Hijau untuk Hunian yang Lebih Sehat dan Menenangkan

Material Yang Digunakan Untuk Secondary Skin

(Construction Plus Asia)

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut mengenai kegunaan secondary skin rumah, ketahui terlebih dahulu sedikit material yang biasa digunakan untuk konsep ini pada fasad rumah. Material yang digunakan beragam, tergantung kondisi bangunan dan fungsi yang ingin didapatkan. Beberapa material yang umum digunakan pada daerah tropis antara lain bambu, kayu, kayu sintetis, baja, perforated metal atau besi berposi, GRC , beton roster maupun tanaman hias.

Kegunaan Secondary Skin Pada Bangunan Rumah

(Archdaily)

Seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya, secondary skin adalah lapisan yang ditambahkan pada bagian dinding luar bangunan. Sehingga mempunyai fumgsi utama pada rumah sebagai pelapis dinding atau sebagai kulit luar dari fasad rumah. Kulit luar ini membantu melindungi bagian dalam rumah dari cuaca ataupun debu. Selain dari fungsi utamanya, mari simak lebih lanjut mengenai kegunaan seconday skin rumah berikut ini.

Melindungi Dari Sinar Matahari

(Construction Plus Asia)

Dinding luar merupakan area antara bagian luar dan dalam suatu bangunan, area luar ini yang bisa disebut fasad. Pada bangunan di iklim tropis seperti Indonesia, biasanya bangunan yang cenderung menghadap ke arah matahari akan lebih panas. Terutama pada bagian dinding atau fasad yang menghadap ke barat. Untuk mengatasi masalah ini para arsitek telah menemukan konsep yang dapat mengatasi sinar matahari dari barat yang begitu besar yang membuat dinding menjadi lebih panas dengan menggunakan konsep secondary skin.

Privasi dalam Hunian Lebih Terjaga

(Grid)

Dalam konsep arsitektur modern, konsep bangunan terbuka dengan sirkulasi udara secara alami dan jendela-jendela kaca besar menjadi konsep yang cukup populer. Dalam konsep bangunan terbuka untuk mendapatkan privasi dari penghuni, penambahan konsep kulit pada bangunan menjadi solusi terbaik bila dibandingkan harus menggantikan jendela dengan dinding. Secondary skin juga bisa digunakan untuk bangunan dengan model peletakan kamar tidur di bagian muka rumah, sehingga privasi tetap terjaga.

Dapat Digunakan Sebagai Taman Vertikal

secondary skin
(Doityourselflist)

Secondary skin rumah juga memiliki beragam model. Selain berbentuk rangka dengan kegunaan ventilasi ada juga yang memiliki model rangka vertikal. Dalam konsep seperti ini, akan diberikan tanaman rambat. Tanaman rambat tersebut bila ditata dengan baik akan menghasilkan taman vertikal di rumah atau biasa disebut dengan vertical garden. Untuk menjadikannya taman yang indah, tentunya memerlukan proses hingga tanaman benar-benar tumbuh menyeluruh. Hal tersebut dapat membuat tampilannya menjadi lebih natural, cocok untuk kamu yang mengusung konsep bangunan eco-friendly.

Baca Juga:

15 Jenis Tanaman Vertical Garden Yang Tidak Gampang Layu

Mempercantik Tampilan Bangunan

secondary skin
(Zwei Architects) 

Selain dari fungsinya yang bermanfaat, salah satu alasan mengapa secondary skin rumah sangat sering digunakan oleh para arsitek adalah membuat bangunan nyaman. Penerapan konsep ini menghasilkan tampilan fasad yang lebih estetis. Pemasangannya sangat variatif mulai dari selubung yang menutupi penuh suatu bangunan, sebagai selubung yang hanya parsial, maupun sebagai kisi-kisi pada jendela.

Peredam Suara Alami

secondary skin
(Inhabit)

Kegunaannya bahkan ketika jendela internal terbuka, bisa lebih meredamkan bising dari luar dibandingkan fasad yang tanpa menggunakan secondary skin. Tidak semua material dapat menghasilkan isolasi akustik. Isolasi akustik atau peredaman suara akan didapatkan jika konsepnya menggunakan material kayu, atau menggabungkan elemen kedap suara dan perforated metal sebagai kulit bagian luar.

Kekurangan Secondary Skin Rumah

secondary skin
(Arch Daily)

Selain banyak kegunaan dari pemasangan secondary skin rumah, ada juga beberapa kekurangan yang perlu kamu perhatikan, sebagai berikut:

  • Konsep kulit yang diaplikasikan pada hunian memerlukan biaya konstruksi yang jauh lebih tinggi karena ada biaya pemasangan yang tergolong tidak mudah.
  • Membutuhkan ruang berlebih pada hunian agar kulit rumah dapat mudah terpasang. Hal tersebut lah yang menjadikannya sulit dipalikasiakan pada hunian dengan luas terbatas.
  • Konsep satu ini perlu perawatan rutin yang cukup rumit agar tampilannya tetap menarik.
  • Adanya kemungkinan pemasangan secondary skin ini gagal fungsi. Misalnya area rumah tetap panas karena posisi bayangan dari bangunan lain.

Walaupun terdapat kekurangan, pemakaian secondary skin rumah masih menjadi pilihan favorit para arsitek. Bagaimana dengan kamu Pins? Sudah memutuskan akan menggunakan model seperti apa untuk hunian idaman kamu? Semoga artikel ini membantu kamu dalam menentukan pilihan ya!

Baca Juga:

Ciri Hunian Idaman Saat Pandemi Yang Bisa Anda Jual

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle Kumpulan Ucapan Selamat Imlek yang Penuh Harapan

Tahun Baru Imlek jadi salah satu momen yang ditunggu oleh keluarga Tionghoa. Pada waktu ini, mereka

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 15 Kombinasi Cat Ruang Tamu 2 Warna yang Serasi

Desain warna untuk tampilan ruang tamu memang sebagian besar berwarna senada. Namun, apa jadinya bi

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Kasur King Koil Terbaru

Ada banyak hal yang perlu disiapkan sebagai investasi kenyamanan seseorang. Salah satunya adalah da

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Ide Desain Ruang Tamu Modern dan Simple

Masih saja bingung, menata ruang tamu menjadi ruangan yang menarik dan nyaman? Desain ruang tamu mo

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 7 Desain Rumah Pintu 2 Dari Klasik Hingga Modern

Desain rumah pintu 2 bisa jadi pilihan untuk membuat interior ruangan semakin unik. Desain pintu se

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia