BlogLifestyleHobiTeknik Dasar Renang Gaya Samping
0
0

Teknik Dasar Renang Gaya Samping

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Renang gaya samping sering digunakan dalam penyelamatan perenang yang terluka. Teknik mendukung menggunakan satu lengan untuk mengayuh saat lengan lainnya dipakai untuk memeluk korban.

Walaupun kelihatannya sederhana namun tekniknya sulit untuk dipelajari daripada gaya dada maupun renang gaya bebas. Gaya renang ini perlu koordinasi yang tepat dari seluruh tubuhnya seperti berikut :

Postur Tubuh

Source : www.enjoy-swimming.com

Gaya renang ini tidak termasuk dalam teknik yang diperlombangkan sehingga jarang dikenal. Saat berenang dengan gaya ini membutuhkan gerakan asimetris dari gerak tubuh.

Ketika dalam posisi meluncur maka Pins bisa pula berdiri di tepi kolam renang. Langsung dorong tubuh ke depan memakai kaki.

Saat posisi awal tubuh perlu mengapung maka salah satu sisi samping tubuh sebagai dasarnya. Postur tubuh juga diikuti dengan kedua kaki dibuka melebar dan bagian lengan berada di dalam air.

Posisi lengan pada saat awal dapat diregangkan ke depan melewati kepala atau diluruskan saja. Lengan bisa berada di sisi dasar terbawah tubuh sementara sisi lainnya berada di samping tubuh bagian atas secara rapat. Posisi ini digunakan agar tubuh dapat berenang maju.

Baca juga :

Posisi Kepala

Pexels

Letak kepala harus sejajar dengan tulang belakang dan kepala berbalik sedikit ke sisi samping tubuh yang ada di atas air. Bagian wajah akan nampak di atas permukaan air.

Posisi ini akan membentuk kepala seakan-akan beristirahat seperti tidur menyamping di atas bantal. Pada posisi seperti inilah maka perenang akan mulai mengambil napas saat berenang dengan gaya samping.

Gerakan Lengan

Pexels

Pins perlu memahami gerakan lengan saat berenang maupun bagaimana kembali ke posisi awal. Saat posisi awal kedua lengan akan bergerak secara bersamaan namun dengan gerakan yang berbeda.

Sisi lengan ada yang berada di bawah air dan lainnya di atas air. Dalam siklus renang gaya samping maka lengan terdepan pada posisi lurus memanjang ke depan. Posisi bagian telapak tangannya harus menghadap ke bawah.

Lengan lainnya akan di belakang mengikuti gerakan dan posisinya di sisi samping badan yang teratas. Saat berenang maju maka lengan terdepan akan mengayuh mundur dan melakukan gerakan setengah lingkaran.

Posisi telapak tangan mendorong air ke belakang sehingga tubuh dapat maju ke depan. Irama gerakannya mengayuh pertama ke bawah lalu ke belakang kemudian mengayuh ke atas dan berakhir ke dalam air.

Ketika melewati fase ini maka tangan perenang akan berada di depan dada sementara telapak tangannya memutar ke arah atas. Inilah yang dinamakan fase pendorong pada lengan terdepan.

Saat posisi tubuh menyamping maka lengan di belakang akan bergerak maju ke depan dengan cara melipat bagian siku ke depan. Tangan bergerak secara simultan agar menyusuri tubuh hingga ke depan dada. Gerakan ini dinamakan sebagai pendorong maju bagi lengan di belakang.

Gerakan Lengan Melebar

Pexels

Lengan bergerak maju dan lurus ke depan sedangkan telapak tangan berputar dari menghadap ke atas ke arah bawah. 

Bagi lengan yang di belakang membuat gerakan setengah lingkaran dengan telapak tangan bergerak ke belakang bawah lalu ke belakang atas sampai kembali memanjang lurus pada sisi bagian samping atas tubuh.

Pada dasarnya gerakan renang gaya samping seperti memetik buah apel. Lengan terdepan ibaratnya sedang mengambil apel. Sedangkan lengan terdepan yang mengayuh ke belakang seperti membawa apel turun ke dada.

Kedua tangan akan bergerak secara terpisah dan menjauhi dari depan dada kembali ke posisi awal. Tangan belakang yang diibaratkan membawa apel ke area sisi samping tubuh untuk menaruh apel di keranjang.

Gerakan Kaki

Gaya samping memakai gerakan kaki menggunting yakni secara bersamaan berlawanan arah seperti gunting. Kaki bagian sisi samping teratas akan bergerak maju.

Pinggul dan lutut ditekuk secara bersamaan hingga kedua sendinya membentuk sudut 45 derajat. Kaki bagian bawah akan bergerak ke arah yang berlawanan dengan sisi atas sehingga pinggul membentuk sudut 90 derajat.

Hal ini menyebabkan kaki bagian bawah seperti terlipat dan hampir menyentuh bokong. Tahap selanjutnya kaki bergerak seperti menutup gunting. 

Kaki bergerak menutup kembali menuju sumbu lurus dengan tubuh yang menyebabkan tulang kering dan punggung kaki mampu melakukan dorongan pada air.

Selanjutnya kedua kaki tetap lurus untuk kembali ke posisi awal. Fase ini membuat tubuh meluncur sebelum siklus gerakan barunya.

Baca juga :

Kordinasi Kaki & Lengan

Pexels

Saat berenang perlu koordinasi antara kaki dan lengan agar melakukan gerakan asimetris. Ketika gerakan dilakukan maka lengan atas dan tubuh bagian atas akan bergerak ke arah yang sama sekaligus.

Lengan dan kaki membuat gerakan menekuk dan menjadi lurus memanjang pada waktu bersamaan. Kedua lengan dan kaki posisi lurus memanjang lalu melakukan gerakan melipat bertemu di depan dada perenang.

Saat itu juga kaki dalam posisi tertekuk membuka untuk mendorong air. Tubuh bisa maju kedepan dan memulai siklus gerakan baru.

Renang gaya samping sering digunakan untuk terapi cedera. Manfaat lainnya adalah mampu meningkatkan kekuatan kardiovaskular. Selain itu juga mengontrol kadar gula dalam tubuh. Gaya renang ini cocok untuk aksi penyelamatan dengan korban yang mengalami cedera.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download